Pekalongan

Sotopedia: Resep Soto Ayam Tauto Pekalongan

Mei 9, 2019
resep-soto-ayam-tauto

Ngomongin soto nggak akan ada habisnya. Soto adalah kuliner Indonesia yang variannya banyak banget. Dari mi instan kita mendapat sedikit gambaran tentang betapa kaya khazanah persotoan di Indonesia. Nggak berlebihan kalau ada Sotopedia untuk menyebut kumpulan informasi tentang soto. Pernah kusajikan Soto Ayam di Sydney ketika dinner dengan para dosen. Aku orang Pekalongan punya soto khasnya, yaitu soto tauto. Aku akan bagikan resep soto ayam Pekalongan (Tauto) agar kalian tahu betapa uniknya kuliner ini.

Jenis Soto

Ketika aku tinggal di Bogor, aku menemukan gerobak soto mie dan soto kuning dimana-mana. Soto kuning dengan kuah kental dan potongan daging serta jeroan. Berat? Oke mari coba soto mie yang kuahnya ringan dan segar. Ada potongan tomat, kucuran jeruk nipis, dan crunchy nya risoles mi. hemmm…ini baru Bogor lho ya, belum bicara se Indonesia.

sotopedia-jenis-soto-indonesia

Dari infografis soto ini kita bisa melihat bahwa setiap daerah punya aneka macam soto. Namanya nggak harus “soto” sih. ada coto, ada sop, kalau di Pekalongan Tauto. Coba, yang mana soto favoritmu? Atau jangan-jangan baru coba soto dalam bentuk mi instan saja?

Sebut saja soto ayam, meski namanya di beberapa daerah sama…tapi rasa dan bentuknya beda. Aku kemarin menyimak penuturan food enthusias mas Arie parikesit di twitternya @kelanarasa. Berikut ini rangkumkan jenis-jenis Soto di Indonesia ya.

Soto Bandung

Populer di Bandung dan sekitarnya, kuahnya bening sesungguhnya dari kaldu sapi. Isian potongan daging, kikil dan tetelan. Yang bikin sebuah soto disebut Soto Bnadung adalah keberadaan irisan lobak dan kacang kedele goreng.

Soto Jogja

Kuahnya bening yang sangat light, salah satu soto teringan yang ada di sotopedia. Isiannya irisan daging atau ayam. Uborampe (kondimen) yang menarik terdiri dari perkedel, tempe garit, sampai daging dan lidah bacem.

Soto ayam Semarangan

Soto ayam dengan sound an bawnag putih goreng dalam mangkuk kecil. Jujur saja ini soto favoritku setelah soto tauto Pekalongan dan Soto mie Bogor.

Soto Sokaraja

Pertama kali menyantap Soto Sokaraja, aku menganggapnya aneh. Kenapa? Karena pakai sambal kacang. Tapi itulah yang memperkaya sotopedia.

Soto Betawi

Kuahnya kental mirip gulai, dagingnya melimpah. Soto Betawi mirip dengan osto kuah kuning Bogor dan empal gentong.

Soto Bening Boyolali

Aku ingat ketika SD diajak makan sama bapak. Randomly pilih Soto Boyolali. Lalu kesan kami adalah…”opooo iki?”. Kami terbiasa dengan soto tauto Pekalongan yang berkuah pekat, heran dengan soto bening. Tapi soto BOyolali biasnaya pakai daging atau ayam yang empuk. Taugenya segar dan nggak bikin cepat eneg.

Soto Lamongan

Kalau ini adalah soto yang ada dimana-mana. Solo Lamongan punya kuah koya yang supergurih. Paling sedap nambah sayap ayam sama krupuk kulit.

Masih belum semua disebutkan saking banyaknya. Silakan ditambahkan di kolom komentar, karena untuk Soto di luar pulau Jawa aku belum begitu paham.

