Tempat Wisata di Penang Yang Sering Muncul Di Instagram

Semenjak masuk era tiket pesawat domestik mahal, travelers memilih negara tetangga buat piknik. Singapura, Malaysia, dan Thailand. Nyatanya memang tiket ke Penang misalnya, lebih murah daripada ke Belitung dari Jakarta. Tempat wisata yang akhir-akhir ini sering muncul di instagramku adalah Penang. Aku sudah rencana kesana dari tahun lalu, tapi kok ya nggak gerak-gerak. Mungkin belum jadi prioritas. Sementara ini membuat daftar dulu deh tempat mana saja yang akan kudatangi.

Wisata Heritage di George Town

Pernah melihat mural unik-unik di Instagram? Sebagian besar itu lokasinya di Penang tepatnya di George town. George town merupakan ibukota Penang, jadi harus banget lah ya kita kesini. Selain sebagai ibukota, pesona George town adalah peninggalan heritagenya terutama dari sisi arsitektur.

penang-heritage-building-2
source: penangfoodie.com

Bangunan-bangunan bergaya Inggris masih terpelihara dan masih dioperasikan baik itu untuk museum maupun kantor dan sekolah. Menariknya, di tembok-tembok George town banyak mural cantik dan unik. Bukan sekadar gambar warna-warni, tapi setiap mural bikin aku sepertinya bakal menatap lama deh. Kayak ada pesan gitu.

 

Ketika di George town nanti aku rencananya mau sketching selain foto-foto tentunya. Ambience kota tua ini membawa hawa masa lalu yang terlalu menarik kalau nggak didatangin. Seebnarnya, ini alasan pertamaku buat memilih penang sih. George town dan Malaka masuk sebagai heritage world atau situs warisan budaya dunia dari Unesco lho.

Penang Hill

Katanya nih “You have never been to Penang unless you’ve been to Penang hill” lhoh. Jadi, harus banget masuk ke itinerary aku Pennag hill ini. Yang menarik bukan hanya kita bisa melihat penang dari ketinggian 700mdpl, tapi untuk menuju ke sini kita harus naik kereta khusus. Sebuah pengalaman lain bukan?

Foto orang berjalan di atas jembatan kaca dengan latar belakang gedung-gedung di Penang nggak kalah ramai yang upload dibanding foto mural. Semoga saja pas kesana cuaca lagi bagus, nggak seru lah kalau hujan badai.

Wisata Kuliner streetfood

Yay! Ini yang kusuka. Wisata kuliner ke daerah yang aku belum pernah kunjungin selalu menarik. Ketika aku backpackeran di Kuala Lumpur, aku sempat wisata kuliner juga di jalan Alor. Sejauh ini, kuliner Malaysia yang merupakan akulturasi dari India, melayu, dan Cina masih masuk dalam list makanan enak lidahku.

famous-food-at-night-penang
source: penangfoodie.com

Dibandingkan dengan makan di restoran, aku lebih suka eksplor streetfood sih. Nggak menjamin lebih murah, tapi ada pengalaman tersendi juga. Masakan peranakan bakal aku cobain. Wow, nulisin ini aja udah berliuran nih.

Nasi lemak, nasi kandar, sudha pernah kucoba di Kuala Lumpur. Kalau curry dan laksa, tentunya pernah coba di Indonesia. Kalau curry di gang Gloria Glodok saja seenak itu, bagaimana dengan curry di Penang yang terkenal?

Wonderfood museum

Masih berkaitan dengan makanan nih, aku penasaran sama wonderfood museum yang isinya berbagai replika makanan drai seluruh dunia. sepertinya musti kesini dalam kondisi kenyang ya, daripda halu nanti jilatin replika. Lumayan lah ya bisa nambahin konten oto instagram.

2 Hari Cukup

Kurasa 2 hari cukup buat mengeksplor Penang, yak arena cutiku sudah berkurang banyak…manfaatin saja sabtu dan minggu. Waktu ke kuala Lumpur, aku habis duit jajan sekitar 500 ribuan. Kurasa di Penang juga nggak akan ngeluarin budget gede sih.

Pilihan lain Traveling ke Penang

Orang Indonesia seperti aku ke Penang buat melepas penat dengan kulineran dan pepotoan tapi terbentur tiket domestik mahal. Mungkin ada yang buat meeting dengan klien. Tapi, jangan salah nih. Ternyata Penang sering jadi rujukan orang Indonesia buat berobat.

Penang Untuk Berobat

Aku nggak mau sakit, sekadar ngasih tahu kalau Penang juga merupakan rujukan tempat berobat. Kira-kira wisata berobat tepat nggak ya buat ngasih penjelasan? Baru-baru ini ada public figure yang merupakan ustad kondang dikabarkan menjalani pengobatan kankernya di Penang. Jujur saja sih aku baru tahu dari pemberitaan tersebut kalau Penang nggak kalah sama Singapura soal fasilitas kesehatan.

Aku browsing dan menemukan artikel Panduan berobat ke Island Hospital Penang. Island hospital merupakan salah satu rumah sakit di Penang yang cukup terkenal ternyata. Pasien dari Indonesia juga seliweran disana. Islan hospital fokus pada pengobatan Spine (tulang belakang), Lutut (ganti sendi lutut, lutut sakit), Jantung (jantung koroner), Pencernaan (GERD, mual, batu ginjal, batu empedu, sirosis), Mata (operasi katarak, masalah retina, gloukoma), Saraf dewasa dan anak.

Terima kasih Instagram yang telah membuatku tergerak untuk bertandang ke Penang. Aku terlalu penasaran untuk menikmati langsung tempat wisata di Penang dan tergoda tiket murah tentunya.

Tinggalkan Balasan