Jajanan Saat Lebaran

jajana-saat-lebaran

Lebaran adalah saat dimana jajanan tradisional bermunculan di rumahku. Kami memang tak benci biskuit took, tapi lebih prefer menyajikan jajanan jadul untuk para tamu. Ada peyek, kacang bawang, kembang goyang, jenang, tape ketan, rengginang, dan masih banyak lagi jajanan saat lebaran favorit kami. Apa saja sih jajanan yang akan kalian temui kalau lebaran main ke rumahku?

Peyek kacang putih gurih

Ini jajanan saat lebaran yang paling khas di rumahku. Tetangga dan saudara sampai minta resep ya, tapi belum tentu sama dengan bikinan ibuku. Pertama kali makan peyek ini tuh waktu aku masih SD, jadi waktu itu silaturahin lebaran ke Wonosobo.

Di Wonosobo itu aku nyemilin peyek kacang yang warnanya putih banget dan super gurih. Saking doyannya sampai abis satu toples. Padahal aku anak yang enggak terlalu suka nyemil. Akhirnya ibuku nanya kan itu resep peyek gimana. Dan pas di rumah nyoba bikin.

Memang enggak langsung berhasil, tapi akhirnya bisa juga. Perlu trial dan eror untuk menghasilkan peyek sesuai keinginan. Aku pernah share resepnya di blog ini, lalu ada yang nyinyir kok pake ini kok pake itu. Ya sudah enggak percaya ya biarin.

Baca: Resep peyek kacang putih gurih

Kacang bawang

Nah kalau yang ini, awalnya di rumahku tuh beli mulu kan. Karena kalau bikin kok gosong atau gampang melempem. Pokoknya enggak renyah dan meruska si kacang yang lumayan mahal sekilonya mentah itu. Semenjak aku kerja, di kantorku tiap tahun bingkisan lebarannya mesti ada kacang putih mentah.

resep-kacang-bawang

Teman kerjaku pak Asep, suatu hari bawain yang sudah dia goring. Kok enak ya, kayak beli di took. Akhirnya aku minta resep ke pak Asep yang mana dia dapat dari mertuanya. Begitulah asal muasal resep kacang bawang yang nagih itu.

Baca: resep kacang bawang gurih

Jenang tape

Karena aku tinggal di kampung, hasil bumi termasuk buah-buahan banyak. Nah, saat lebaran biasanya dibikin jajanan berupa jenang. Jenang itu kalau di jawa barat dodol kali ya. Kalau versi luar negeri mungkin jam atau selai ahahha.

Kalau lagi musim nanas, ya jenang nanas. Musim sirsak, jenang sirsak. Jajanan saat lebaran 2019 ini yang keluar dari bangsa jenang adalah jenang pisang dan jenang tape.

Spesial untuk jenang tape ini selalu ada setiap tahun di keluargaku. Enggak kenal musim, karena singkong mudah didapatkan. Cara membuatnya sangat sederhana, tapi perlu ketlatenan buat bungkusin ke kertas jenangnya.

Rengginang

Nah ini dia jajanan jadul yang katanya khas betawi ya? Entahlah tapi di rumahku dari jaman aku balita hingga sekarang masih saja muncul. Enggak pernah beli, selalu bikin dan renyah banget. Bahan utamanya dari beras ketan, bukan beras biasa ya.

Meski tanpa pemutih apalagi boraks, ahaha rengginang di rumahku super renyah dan gurih. Sebenarnya kalau dibisnisin boleh juga, tapi untuk saat ini aku belum sempat. Dan apakah tidka dihina-hina kalau aku jualan rengginang di saat orang lain bikin startup? Ehehhe.

Jajanan lebaran apa yang selalu ada di rumahmu?

One Reply to “Jajanan Saat Lebaran”

  1. ah jualan rengginang juga start up kok
    sebenernya start up sama aja kayak umkm
    tapi orang udah telanjur start up ya digital2… 🙂
    padahal orang jualan cilok juga start up, kan umkm

Tinggalkan Balasan