Tech

Motor Matic Saya Oleng Tidak Stabil, Ternyata ini Penyebabnya

By on Juli 17, 2017
penyebab motor matic oleng tidak stabil

 

Punya motir matic itu nggak bisa nyantai sebentar ya perihal service rutin. Setelah problem motor tidak bisa distarter ternyata muncul problem lain lagi. Motor saya kok geal-geol sih nggak seimbang pisan buat jalan. Awalnya saya pikir, faktor pengendara yang emang belum jago aja haha. Tapi ternyata dinaikin orang lain kok sama saja goyang kiri dan kanan. Akhirnya pas libur lebaran lalu ketahuan penyebab si matic terasa oleng tersebut.

Motor matic saya sudah tua

Katanya sih motor matic itu usianya 5 tahun ya? pendek banget huhuhu. Ya kalau mau dipaksain sih bisa lebih long last, tapi perawatanya kudu rutin dan benar. Lain cerita dengan motor Suprabapak yang tahun ini menginjak usia 16 tahun. Iya, saya nggak typo…16 tahundengan beban kerja harian yang berat pun jarang service. Paling banter ya ganti oli sama ganti ban saja. Konon, motor matic perlu perhatian lebih. Akhirnya saya membuktikan sendiri. Baru masuk usia 3 tahun, sudah sering problem. Dan problem terparahnya adalah nggak stabil geal geol gitu. Nggak sekali saya bawa motor ini ke bengkel resmi, tapi tetap saja oleng.

Penyebab Motor Matic Oleng

Nggak satu dua orang yang bilang motor saya itu nggak nyaman. Sebagai orang teknik, saya menduga motor ini bermasalah di bagian ban atau velg. Ternyata, setelah dibongkar ada bagian lain yang menjadi penyebab.

1| Ban

Bagian yang sepertinya jarang kita perhatikan adalah ban. Padahal ban itu punya fungsi safety utama lho. Coba deh pikirin kalau ban kamu gundul lalu lewat jalan becek. Bisa-bisa ngglosor langsung kan? Mau secanggih apapun motor kamu, heuheu. Perhatian juga buat yang suka sok-sok pakai ban motor racing. Itu lho yang ban nya sedikit kembangan, rada gendut, dan katanya macho. Kalau kamu motoran di jalan aspal dan bukan buat kepentingan balapan, pakailah ban yang sesuai standar saja.
Terkait dengan motor matic yang geal-geol tidak stabil, ban yang kurang angin bisa jadi penyebabnya lho. Kalau ini yang terjadi sih gampil, tinggal tambah angin saja atau tambal jika bocor. Tapi kelebihan angin juga bisa jadi penyebab. Kalau ban kamu kelebihan angin, bisa jadi akan muncul kegundulan yang tak merata. Hal ini bikin ban kamu sedikit nggak balance.
Coba deh diraba sekeliling ban, barangkali ada benjolan. Hah? Iya, ban juga bisa benjol karena adanya tekanan tak terduga. Misalnya saat motor kamu terperosok lubang jalanan yang kadang nggak permisi dulu. Benang-benang di dalam ban terputus, lalu mengisi ruangan antar karet membentuk benjolan. Keberadaan benjolan ini bisa juga membuat roda motor oleng.

2| Velg

Kalau ban sudah dicek semua dan ternyata masih OK, coba cek velg. Kondisi medan jalanan di Indonesia yang kadang aspal kadang beton kadang batu, sangat memungkinkan buat terlukanya velg. Terluka? Lagi-lagi lubang sih yang jadi kambing hitam. Fiiuh. Masuk ke lubang bisa bikin velg motor kamu pletat-pletot nggak rata lagi. Kadang nggak ratanya itu tak kasat mata lho, dan perlu pengecekan oleh orang bengkel.

3| Bearing alias Laher

Di bagian dalam roda, ada part yang namanya bearing. Itu nama teknisnya ya, kalau kata orang bengkel mah laher. Laher ini di dalamnya ada bola-bola kecil gitu yang bisa saja aus karena faktor usia atau pengunaan yang cukup berat. Lagi-lagi kondisi jalan nggak rata bisa dijadikan kambing hitam. Saya sendiri nggak bisa meriksa laher, perlu bantuan bengkel. Ternyata dalam kasus motor matic saya ini, laher yang aus adalah penyebabnya. Iya sih, wong saya sudah sampai ganti ban segala tetap geal-geol kok. Kemarin itu habisnya 250ribu rupiah untuk seluruh service termasuk ganti
laher. Kalau harga lahernya saja sih sekitar 50ribu.

Bagaimana laher atau bearing bisa rusak?

Sebenarnya, kalau 3 tahun harusnya bearing belum tua-tua amat ya. Apalagi melihat capaian kilometer motor ini juga masih tergolong rendah. Tapi memang medan jalan berbatu yang dilewati setiap hari sih bikin masalah ini nampak wajar. Belum lagi jalanan rusak efek proyek tol transjawa yang lewat Pekalongan. Oiya ada hal ekstrem lagi yang baru-baru ini dialami motor saya yaitu kebanjiran. Banjirnya bukan banjir air hujan melainkan banjir rob alias air laut. Kebayang kan, bagaimana beratnya jalan hidup si motor matic itu heueheu.
Kamu punya masalah seputar motor
matic juga? Saran saya sih, rajin-rajin service rutin sesuai yang di buku
panduan itu. Servicenya sekalian ke bengkel resmi, ngantri lama juga nggak
apa-apa. Semoga kamu yang punya problem motor matic oleng tidak stabil bisa
tercerahlan oleh tulisan ini.

