Doa dan harapan Ramadan

doa-dan-harapan-ramadan

Pagi ini Ramadan hari ke 29, artinya nanti malam nunggu sidang isbat besok lebaran atau lusa. Antara bahagia karena Alhamdulillah Ramadan ini masih diberi kesempatan merasakan kenikmatannya, juga sedih karena yaudah lowongan jor-joran ibadah berpahala banyak nunggu setahun lagi. Aku punya doa dan harapan Ramadan di penghujung bulan suci ini.

Agar diberi umur panjang

Semoga Allah mempertemukan aku kembali dengan Ramadan tahun depan. Diberi umur panjang dan tentunya barokah. Tahun ini, utamanya jelang Ramadan dan selama Ramadan, banyak aku melihat kepergian dari orang-orang yang tak kusangka sebelumnya.

Agar dijauhkan dari tekanan

Menjalani hari-hari akan terasa bahagia jika kita tidak berada dalam tekanan. Tak semua tekanan itujelek, ada yang memang perlu. Yang semoga Allah jauhkan adalah tekanan-tekanan yang memperburuk kualitas hidup, entah dari orang lain atau dari netizen yang sebenarnya ingin kita terpuruk.

Agar rizki barokah

Pendapatan Alhamdulillah selalu naik, tapi bagaimana dengan keberkahannya? Kadang ada momen dimana kita duitnya enggak banyak-banyak amat. Tapi bisa memenuhi kebutuhan ini dan itu, masih bisa bagi-bagi THR. Makan di tempat yang biasa saja, tapi rasanya nikmat sekali dan bikin bahagia. Mungkin itu salah satu keberkahan rizki.

Keberkahan rizki tak melulu soal kuantitas, soal nominal, namun juga apa yag kita rasakan dengan adanya rizki tersebut. Semoga Allah menjauhkan kita dari lilitan hutang.

Agar dijaga Allah

Semoga Allah menjaga kita sebab Allah ada di dalam hati kita. Sepenuhnya jauh dari maksiat rasanya sulit, tapi jika kita punya Allah dalam hati maka kita tak akan mau terlibat. Begitupun dengan korupsi, kolusi, nepotisme, syirik, makar, huru hara.

Semoga kita diberi kekuatan untuk menjaga diri dari komentar-komentar yang tak perlu, kalimat-kalimat yang menyakiti sesama, tindakan yang membuat orang lain kurang nyaman dengan kita.

Doa dan harapan Ramadan untuk negara

Semoga Allah menjadikan negara ini tempat yang mendamaikan setiap penghuninya untuk beribadah. Sebab Allah yang mengatur urusan hati, yang tahu setiap niat dalam benak, maka ya Allah…tentramkanlah negeri Indonesia.

Segala doa dan harapan Ramadan ini semoga diijabah dan sekaligus pengingat untukku di masa-masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan