Kamu Belum Terlambat Untuk Memulai Investasi Uang di Reksadana

investasi-reksadana-ipotfund-indopremier

“kerja sudah sekian tahun kok belum punya mobil sih?” itulah yang sering aku dengar dari sekitar. Dijawab saja pakai senyum dan doa. Preferensi kepemilikan aset bagi setiap orang memang berbeda. Mungkin ada yang beresin renovasi rumah dulu, umrohin keluarga, baru mikir beli mobil. Begitupun dengan investasi. Ada yang invest tanah, emas, saham, atau reksadana. Meskipun kebanyakan orang masih lebih prefer nabung dibanding invest, tapi istilah reksadana pasti sudah enggak asing kan? Aku masih sangat pemula, sekitar setahun mencobanya. Kalau kamu baru kenal, belum terlambat kok untuk memulai investasi uang di reksadana mulai  dari sekarang.

Mengapa Investasi Pasar Modal di Reksadana?

Ketika bicara investasi pasar uang, yang terlintas pertama adalah saham. Apaan sih reksadana? Reksadana itu wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan. Ibaratnya reksadana itu kita punya duit dikit, iuran sama orang-orang, lalu ada yang ngelola buat diinvestasikan.

Salah satu alasan mengapa aku memilih reksadana sebagai awalan untuk memulai Investasi pasar modal adalah karena bisa dimulai dari Rp. 100.000. Serius lho ini, masa penjajalan awalku pakai 100ribu saja. Pikirku, daripada aku tabung di bank lalu kepotong biaya ini itu kan mending ditaruh di reksadana. Engga  musti nunggu sekian juta buat dapetin 1 lot saham impian misalnya.

Baca: Habiskan saja uang THR mu!

Alasan lain adalah karena beli reksadana sekarang gampang banget. Bisa dari hape, modal kuota internet. Memantaunya juga sekalian dari aplikasi tersebut. Butuh duit? Langsung bisa jual dan tarik ke rekening kita.

Cara Mendaftar Reksadana Indopremier

Jadi aku kan punya akun di Indopremier, dari sini aku bisa pakai aplikasi namanya IPOT. Ipot ini ada banyak macamnya, salah satunya Ipotfund. Kalau mau beli reksadana atau saham bisa download aplikasi IPOTGO di play store untuk android atau di apple store untuk ios.

Setelah terunduh, kita bisa mulai register nih. Data yang diperlukan adalah KTP, NPWP, dan tanda tangan kita (di atas kertas). Ikuti step by stepnya ya, cepet banget kok (asal sinyalnya bagus). Kurang lebih 1 jam aku sudah punya akun di indopremier. Cek emailnya ya, nanti RDN (rekening dana nasabah) akan diberitahu lewat sana.

Jadi, RDN ini fungsinya buat naruh uang kita. Aku bank nya BCA, RDN ku BCA juga. si pihak Indopremier bisa menarik uangku di RDN tersebut untuk pembayaran reksadana atau saham. Tentunya atas persetujuanku dong ya.

Nah, setelah punya RDN dan kita pengen nyobain segera beli reksadana, kita transfer dari rekening Pribadi kerekening RDN. Yakkk semudah itu, Selamat berinvestasi !!!

Beli Reksadana di Ipot

Lalu bagaimana caranya beli reksadana? Coba buka aplikasi IPOTGO nya. Kalau mau dari browser sih bisa, biar leluasa gitu liatnya ya? coba search di mesin pencari IPOTFUND. Alamatnya di https://www.indopremier.com/ipotfund/ . Akan terpampang foto anak kecil di sana dengan tagline “sukses dimulai sejak dini”.

Kenapa pakai IPOTFund sih? Karena simple ya, hanya perlu RDN tadi saja sudah mencakup buat beli reksadana atau saham bahkan bisa buat pembayaran. Pilihan reksadananya terlengkap, mau yang umum atau syariah. Yang tak kalah penting IPOTFUND ini resmi, aman, dan diawasi OJK.

Aku lebih suka beli resadana IPOT lewat aplikasi IPOTGO. Soalnya bisa dimana saja sih ya, eheheh singetnya dan sesempetnya. Ini contoh langkah-langkah waktu aku beli reksadana syariah di aplikasi IPOTGO.

  1. Buka aplikasi IPOTGO
  2. Klik list reksadana
  3. Cari reksadana yang diinginkan, bisa dari list atau search di bagian atas
  4. Baca keterangan reksadana yang kita pilih, klik buy
  5. Isikan nih mau beli berapa duit? Misalnya aku mau beli Rp 500.000
  6. Order diterima, akan ada email pemberitahuan, Selesai!!

Gampang banget kan? Kamu belum terlambat untuk memulai investasi uang di reksadana. Saranku sih, banyakin belajar tentang financial. Banyak kok blogger, instagramer, yang sering share beginian. Misalnya mas Dani Rachmat atau Andhika Diskartes.

Coba deh, baca dengan saksama quotes yang mengutip dari kalimat Kakanda Diskartes sebagai penutup tulisan ini.

Modal Awal Investasi Bukan Uang, Tapi Pengetahuan

 

13 Replies to “Kamu Belum Terlambat Untuk Memulai Investasi Uang di Reksadana”

  1. Setuju banget nih. Investasi ngga harus dengan modal besar kok. Mulai dari Rp 100 ribu, asal konsisten juga bisa. Biasanya untuk mau konsisten ini yang susahnya setengah mati. Duit yang seharusnya utk investasi hanya dialokasikan setelah beli ini dan itu. Alhasil ngga jadi berinvestasi. Setelah ini jadi tahu deh, apalagi investasi di IPOT

    1. di IPOT ada fitur buat investasi berkala. jadi kita tentuin nominal dan kapan duit ditarik.

  2. Nah ini, saya masih pengen belajar invest tapi masih bingung. Makasih kak Nay atas tambahan ilmu nya .
    Salam

    1. selamat berinvestasi di pasar uang Ang…

  3. anggiswastika says: Balas

    tercerahkan setelah membaca ini, yes belum terlambat untuk berinvestasi

    1. alhamdulillah, segera dipraktekan ya mba ehehhe. kita sama2 bertumbuh menjadi investor

  4. Sekarang jadi tambah gampang. Gak usah ke bank lagi. Malesss, lama lagi.

  5. Di IPOTGO minimal berapa? Kalo 100rb buat memasyarakatkan reksadana kayaknya kurang kecil hehe… soalnya di marketplace sudah banyak yang mulai dari 10ribu saja.

  6. mbak, nanti ajarin ya…

  7. Dari dlu pingin banget investasi kayak gini. Tapi sebelum mulai, yang terpenting itu wajib ngerti dulu sejelas-jelasnya, supaya hasilnya lebih maksimal..

  8. aku udah daftar dan masih nunggu RDNnya, nggak sabaaarr mau nyobain pengalaman baru invest XD

  9. Thanks infonya. Saya masih umur 20an dan sudah punya kpr rumah. Supaya cicilan cepat lunas kepikiran juga sih buat investasi lainnya. Biar kayak pepatah “don’t put your eggs into one basket”

    1. semangat untuk kita semua

Tinggalkan Balasan