Continue Reading

Tech

Cara mengatasi motor matic tidak bisa distarter

By on September 19, 2016
Motor matic, tidak bisa distarter, masalah motor
Panik adalah yang saya rasakan ketika pagi itu motor matic kesayangan tiba-tiba tidak bisa distarter.
Kondisinya sudah siang dan saya sedang buru-buru berangkat ke kantor. Keringat bercucuran karena berusaha mengengkol starter motor samping namun juga tidak berhasil.Malam harinya, saya masih menggunakan motor tersebut dan tidak ada masalah sama sekali. Untungnya mogok di parkiran rumah, bukan di tengah jalan. Soal perawatan, tiap 2000 km selalu dibawa ke service center resmi.

Jadi, apa yang menyebabkan motor matic saya mogok? Pengalaman ini memberi pelajaran berharga untuk saya soal beberapa hal yang menyebabkan motor matic tidak bisa distarter. Meski motor masih terbilang baru dan rajin diservice, ada hal lain lho yang bisa jadi penyakit.

Cek ini saat motor matic tidak bisa distarter

1| standar samping kiri

Ini konyol, tapi saya pernah mengalaminya. Pada motor matic, jika standar depan bagian kiri masih menempel pada bidang lantai…maka otomatis starter akan non aktif. Pastikan standar motormu sudah dinaikkan ya kalau mau menghidupkan motor.

2| rem tangan

Nggak Cuma seklai saya mengalami momen kurang fokus ini. Tuas rem tangan belum ditarik sehingga motor tidak bisa hidup meski standar samping sudah dinaikkan. Masih mending kalau kejadiannya di garasi sendiri atau di parkiran yang sepi. Bagaimana jika kamu sempat panik dan meminta bantuan orang lain? Hahahha.
Kebiasaan memakai motor bebek dan sepeda mungkin bisa membuat kamu lupa menarik tuas rem. Jangan sampai malu-maluin deh ya.

3| busi

Busi atau spark plug punya fungsi di sistem pengapian. Tentu kalau busi kotor atau malah sudah tidak layak pakai, sistem pengapian akan terganggu. Mesin motor kamu bisa hidup karena ada proses pengapian ini. Asalnya dari mana? Dari campuran bahan bakar serta udara.

4| aki

Aki ini penting banget ya di kendaraan, karena tanpa aki…proses kelistrikan tidak akan terjadi. Intinya sih, aki itu penggerak untuk semuanya. Kalau kamu rajin service motor, aki dan busi pasti sudah diperiksa oleh teknisinya karena masuk item check wajib maintenance.

5| kabel

Kondisi yang terjadi pada motor saya adalah, kabel hancur. Apa? kabel hancur dalam semalam saja? Kalau dianalisa, malam harinya saya masih bisa menggunakan motor secara normal dan tidka ada tanda kerusakan. Dari semua kemungkinan, masalah kabel ini yang possibilitinya paling besar.

Kata Teknisi Bengkel

Sore harinya, saya bela-belain ijin pulang kantor cepat khusus buat bawa motor ke bengkel. Setengah jam berlalu, teknisi bengkel belum juga menemukan akar masalah. Mengengkol manual, memeriksa busi, serta aki tentunya.
Menit-menit berlalu, hingga kemudian…saya nyamper langsung.
“gimana bang?”
“duh mba..ini bakal lama nih..coba lihat”
“mana?”
Dia menujuk ke lantai di bawah motor saya, terhampar beberapa potong tulang belulang ayam dan benda asing lain. Tentu saya shock parah.
“yaudah..saya tinggal aja ya bang, jemput nanti malam”.
Jadi, kabel motor saya dihabiskan oleh tikus. Heuheu..jijik banget sih, ada tulang belulang ayam juga dibawa ke bagian bawah motor. Meski motor selalu rajin dicuci di carwash, ini nggak jamin juga bisa bersih maksimal.

Cara melindungi kabel motor matic 

Smepat googling dan ternyata yang mengalami problematika motor matic tidak bisa distarter cukup banyak. Solusinya juga aneh-aneh, yang menarik bagi saya adalah melapisi kabel dengan obat nyamuk oles. Lhah? Kok?

1| olesi kabel dengan obat nyamuk

Saya pikir, obat nyamuk oles itu benda keras yang kalau kena plastik akan melepuh. Bagaimana dengan kabel? Menyimak penjelasan di berbagai forum sih, kabel motor tidak akan melepuh. Cara ini ampuh sih katanya, tapi kabel motor saya sudah terlanjur dirangkai dan bodi ditutup lagi.
Seharusnya, saat masih di bengkel, sekalian minta teknisinya melapisi kabel dengan obat nyamuk.

2| Menggantung kamper

Ini adalah cara yang saya lakukan, menggantung kamper toilet ke standar samping. Ketika motor syaa parkir cukup lama, saya gantungkan saja kamper itu. bagaimana hasilnya? 2 hari saja bertahan. Tadi pagi, ketika motor akan saya bawa kerja si kamper sudah raib.

3| menyemprot obat kecoa

Malam hari, di parkiran saya menyemprotkan obat anti kecoa. Memang pelakuknya kecoa? Ya engga sih…semoga saja berhasil.

4| Pakai standar tengah

Sebaiknya, pakailah standar tengah ketika parkir cukup lama. Posisi motor yang tinggi akan sedikit melindungi motor drai makhluk asing.
Meski saya engineer, urusan motor matic tidak bisa distarter saja sudah bikin panik. Seharusnya tidak akan terjadi lagi di kemudian hari. Apakah kamu pernah mengalaminya juga? Boleh dong share pengalamannya.

Continue Reading