Food | Pekalongan

25 Tempat Buka Bersama di Pekalongan

Mei 7, 2019
ayam-karang-menanci-pekalongan

Sudah mau buka bersama di mana saja? Segera deh booking tempat biar nggak repot dan buka bersamanya khusyuk. Atau masih belum menentukan tempat buka bersama karena satu grup whatsap jawab “terserah” dan “ngikut aja”? yasudah, sini aku bantuin. Berikut ini 25 tempat buka bersama di Pekalongan dengan sistem beragam. All you can eat, paketan, atau ala carte.

1. Hotel Horison

Hotel horison lokasinya strategis banget, tepat di depan stasiun dan jalur pantura. Parkirannya luas, di bagian belakang. Horison menawarkan menu buka puasa all you can eat maupun paket. menurutku sih, buka bersama di hotel itu praktis. Tempat nyaman, adem, dan biasanya disediakan lokasi sholat di ruangan luas gitu.

alamat: Jl. Gajah Mada No.11A, Kramatsari, Pekalongan Bar., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51118.

2. Hotel Namira

Yang menarik dari hotel Namira adalah lokasi buka bersamanya bisa di rooftop. Lumayan ya kalau cuaca bagus bisa merasakan sunset gitulah. Hotel Namira berada di tengah kota, nggak jauh dari alun-alun kota Pekalongan. jadi kalau mau janjian, nyarinya mudah. Nggak ada yang bilangnya OTW eh PHP nggak nyampe-nyampe.

Baca: Buat yang suka bilang Otw kalau janjian

Gahwaji-outdoor-namira
sumber: https://namirasyariah.com

alamat: Jl. DR. Cipto Mangunkusomo No.70, Poncol, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51122

3. Hotel Pesonna

Tak jauh dari hotel Namira, ada hotel Pesonna. Aku sudah merasakan makanannya karena menginap di hotel syariah ini, worth it lah. Parkirannya juga luas dan mudah dijangkau.

alamat: Jl. DR. Cipto Mangunkusomo No.29-17, Sugihwaras, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51128.

4. Hotel Santika

Kembali lagi ke arah barat, hotel Santika tepat di depan stasiun, sampingan dengan hotel horison. Bukber keluarga cocok lah ya. saranku sih kalau buka bersama dengan peserta banyak gitu enakan di hotel dibanding rumah makan. Pakai prasmanan saja, hitunganya lebih murah. Kadang dari restoran hotel malah nyediain sound sistem segala. Nggak ada kasus menu A belum keluar atau sendok habis misalnya.

alamat: Jl. Gajah Mada Bar. No.7A, Kramatsari, Pekalongan Bar., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51118.

5. Teras Bali

Teras bali adalah restoran yang sudah cukup lama bertahan di Pekalongan. Menunya ada sop, iga bakar, gurame, nasi kebuli, dan teman-temannya.

Alamat: Jalan H. Agus Salim No. 72, Pekalongan Timur, Poncol, Pekalongan Timur, Poncol, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51129.

6. Selaras

Biasanya selaras sangat padat ketika musim buka bersama. Harganya terjangkau, parkirannya luas, kapasitas bisa dikondisikan (bisa lesehan). Nggak disaranin kalau mau buka bersama elegan di sini. Cocoknya anak sekolah gitu.

alamat: Jl. Sriwijaya No.2, Bendan, Pekalongan Bar., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51119.

7. Cabe merah

Rumah makan ini belum lama berdiri di sebelah barat lapangan Sorogenen. Menunya sunda dengan backsound musik sunda juga. Aku pernah pesan nasi bakar, sayur asem, seger sih. Tapi untuk musola dan parkirnya sangat sempit.

tempat-buka-bersama-pekalongan

alamat: Jl. H. Agus Salim No.45, Sugihwaras, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51129.

8. Foodmarket

Sudah beberapa kali aku makan di foodmarket. Jadi ini semacam foodcourt gitu yang lokasinya di kota Pekalongan. Tepat di pinggir jalur pantura arah Semarang, jadi kalau yang mudik gitu bisa banget melipir. Parkirannya luas, ada toilet, musola luas, pilihan menu banyak.

alamat: Jl. K. H. Mas Mansyur No.65-71, Bendan, Pekalongan Bar., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51119.

9. Sego dalem

Saat menuliskan ini aku terbayang nasi bakar isi telor asin pakai daun singkong dan sambel ijo. Sedap banget dan terjangkau. Segodalem cocok buat yang mau bukber dengan menu aneka nasi bakar.

alamat: Jl. Dr. Sutomo No.20, Baros, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51129

10. Sambel layah

Kalau pengen menu yang murah, minumnya dapat banyak, buka bersama rame-rame, ya ke sambel layah. Aneka penyetan disajikan disini. Ruamee banget, siap-siap gerah dan berisik ya bukbernya.

alamat: Jl. Raya Wonoyoso No.54 A, Pasangan, Kertijayan, Buaran, Pekalongan, Jawa Tengah 51171, Indonesia.

