4 Amalan Puasa Yang Bisa Dilakukan Saat Sibuk

masjid-surakarta

Sedih karena Ramadan tahun ini kembali merasa keteteran menjalaninya. Kalau melalaikan amalan puasa karena alasan syar’i sih enggak terlalu dipikirin, tapi kalau karena urusan enggak penting kan nyesek. Tetap bisa menjalankan amalan puasa saat sibuk adalah nilai plus. Tapi aku merasa belum mampu. Padahal, amalan puasa tak hanya tarawih kan? Saat aktivitas sedang padat, kita bisa menyiasatinya seharusnya.

Berikut ini 4 amalan puasa yang bisa dilakukan saat sibuk. Semoga di sisa hari bulan Ramadan ini kita enggak keteteran lagi, lebih meluangkan waktu dan berani berkata tidak untuk hal yang sebenarnya bisa ditunda. Beda banget lah dengan Ramadan di masa kecil. Ramadan itu istimewa, apa mau dilewatkan begitu saja buat melakukan hal enggak jelas?

1. Tadarus

Mengaji tadarus bisa dilakukan dimanapun. Saat ini aplikasi smartphone memudahkannya. Sejauh ini, aku merasa ini amalan puasa yang paling fleksibel deh.  Kalau punya waktu entah di kereta atau menunggu dosen masuk, bisalah ya sehalaman.

Kalau yang ngajinya belum lancar bagaimana? justru ini kesempatan buat belajar dan berpahala banyak. Yakin kalau enggak Ramadan akan lebih nyadar? Ambience Ramadan itu asik banget kok buat mendekatkan diri dengan quran.

2. Berbagi takjil

Kamu kalau adzan maghrib berkumandang lagi dimana? Kalau aku tahun ini tiap jam buka puasa lagi di kelas. Berbagi takjil pahalanya setara dengan yang berpuasa. Percaya enggak? Sederhana sebenarnya, sebuah bakwa atau sebutir kurma bisa saja sangat berarti buat yang puasa.

Indahnya kebersamaan kuarsakan karena sebagian besar teman kuliahku non muslim, tapi aku difasilitasi takjilan yang sedap-sedap. Pizza, martabak, kolak, ada saja.

3. Sholat sunnah

Jam istirahat di bulan Ramadan terasa lebih panjang karena enggak makan siang kan? Bisalah ya ditambahi sholat sunnah dikala dzuhurnya.

Berbagi konten positif

Nah, sebagai orang yang berkutat di dunia perkontenan alias content creator…kan seru kalau kerjaanya dilipat gandakan pahalanya. Berbagi konten positif agar sibuknya berfaedah dunia akhirat.

4. Diam

Lagi sibuk, enggak mau diganggu, yasudah diam. Kadang diam bisa menjadi ibadah yang luar biasa terutama di saat dunia menuntut dan menggoda kita untuk berkomentar. Paham lah ya, pada masa konstelasi politik sedang panas-panasnya seperti sekarang ini.

Semoga…semoga…semoga masih dipertemukan dengan Ramadan dan dapat menjalani berbagai amalan puasa dalam nikmat iman Islam. Jangan lupa hitung zakatmu ya, kalau ini wajib.

One Reply to “4 Amalan Puasa Yang Bisa Dilakukan Saat Sibuk”

  1. […] berubah, teknologi membantuku banget urus ini itu sembari tetap menjalankan amalan puasa meski sibukamalan puasa meski sibuk. Aplikasi di smartphone udah kayak asisten pribadi selama ramadan ini. Apa saja sih […]

Tinggalkan Balasan