Baca: Membawa resep soto ayam ke Australia

Bumbu Soto

Yang bikin sotopedia kaya, adalah varian bumbu setiap soto. Mengapa demikian? Ini kembali ke selera dan mungkin sejarah. Begitupun dengan kondisi geografis yang memengaruhi ketersediaan bumbu-bumbu tertentu. Silakan disimak infografis bumbu soto berikut ini.

sotopedia-bumbu-soto

Sejarah soto Tauto Pekalongan

Kalau kamu menyebut “soto” di Pekalongan, maka istilah tersebut milik Tauto. Tauto adalah akronim dari soto tauco.  Jangan kaget ya, kamu akan mendapatkan semangkuk kuah berwarna kecoklatan dengan isian soun atau bihun dan potongan daging. Silakan dicoba, lidahmu akan semakin kaget karena ada dominasi rasa manis gurih serta aroma tauco.

Mengapa soto Pekalongan sangat berbeda dari soto daerah lain dalam Sotopedia? Konon Tauto mausk Pekalongan dibawa oleh pedagang tionghoa. Cara berjualannya dengan menggunakan pikulan dengan dibawa kleuar-masuk gang.

Akulturasi budaya di Pekalongan yang banyak orang Arab, Tionghoa, serta Jawa pada akhirnya menciptakan kondisi tauto seperti sekarang. Ada pula yang menyebut bahwa Tauto itu akulturasi kuliner Tionghoa dan India.

Resep Soto Ayam Tauto Pekalongan

Resep ini aku dapatkan dari internet, karena kalau di dapur ya cemplung-cemplung apa yang ada. Autopilot lah pakai feeling ahah. Pertama kali aku masak tauto waktu SD, ahahha.

soto-tauto-pekalongan

Bahan Utama

Air, garam, daging ayam, serai, jahe, lengkuas, daun jeruk, daun salam, Soun, Tauco, Kecap.

Bumbu halus

Kemiri, ketumbar, cabe merah, bawang merah, bawang putih

Langkah

  • Dalam panci, masukkan air, garam, daging, serai, jahe, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam. Rebus daging hingga empuk. Sesekali ambillah buih dan kotoran yang mengapung di permukaan rebusan.
  • Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum.
  • Masukkan tauco dan masak sebentar. Angkat.
  • Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging. Aduk rata.
  • Masukkan kecap. Aduk rata dan koreksi rasanya. Matikan api.
  • Angkat daging dan tiriskan. Potong-potong daging sesuai selera.

Penyajian

  • Dalam mangkok, tata soun dan potongan daging.
  • Taburi dengan daun bawang.
  • Tuang kuah soto dan taburi dengan bawang goreng.
  • Siap disajikan bersama jeruk nipis, sambal, dan nasi hangat atau lontong.

Tips

Tauco sudah memberikan rasa asin, sehingga perhatikan takaran garam jika menambahkannya.

Selain ayam, soto Tauto umumnya diisi dengan daging kerbau atau babat. Ada juga sih yang menambahkan bakso, ahahha jadinya tauto bakso. Bagaimana dengan daging bebek? Not bad dan malah lebih unik lagi rasa dan teksturnya.

Kalau ditanya soto tauto Pekalongan paling enak dimana, aku bilang semuanya enak. Nggak harus yang terkenal. Di samping stasiun Pekalongan ada warung pjok yang buka 24 jam juga menyajikan soto tauto. Di dalam kota makin banyak pilihan, tapi paling terkenal soto klego. Kalau mau menyantap yang elegan bisa di nostalgia café hotel the Sidji.

Itulah khazanah sotopedia yang merupakan comfort food bagi sebagian besar rakyat Indonesia. Soto apa nih favoritmu?

  1. Ping-balik: Sotopedia: Resep Soto Ayam Tauto Pekalongan
  2. Indonesia emang kaya akan kuliner ya Mbak. Soto aja ada macem2.. Aku cuman pernah makan Soto Lamongan. Kalau di Surabaya yg terkenal Soto Lamongan Cak Har

Tinggalkan Balasan