Tought

Tips Mempermudah Persiapan Pindah Rumah

Mei 16, 2019
tips-pindah-rumah

Tepat dua minggu yang lalu aku resmi pindahan rumah. Rasa capeknya kayak baru hilang, beneran deh meski dikit tapi lelah. Aku Cuma mindahin barang-barang di kos ke apartemen, tapi seminggu baru kelar semua.

Acara pindahan ini menjadi kejadian yang menyenangkan dan tak terlupakan dalam kehidupanku. Diwarnai pula insiden kena tilang saat angkut laundryan ahaha.

Pindahan juga menguras uang sodara-sodara. Harus beli furniture baru, juga tentunya mengurusin soal gimana semua barang bisa terangkut. Meskipun saat ini sudah banyak terdapat jasa dalam membantu memindahkan barang, namun kita-lah yang mengemas (packing) barang-barang tersebut sebelum dipindahkan. Pekerjaan ini tentu akan membutuhkan tidak sedikit waktu dan tenaga untuk menyelesaikannya.

Untuk memudahkan pekerjaan packing ini beserta saat kepindahannya sekalipun kamu sedang melaksanakan transaksi jual beli rumah dijual, ada sejumlah tips yang dipertimbangkan dilansir dari Apartmenttherapy.

Utamakan Barang-Barang dengan Faktor Kegunaan Dibanding Bersifat Emosional

Memilah barang-barang prioritas yang akan dipindahkan merupakan langkah utama yang harus dijalankan. Aku percaya, beberapa dari kamu pasti memiliki banyak memori dari barang-barang yang kamu miliki di hunian kamu sebelumnya.

Namun, jika kamu telah memutuskan untuk pindah, selalu utamakan dalam mind-set kamu, barang yang kegunaannya sangat penting harus dipindahkan terlebih utama dibanding barang-barang yang mengandung rasa emosional dalam diri. Jika kamu telah berkeluarga, utamakan barang-barang yang memiliki kegunaan kolektif untuk kamu dan keluarga.

Ingat, memikirkan perpindahan barang-barang yang emosional tersebut sangat membuang-buang waktu dan tenaga. Kamu bisa saja melewatkan barang yang lebih penting untuk dipindahkan jika berlarut memikirkan kepindahan barang yang penuh memori tersebut.

Jangan Lupa Buat Rencana Penempatan Barang

Salah satu kesalahan fatal dan cukup membuat frustrasi para pemukim yang berpindah hunian adalah ketika sebuah furnitur tidak cocok dengan luasan ruangan atau tidak muat sesaat setelah sampai pada huniannya.

Untuk menangani hal seperti ini, setelah menyelesaikan transaksi jual beli rumah dijual atau apartemen, kamu disarankan untuk membuat rancangan ruang (floor plan) yang berisikan letak dimana kamu menempatkan barang-barang milikmu. Alangkah baiknya juga, sebelum berpindah tempat, kamu mengukur luas dan tinggi ruangan-ruangan yang ada pada hunian baru tersebut.

Jika furnitur tersebut memang tidak muat ukurannya, jangan memaksakan untuk memindahkannya. Anda hanya akan membuang-buang energi dan biaya. Ada baiknya furnitur tersebut disumbangkan, divermak ulang, ataupun dijual. Sangat disarankan untuk menjual furnitur tersebut karena biayanya bisa kamu gunakan untuk membeli furnitur yang muat ukurannya dengan luas & tinggi ruangan hunian barumu.

Sediakan Kotak-Kotak Penyimpanan

Jika kamu tidak memiliki waktu banyak untuk mengemas barang-barangmu dikarenakan sibuk mengurus kepindahanmu, dan melakukannya beberapa hari sebelum hari kepindahan, setidaknya siapkan beragam kotak penyimpanan di hari-hari sibuk.

Beragam kotak penyimpanan tersebut berfungsi untuk mengorganisir perabotan-perabotan kamu sesuai dengan kategori kegunaan dan ruangan tempat ditempatkannya. Saat kamu mengumpulkannya, disarankan untuk langsung memberikannya label kategori barang yang akan ditempatkan.

Hal ini akan meredam chaos yang terjadi saat kamu terburu-buru membereskan barang-barang yang akan dipindahkan.

Tinggalkan Balasan