Tought

Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil

Mei 26, 2019
sikat-gigi-puasa-bau-mulut

IG story teman aku yang membagikan momen anaknya sedang menikmati es krim rasa semangka membuatku terguncang. Siang itu panas terik, si anaknya temanku ini lagi buka puasa setengah hari pakai es. Segaaar. Ibadah puasa itu wajib, makanya sedari kecil harus dibiasakan. Inilah beberapa tips berpuasa untuk anak kecil.

Anak Kecil Puasa

Ada anak bertanya pada bapaknya, buat apa berlapar-lapar puasa. Sepenggal lirik lagu yang sering banget kita dengar saat ramadan tiba. Aku belum punya anak, tapi pernah punya pengalaman sendiri ketika belajar puasa.

Enggak apa-apa anak kecil puasa. Namanya juga proses belajar. Mungkin dari setengah hari dulu. Tapi aku jaman kecil langsung full sehari. Meski engga full dari tanggal 1 hingga 30.

Puasa setengah hari

Ini yang paling banyak dipakai orang-orang di sekitarku. Puasa setengah hari. Ada yang lanjut puasa lagi setelah makan hingga maghrib, ada yang udahan puasanya.

Puasa penuh sekuatnya

Ini yang aku alami dulu. Rasanya malu kalau puasa setengah hari. Aku berusaha puasa full sampai maghrib, tapi kalau jam 3 sore lem3s banget ya buka puasa duluan ahahah.

Imbalan harian

Pada kasus temenku, si anaknya ini tiap buka puasa tengah hari selalu minta es krim semangka. Itu jadi semacam reward yang bikin dia berusaha sekuat tenanga menahan diri hingga dzuhur.

Imbalan saat hari raya

Hayoo ada yang dijanjikan untuk dibelikan mainan kalau puasanya full sebulan? Aku sih engga, ahaha. Yang penting pas buka puasa dan sahur aja lauknya cocok.

Ajak anak yang puasa beraktivitas

Nah kalau tadi soal metode puasa kan, sekarang bagaimana mengisi waktu untuk anak kecil yang puasa? Jangan sampai dia kebanyakan nonton tv atau youtube karena nanyi malah liat iklan makanan hahaha.

Lebih baik ajakin main atau aktivitas fisik lainnya. Tentunya jangan yang terlalu heboh nanti cepat haus. Aku sih suka merajut atau bikin-bikin apa gitu dulu.

Beri pemahaman puasa

Kalau dibilang doktrin, bisa jadi benar. Beri pemahaman ke si anak kecil yang baru belajar puasa tentang mengapa harus menjalankan semua itu. Tentang sedekah, taraweh, zakat.

Tentunya dikasih ayat-ayat atau hadis bikin anak kecil puyeng. Mendinga bisa dengan kisah-kisah yang menggugah si anak. Dongeng nabi, sahabat, atau cerita rekaan sesuai selera anak.

Puasa adalah salah satu rukun Islam. Sebagai orang dewasa kita harus bisa membimbing dengan benar, setuju?

Tinggalkan Balasan