Food

cara memasak ketupat dengan panci presto

Mei 16, 2019
memasak-ketupat-dengan-panci-presto

Hampir setiap hari aku makan ketupat baik dalam bentuk kupat sayur maupun kupat sate Padang. Meksi begitu aku nggak bosan, apalagi kalau di momen lebaran. Dibanding lontong, aku lebih suka ketupat, padahal bahannya sama saja kan? Menyiasati proses pembuatan ketupat yang lama, aku mau kasih tips cara memasak ketupat dengan panci presto.

Membuat wadah ketupat

Salah satu kemeriahan persiapan lebaran yang sudah mentradisi di rumahku adalah mempersiapkan wadah ketupat. Meski bisa beli di pasar, kami meilih membuat sendiri. Tidak ada sejarahnya bikin ketupat wadahnya plastik. Harus dari janur pilihan.

Kata simbahku, wanita muda pada masanya harus bisa bikin wadah ketupat dari janur. Meski setiap tahun diajari, aku belum paham juga kalau diminta bikin sendiri tanpa melihat tutorial. Mungkin jadi wadah ketupat, tapi bentuknya nggak kotak.

Memasak ketupat itu lama

Sebenarnya di rumahku yang suka banget ketupat ya cuma aku. Lainnya memilih praktis, nasi saja deh. Ya gimana, demi efisiensi ya. selain repot juga masak ketupat itu butuh waktu 5 jam. Nasi? Ditinggal sebentar juga matang.

Untuk special moment kayak lebaran, kami memasak ketupat di panci besar dengan tungku kayu. Air ditambahkan secara berkala hingga ketupat matang dan empuk. Api dijaga agar stabil, tidak kebesaran tidak juga mati. Makanya bikin ketupat tuh menguras tenaga dan waktu.

Memasak ketupat dengan panci presto

Selama ini aku tahunya panci presto itu berfungsi sebagai pelunak daging. Kalau buat masak ketupat apa engga jadi bubur gitu nasinya? Ternyata bisa lho, lebih cepat dibanding panci biasa tentunya. Begini ya caranya:

  1. Isi beras ke wadah ketupat. Oiya jangan gendut-gendut ngisinya, 1/3 wadah aja. Karena nanti beras tersebut mengembang.
  2. Masukan ketupat ke panci presto
  3. Isi panci presto dengan air sampai ketupat terendam sempurna
  4. Masak ketupat 1-1.5 jam
  5. Setelah matang, keluarkan ketupat dan gantung ketupat dimanapun agar kadar airnya berkurang. Efeknya ketupat lebih tahan lama.

Nah, praktis banget kan? Hemat waktu dan tenaga, serta memanfaatkan sumber daya berupa panci presto yang jarang dipakai. Selamat membuat ketupat!

Tinggalkan Balasan