Health

Menghilangkan Bau Mulut

Mei 15, 2019
sikat-gigi-puasa-bau-mulut

Selain sembelit, sariawan, dan nafsu ghibah…salah satu gangguan lain adalah bau mulut. Meski dianggap wajar, tetap saja sih risih. Apalagi kalau selama puasa harus ketemu banyak orang. Bagaimana cara menghilangkan bau mulut?

Penyebab Bau Mulut

Saat puasa kondisi mulut cenderung kering. Air liur berkurang. Bakteri dan sisa makanan di mulut mengeluarkan gas dan menimbulkan bau.

Kurang lebih itulah penyebab bau mulut yang terjadi saat puasa. Bau mulut bisa diperparah oleh adanya gigi yang berlubang.

Menghilangkan Bau Mulut

Setiap hari aku ketemu dan harus berinteraksi dengan banyak orang. Aku ingin proses komunikasi tetap efektif dan damai tanpa serangan bau mulut. Beberapa cara ini yang aku lakukan untuk menghilangkan bau mulut.

Menambal Gigi

Sebelum bulan puasa aku menyengaja ke dokter gigi untuk menambal gigi yang berlubang. Kondisi gigi yang berlubang dapat memerangkap sisa makanan. Sisa makanan ini jika tidak bersih saat gosok gigi bisa bikin bau mulut.

Scaling Gigi

Jika tidak gigi ada yang berlubang, silakan scaling saja. Bersihkan karang gigi yang ada sebab karang gigi lama-lama bisa jadi penyebab gigi berlubang. Sisa makanan yang tak terangkat sempurna lama-lama membentuk karang gigi. Scaling adalah nama proses pembersihannya, dilakukan oleh dokter gigi.

Menyikat gigi

Usai sahur jangan lupa gosok gigi. Untuk malam sebelum tidur juga ya. Sikat gigi saat puasaSikat gigi saat puasa dikhawatirkan tertelan airnya. Mau kan sikat gigi habis sahur?

Makan dan Minum Yang baik

Ada yang sahur jengkol ngga? Ahahah mantap ya. Kata teman yang penyuka jengkol, bau jengkol itu akan bersih dari mulut setelah 5x gosok gigi. Bagaimana dengan petai?

Selain petai dan jengkol ada makanan dan minuman lain yang menjadi penyebab bau mulut. Mininalisir asupannya saat puasa ya.

Jangan tidur habis sahur

Tidur habis sahur meski sudah sikat gigi tetap menghasilkan kondisi mulut yang kering banget. Jadinya engga nyaman karena bau mulut. Pengen sikat gigi tapi takut ketelen ahaha.

Apa tips kamu untuk menghilangkan bau mulut terutama saat puasa?

Tinggalkan Balasan