Habiskan sajalah uang THR

Memasuki pekan ke-2 bulan ramadan. Tanda-tanda THR semakin dekat. Sudah  ngelist apa saja yang akan dibeli? Saranku sih habiskan saja uang THR mu. Tapi, di jalan yang benar ya.

Pesona THR

Mendapatkan tambahan pemasukan berupa THR memang sudah menjadi penyemangat tersendiri di hari-hari puasa. Pesona THR membuat kita mungkin sering terlena.

Mendaftar aneka kebutuhan dari baju lebaran, amplop, hingga rencana renovasi dapur? Wajar sih, dan itu sah-sah saja.

Melek financial

Jujur aku belum ngerti banyak tentang financial. Mengenai pos mana yang terbaik kamu jagain dengan uang THR mungkin kamu atau perencana keuangan yang lebih paham.

Tapi, sedikit-sedikit kita harus melek financial. Selain karena jasa financial planer mahal, juga sekarang sumber ilmu sudah ada dimana-mana. Follow deh akun-akun instagram yang berfaedah dan ngasih kita insight soal finance tanpa harus baca buku tebal.

Habiskan Uang THR

Ini prinsipku, menghabiskan uang THR. Flashback ke THR pertama sekian tahun lalu, aku habiskan buat beli motor. Motor ini jadi motor operasional adiku semasa SMA hingga kuliah sekarang. Alhamdulillah, itunganya investasi ya.

Di keluarga kami enggak ada budaya ngasih amplop-amplop THR. Kalau ada ngasih, kalau engga juga engga digunjing. Memang ini suatu hal yang tak biasa di Indonesia. Harus disyukuri, meski ngasih THR ke saudara juga termasuk amal jariyah.

Uang THR untuk Apa?

Ini adalah pos-pos pengeluaranku terhadap uang THR. Anyway, aku single dan sudah tinggal berpisah dari keluarga. Pasti akan jauh berbeda dengan yang sudah berumah tangga. Untuk tahun ini agak beda, karena aku mulai mencicil apartemen dan biaya kuliah S2 ku.

Cicilan biaya kuliah

Pos terbesar untuk uang THR tahun ini adalah buat nyicil biaya kuliah. Biar engga kaget pas masanya bayaran, aku akan memasukan dana kuliah ke rekening khusus tersendiri.

Zakat

Jangan lupa untuk membayar zakat, biar usaha kita makin berkah. Ini bukan zakat fitrah ya, tapi zakat maal. Aku pernah nulis soal zakat maal ini.

Baca: Bayar zakat bisa mengurangi pajak

Dana darurat

Sisa uang THR harus masuk ke dana darurat. Sebelumnya aku engga jelas banget soal ini, engga ada dana darurat. Tabungan hanya satu pos, campur semua. Sekarang harus sudah lebih tertata dong ya.

Itu dia rencana yang akan aku lakukan terhadap uang THR. Beli baju, beli furniture, duit dari mana? Cari pos lainnya. Bisa dari uang ngeblog, atau gaji bulanan.

4 Replies to “Habiskan sajalah uang THR”

  1. belajar financial planner pada prakteknya kalau diaplikasikan ke diri sendiri memang susah sih nay menurutku personal
    beda dengan ngatur financial perusahaan atau belajar dibangku kuliah
    karena ada pengeluaran takterduga atau godaan bernama mood belanja
    hehe dasar aku

    1. mood belanja, iya tuh kenapa ada masanya gitu ya nafsuan belanja

  2. […] ada momen dimana kita duitnya enggak banyak-banyak amat. Tapi bisa memenuhi kebutuhan ini dan itu, masih bisa bagi-bagi THR. Makan di tempat yang biasa saja, tapi rasanya nikmat sekali dan bikin bahagia. Mungkin itu salah […]

Tinggalkan Balasan