Pengalaman Naik Bus Big Bird Dari Bandara Soeta ke Stasiun Gambir

big-bird-bus-bandara

Siang itu kantuk masih menggelayut saat kakiku menjejak kembali daratan Jakarta. Penerbangan singkat dari Tanjung Pandan Belitung tak membuatku bisa tidur dengan nyenyak. Terlalu sayang sih ya, melewatkan pemandangan pulau-pulau dan laut biru yang indah. Kantukku tersalurkan ketika berada di bus big bird yang membawaku ke stasiun gambir dari soeta.

Mengenal big bird bus

Untuk urusan ke bandara, aku sudah kenal lama dengan taksi blue bird. Tapi kalau bus, belum lama melihatnya berkeliaran di sekitaran exit tol Bekasi atau di shuttle sekitaran stasiun. Awalnya enggak ngeh kalau ini punya blue bird. Aku justru tahunya JAC (Jabodetabek Airport Connextion). Padahal big bird shuttle bandara ini layanan shuttle bus bandara yang dikembangkan PT Blue Bird Tbk. Dan sebagai pengguna traveloka, bahagia lah karena bus ini bisa dipesan disana plus ada big bird bus promo online.

Problematika naik bus dari dan ke bandara

Menurutku perjalanan dari dan ke bandara itu krusial banget. Untuk keberangkatan pastinya enggak mau sampai si kendaran kita ngetem atau malah engga jelas jadwalnya kan? Alamak check in di bandara jangan sampai mepet-mepetlah ya. mendingan lama nunggu di bandara tapi urusan udah beres semua.

Kalau problematika dari bandara, kita biasanya rempong bawa barang. Badan udah capek karena flight atau aktivitas di luar kota. Sampai di bandara pengennya segera sampai rumah atau tujuan berikutnya. Kalau lagi ramean sih naik taksi saja bayarnya iuran. Tapi aku seringnya sendiri, jadi naik bus lebih hemat.

Layanan dan fasilitas bus big bird bandara

Perjalananku dari terminal 1 Soeta ke Stasiun Gambir kemarin itu jadi pengalaman pertamaku naik big bird bus bandara. Sebelumnya sering melihat saja dari luar. Kesan pertama waktu masuk ke bus, wow…armadanya masih nampak baru dan terawat.

Bus bandara big bird beroperasi mulai pukul 06.00-23.00 WIB setiap harinya. Yang aku naikin bus regular, kursinya ada 24. Kalau bus yang premium kursinya hanya 12, dapat minum dan ada meja lipatnya.

Aku suka bus ini soalnya ada wadah bagasinya dan colokan. AC nya enggak berlebihan, nyaman sih enggak kesempitan di kursinya. Bagasinya bisa di dalam, atau kalau barang bawaan rempong banget di taruh di bagasi samping bus.

Siang itu Jakarta macet di beberapa titik, tapi si driver enggak pasrah begitu saja. Dia mencari jalan yang engga parah macetnya. Aku sih suka dengan inisiatif ini. Meksi begitu, dia enggak ugal-ugalan ya.

Selain terjangkau, rutenya itu strategis lho. Benar-benar mengoneksikan antar moda transportasi. Aku turun di stasiun gambir bersama dengan sebagian besar penumpang lainnya yang naik bus tersebut. Tapi kalau kamu misal mau turun di titik mana gitu yang dekat tujuanmu pun bisa. Fleksibel kan?

Rute bus big bird bandara

Untuk keberangkatan dari dan ke Soeta, bus bandara ini meliputi 4 rute. Rute 1 Jatinegara, Rute 2 Bandung, Rute 3 Blok M, dan Rute 4 Gambir. Ingat ya, rute ini maksudnya titik akhir. Kalau kamu mau turun di tengah jalan juga enggak apa-apa ahahha.

Baca: nyobain KLIA Ekspress kereta antar bandara di Kuala Lumpur

Cara pesan bus big bird bandara pakai traveloka

Kalau enggak mau ribet, pakai traveloka juga bisa nih buat pesen tiket bus ini. Untuk tujuan bandara, setelah memesan di traveloka kita bakal dapat voucher. Ya sama lah kayak pas beli tiket hotel atau pesawat. Kalau sudah, kita datang ke lokasi keberangkatan bus big bird tersebut. Nanti vouchernya dikasihkan ke kondekturnya. Turunnya bebas ya, mau di terminal 1,2, ataupun 3.

Untuk perjalanan sebaliknya dari bandara ke kota, caranya sama kok. Kamu enggak usah ribet nyari konter big bird airport shuttle. Langsung saja masuk ke bus big bird sesuai tujuan kita dan tunjukan vouchernya ke petugas di dalam.

Makin banyak pilihan transportasi ke bandara. Bagi yang suka naik kendaraan umum, ini hal yang patut aku syukuri. Dulu urusan transport ke bandara mah terkenal ribet dan mahal bahkan harus direncanakan dari jauh-jauh hari. Sekarang kita berada pada jaman yang semua dalam kontrol jempol saja.

One Reply to “Pengalaman Naik Bus Big Bird Dari Bandara Soeta ke Stasiun Gambir”

  1. Sebuah pengalaman yg cukup menarik dengan Big Bird bus

Tinggalkan Balasan