Tradisi Lebaran di Pekalongan

festival balon syawalan pekalongan

Setiap seminggu setelah lebaran atau hari syawalan, langit Pekalongan dipebuhi balon udara. Tak jarang balon-balon tersebut disertai dengan petasan. Meriah, warna-warni dan kertas bertebaran. Tapi dengan semakin sadarnya orang-orang akan aspek keselamatan, balon udara syawalan sebagaibtradisi lebaran di Pekalongan dilarang. Boleh sih nerbangin balon syawalan, tapi harus ditambatkan atau diikat. Ada apa saja tradisi lebaran di Pekalongan?

Tradisi Pasar Kembang

Satu hari menjelang lebaran tiba, ada yang namanya pasar kembang. Tradisi ini sudah ada sejak zaman nenek moyangku. Orang-orang ke pasar buat beli segala macam kebutuhan untuk lebaran. Kenapa mepet sih? Ya mungkin orang jaman dulu punya uangnya biar maksimal dikumpulin sampai h-1.

Aku masih merasakan tuh jaman kecil. Pasar beneran desak-desakan. Biasanya tukang ronce banyak banget, tahu ronce kan? Itu lho yang hiasan dari bunga dan daun pandan. Biasanya orang Pekalongan gantungin ini di pintu pas lebaran. Selain ronce, pedagang toples dan taplak juga bertebaran.

Apakah setelah jaman belanja online pasar kembang masih ramai? iya!! Padahal belanja toples atau taplak meja bis adari jauh-jauh hari kan? Entahlah, tapi alhamdulillahnya pasar kembang tetap saja ramai dan padat merayap di pasar-pasar Pekalongan.

Tradisi Lupis Raksasa Syawalan

Syawalan, seminggu setelah idul fitri selalu ramai dan meriah. Di daerah lain mungkin disebut dengan lebaran ketupat. Salah satu tradisi lebaran di Pekalongan yang sudah terkenal banget adalah lupis raksasa syawalan. Di wilayah kota Pekalongan yang bernama Krapyak, ada acara pemotongan lupis raksasa. Lupis ini dimasak berhari-hari untuk disantap bersama. Untuk sejarah tradisi lupis raksasa syawalan bisa dibaca di sini ya.

Baca: Sejarah tradisi lupis raksasa

Tradisi Gunungan Megono

Jika lupis raksasa berada di kota Pekalongan, maka gunungan megono ada di kabupaten Pekalongan tepatnya Linggo Asri Kajen. Tradisi ini belum lama berlangsung, dulunya di Linggo Asri tiap syawalan adanya dangdutan ahhhaha. Tiap kecamatan membawa gunungan hasil bumi dan ada satu buah gunungan megono.

Megono adalah makanan khas Pekalongan yang terbuat dari nangka muda. Arak-arakan gunungan ini berpusat di kawasan wisata Linggo Asri yang adem banget.

Tradisi balon syawalan

nah, kalau tradisi lebaran di Pekalongan yang merata baik di kabuoaten maupun kota adalah balon syawalan. Jaman aku masih kecil, balon-balon ini dibiarkan saja terbang bebas dengan petasan menyertainya. Balon-balon ini pada tahun 2017 sempat membikin heboh karena dilaporkan mencapai jalur penerbangan.

Akhirnya mulai tahun 2017 urusan balon syawalan ini mulai ditertibkan. Polisi sampai sibuk banget nangkap-nangkapin balon. Eh maksudnya bukan Polisinya lompat-lompat gitu tapi sidak ke tempat-tempat yang disinyalir ada aktivitas pembuatan maupun penerbangan balon.

di tahun 2018, antara pemkot dan Airnav yang merupakan kepanjangan Pemerintan di bidang lalu lintas udara mewadahi tradisi balon udara syawalan ini dalam acara resmi. Aku hadir disana tahun lalu, ceritang lengkap bisa dibaca di sini ya.

Baca: Tradisi balon syawalan Pekalongan

Itu dia tradisi lebaran di Pekalongan yang selalu meriah dan membuat suasana hari raya jadi lebih terasa. Bagaimana dengan tradisi lebaran di daerahmu?

Tinggalkan Balasan