Health

Sikat Gigi Saat Puasa

Mei 14, 2019
sikat-gigi-puasa-bau-mulut

Aduh mulutku rasanya kering banget deh jam segini. Tadi malahan sempat terasa gatal dan batuk-batuk, kalau lagi nggak puasa sih langsung minum. Tapi karena nggak memungkinkan ya oles-oles minyak kayu putih saja. Tidak ada asupan minum di siang hari bikin mulut tak nyaman. Tapi Sikat gigi saat puasa bukannya makruh ya?

Pentingnya sikat gigi

Di luar puasa aku biasa menyikat gigi dua kali sehari yaitu pagi dan malam. Tapi kalau dalam kondisi tertentu siang-siang habis makan kok kurang nyaman, aku sudah sediakan pasta dan sikat gigi di meja kantor.

Sikat gigi bikin area mulut jadi bersih. Itu lho sisa makanan, kalau dibiarkan lama-lama akan menjadi plak. Dari plak lalu ke karang gigi dan membuat gigi berlubang. Sebelum puasa aku sempat melakukan scaling dan pengecekan ke dokter gigi.

Gigi berlubang

Ketika scaling, gigiku dicek semua kan. Nah ketemu deh bakal-bakal gigi yang akan berlubang. Malahan asa satu buah yang sudah parah. Sepertinya itu bekas ditambal juga beberapa tahun lalu. Tambalannya sudah habis karena posisinya geraham selalu dipakai.

Gigi berlubang bikin makanan mudah nyelip juga disana. Efeknya nggak nyaman cenat-cenut di mulut. Selain itu, sisa makanan yang tertinggal disana juga berpotensi memicu bau mulut. Hal ini makin parah ketika lagi puasa.

Hukum sikat gigi saat puasa

Waktu masih jaman belajar puasa, aku dikasih tahu kalau menyikat gigi saat puasa itu makruh. Maksudnya, sikat gigi boleh kok tapi sebaiknya tidak dilakukan. Utamanya di siang hari. Sebab khawatirnya ada air tertelan. Begitu sih yang kuingat dan kupegang sampai sekarang. Ditambah lagi ada pasta gigi yang rasanya buah-buahan kan, jadi bernafsu sikat giginya ahhaha.

Tips sikat gigi saat puasa

Aku tetap sikat gigi saat puasa, tapi jam nya digeser. Jika biasanya saat mandi pagi, maka sekarang setelah sahur. Tapi masalahnya kalau habis sahur tidur lagi, mulut jadi nggak enak dna pengen gosok gigi. Iya, memang begitu. Maka sebaiknya habis sahur atau subuh tidak usah tidur.

Silakan sikat gigi saat puasa, tidak bikin batal kok. Tapi jangan berlebihan ya apalagi malah sengaja biar bisa minum. Ada yang pernah lupa kumur sambil menelan?

Tinggalkan Balasan