Beauty

Cara memakai hijab ala Inayah

Mei 17, 2019
cara-memakai-hijab-inayah

Suatu kali ada yang nanya ke aku tentang bagaimana caraku memakai hijab biar rapih dan nggak gampang geser posisinya. Aku bukan penganut mazhab banyak peniti jadi rapi, maksimal 2 saja lah jarum di kepala. Jadi, inilah cara memakai hijab ala Inayah.

Jilbab segiempat

Dibandingkan dengan jilbab pashmina, aku lebih suka jilbab segiempat. Jilbab bentuk ini lebih mudah divariasikan dalam pemakaiannya. Kadang dilipat jadi segitiga, kadang dilipat memanjang jadi ala pashmina. Aku masih suka jilbab manual, meski sudah banyak beredar jilbab instan.

Jilbab paris

Dari segi bahan, aku memilih bahan paris. Jilbab paris tuh mudah banget dibentuk, nggak perlu disetrika, nyucinya gampang, dipakai juga nyaman. Oiya, karena kulitku sensitive, jilbab paris juga ngefek sih. dia lebih lembut gitu meski bergesekan dengan pipi. Aku ada jilbab jenis lain, bikin lecet dan jadi jerawat.

Peniti atau jarum pentul?

Nggak ada preferensi harus peniti atau jarum pentul, tapi lebih aman sih peniti ya. beberapa kali kejadian ketusuk jarum pentul sakit juga. Lagipula, jarum pentul kalau jatuh bisa bahaya buat orang lain.

Polos atau bermotif?

Rasanya aku lebih banyak punya jilbab polos deh dibanding bermotif. Karena biar lebih fleksibel untuk padu padan. Warnanya juga yang pastel kalem gitu, nggak suka yang gonjreng. Ada sih jilbab bermotif, tapi nggak berani yang motifnya aneh-aneh. Palingan geometri atau bunga kecil-kecil.

Inspirasi wanita arab

Aku sering melihat wanita-wanita keturunan arab di Indonesia. Hijab mereka itu simple banget, bahkan ada yang bisa tanpa peniti. Terinspirasi dari situ aku mencoba gayanya, ternyata pas untuk bentuk mukaku.

Pemilihan model hijab memang juga dipengaruhi bentuk wajah. Belum tentu aku cocok kalau niruin gaya hijab Ria Ricis atau Laudya Cintya Bella. buat yang baru berhijab, mungkin perlu waktu mencari jati diri gaya hijabnya.

Tutorial hijab ala Inayah

  1. Oke langsung saja ini langkah-langkah memakai hijab ala Inayah.
  2. Lebarkan jilbab segiempat
  3. Bagi jilbab menjadi ¼ vs ¾
  4. Lipat ¼ bagian
  5. Pakaikan ke kepala dengan salah satu sisi pendek, jepit di bawah dagu dengan 1 peniti
  6. Sisi yang panjang dililitkan ke atas kepala, jepit dengan 1 peniti
  7. Rapikan bagian depan dan belakang

Nah itu dia cara memakai hijab ala Inayah. Mudah banget kan? Selamat mencoba!

  1. Ping-balik: Tutorial Hijab Inayah
  2. ku juga lebih suka pakai jilbab segiempat.. tapi pakainya dilipat kayak pakai pashmina.
    soalnya kalo dilipat segitiga gitu jadi berantakan kemana-mana.. gak jago pakainya.. hehe

Tinggalkan Balasan