5 Cara Menolak Ajakan Buka Bersama

kuliner-alor-street

Hari pertama puasa sudah dapat undangan buka bersama? Aku pernah dalam masa setiap hari buka bersama di luar. Nggak semuanya iuran sih, tapi tetap saja pengeluaran membengkak dan keluarga terabaikan. Tahun lalu aku hanya buka bersama satu kali. Mau tahu bagaimana cara menolak ajakan buka bersama yang sebenarnya nggak ingin kamu datangi?

1. Harus lembur atau ada tugas

Cara efektif dan ngga bohong. Meski bulan puasa, lembur kerjaan atau tugas kuliah kan jalan terus. Buka bersama biasanya ngumpul dari jam 5 sore. Kalau harus overtime sampai jam 6 atau 7 kan ya nggak bisa. Begitu pula dengan tugas kuliah. Kalau freelance gimana? Bilang saja lagi dikejar deadline.

Jangan sampai gara-gara buka bersama kewajiban jadi terbengkalai. Seharusnya alasan ini bisa dimengerti pengundang buka bersama.

2. Ada Urusan Keluarga

Nah, ini alasan kuat ya. Buka bersama dengan keluarga, atau urusan keluarga lainnya. Alasan ini cocok buat kamu yang tinggal dengan keluarga atau yang sudah berkeluarga. Kalau yang perantau kayak aku agak mencurigakan.
Bisa sih, buka bersama dengan keluarga by video call.

Momen ramadan itu beda lho, terlampau sayang buat hahahihi makan di luar sama teman-teman. Selain bulan ramadan juga bisa kan?

3. Sudah Ada Undangan Buka Bersama Lain

Jadwal padat merayap, sebelum ramadan tiba pun bookingan buka puasa bersama berjejalan. Bisa jadi alasan nih buat menolak ajakan bukber. Sudah ada undangan buja bersama lain.

Kalau memang mau buka bersama di luar, boleh saja. Tapi, kita harus punya skala prioritas. Mana yang sekiranya bisa diambil. Apalagi saat weekend, bisa ada 3 undangan buka bersama tuh. Hayo siapa?

4. Lagi bokek

Ahahah jujur saja lagi bokek, siapa tahu malah ditraktir. Ini sih kalau engga malu. Biasanya sama teman-teman dekat ya. Bulan puasa banyak pengeluaran, kalau buka bersamanya penyetan sih nggak masalah. Lha kalau di resto mahal? Iuran ratusan ribu? apalagi kalau buat anak kos. Oiya aku pernah cerita nih tentang persiapan puasa buat anak kosan.

Baca: Persiapan ramadan buat anak kos

5. Enggak mau ketinggalan taraweh jamaah

Alasan syar’i nih, bisa engga buka bersama beres jam 7 malam? Atau sekalian taraweh berjamaah? Ada lho teman-temanku yang mensyaratkan ini. Alasan yang harus dipertimbangkan.

Kalau ada yang nyinyirin kamu ya biarin. Taraweh itu sunah, bisa juga dilakukan sendiri di rumah, tapi feelnya lebih kerasa kalau jamaah. Setuju engga?

Mengapa perlu menolak ajakan buka bersama?

Kita memang diajarkan untuk berbuat baik dengan sesama manusia, melakukan muamalah. Silaturahim, berbagi cerita, berbahagia bersama saat menunggu waktu buka. Tapi jika muamalah tersebut malah membuat kita terganggu ibadahnya atau mengganggu casflow yang mana efeknya bisa panjang, tentu perlu dipertimbangkan lagi.

Rasa enggak enak pasti ada, saran-saran alasan di atas perlu dicoba. Jangan bohong juga, nanti mengurangi pahala puasa.

12 Replies to “5 Cara Menolak Ajakan Buka Bersama”

  1. Alasan syari’ah ini yang sering di prioritaskan heheheh

    1. iyaa dong, sayang abnget kalau telat maghriban dan ga traweh

  2. Wahh nomer 4 banget nih jurus anak kos wkwk, alternatif lain nomer 2 bisa kali ya

    1. ahahha iyaa banget kan. mending bukber di mesjid

  3. Ramadan sekarang aku juga batesin buat nggak banyak ikut bukber. hihi , mksh mbak tipsnya 🙂 salam kebal

    1. yaak…dari awal sudah ada niatan. semoga berhasil yaa

      1. Siapp mbak, salam kenal dri Blitar hehe

        1. Wah sepertinya ini yang aku butuhkan. Informasi yg sangatt bermanfaat mba

          1. Alhamdulillah, terima kasih juga. Sama sama

  4. 5 Cara Menolak Ajakan Buka Bersama says: Balas

    […] Baca Selengkapnya […]

  5. wah ini dia artikel yang ditunggu-tunggu. sebenernya bukan nggak mau bukber bersama teman-teman atau komunitas, tapi kalo terlalu sering kasian juga keluarga ditinggal dirumah dan nggak ada yang masak huhuhu

    1. ahaha iya seperti itu latar belakangnya

Tinggalkan Balasan