11. Pondok ikan bakar wiroto

bukber di pinggir laut? Wiroto sudah lama banget ada di pantai Pekalongan dengan sjaian menu seafood. Aku pernah makan di sini, worth it. Tapi siapkan budget yang lumayan ya.

alamat: Jl. Pantai Sari, Panjang Baru, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51141.

12. Soto kudus adi roso

Soto Pekalongan ada, ngapain soto Kudus? ya siapa tahu bosen kan dengan tauto. Soto kudus di sini segar banget bikin anget badan. Aneka sate dan gorengannya juga menggoda banget. Nggak ada musola sih tapi sampingnya ada masjid, parkiran sempit, tepat di jalur Pantura.

soto-kudus-adi-roso

alamat: Jl. K. H. Mas Mansyur, Bendan, Pekalongan Bar., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51119.

13. Obonk steak & ribs

Masak steak gitu kan lama, jadi saranku datang jam setengah 5an, meski kursinya banyak…mepet-mepet maghrib nanti makanan datangnya menjelang isya. Parkiranya luas dan nggak crowd lalu lintas di depannya.

alamat: Jl. Progo No.53A, Dukuh, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51146.

14. Bumbu ireng yu san

Bumbu ireng yu san belum lama masuk di Pekalongan. Menunya penyetan gitu tapi sambalnya khas, bumbu ireng. Harganya terjangkau, tapi ya gitu siap-siap berisik karena rame banget.

alamat: Jl. Raya Wonoyoso No.54a RW.05, Pasangan, Kertijayan, Buaran, Pekalongan, Jawa Tengah 51171.

15. Coffee and beyond

Kalau mau buka puasa elegan dengan pasangan atau orang terdekat, saranku ke cafe saja. Coffee and beyond misalnya, menyajikan menu khusus buka puasa. Tentunya harus siapkan budget lebih ya. Bisa dibilang coffee and beyond pelopor coffeeshop kekinian di Pekalongan.

coffee-and-beyond

alamat: aJalan. Diponegoro No.15, Dukuh, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51146.

16. Sego megono Usman

Nah mau buka bersama kelas ekonomi subsidi? Megono Usman pilihannya. Tapi jangan salah, ini warung angkringan legend ya di Pekalongan. Asik ngobrol-ngobrol tanpa mengejar wifi gratisan.

alamat: Jalan Alun-Alun, Keputran, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51127

17. Waroeng ayam bebek seafood wonopringgo

Kalau yang mau buka bersama di wilayah kabupaten Pekalongan tepatnya Wonopringgo, bisa nih jadi pilihan. Harga terjangkau, belasan ribu sudha kenyanglah. Tempat luas jadi bisa bawa rombongan ya.

alamat: Jln Raya Wonopringgo depan gang Masjid Gondang, Logaten Selatan, Rowokembu, Wonopringgo, Pekalongan, Jawa Tengah 51181.

18. SS

Menu sedepan dengan pilihan aneka sambal, ya SS lah jagonya. Kalau bawa rombongan sebaiknya booking dulu dari jauh-jauh hari ya.

alamat: Jl. Raya Sapugarut No.277, Sapugarut Barat, Sapugarut, Buaran, Pekalongan, Jawa Tengah 51171.

19. Eyang uti

Duh terbayang pecel pincuk dan sayur asem nih. Warung eyang uti terletak di area food market. Menunya aneka sedepan. Parkiran luas, ada musola, ada toilet.

Alamat: Jl. K.H. Moh. Mansyur No.86, Bendan, Pekalongan Bar., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51112

20. Mbah Gobres

Makan aneka seafood langsung di meja? Mbah gobres tempatnya. Aku tahu mbah gobres dari menu go food. Konsep begini masih pertama sih di Pekalongan. Boleh dicoba.

alamat: Jl. Sulawesi No.62, Kergon, Pekalongan Bar., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51113.

21. Warkop klentunk

Meski judulnya warkop, ada menu beratnya juga lho. Tempat bisa dikondisikan, ada outdoornya. Mudah dijangkau karena berada di jalur utama Kedungwuni.

Warkop-klentunk-kedungwuni

alamat: Gg. Kalong 1, Dukuh, Karangdowo, Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah 51173.

22. Warung sate gule pak Kono

Masih di wilayah kabupaten Pekalongan, ayam panggang pak Kono bisa dicoba.

alamat: Jl. Melati 3, Mlatendua, Karangsari, Kec. Karanganyar, Pekalongan, Jawa Tengah 51182.

23. Ayam panggang bu Se’ah

Ini rekomendasi teman sih, Bojong bukan wilayah jajahan aku di Pekalongan. Bnetuknya warteg gitu, tapi ayam panggangnya legend.

alamat: JL. Raya Bojong, Dukuh, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51146

24. Seafood Tony

Warung seafood pinggir jalan yang nggak ada harga di daftar menunya. Ngeri sih, tapi ternyata masih terjangkau kok.

seafood-tony-pekalongan

alamat: Jl. Hasanudin No.70, Sugihwaras, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51126.

25. Panderasa

Ini rumah makan yang pintunya banyak sticker review dari mana-mana. Sudah sering masuk TV dan majalah. Menu andalannya adalah Ayam Karang Menanci.

alamat: Jl. Imam Bonjol No.47, Kraton Lor, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51112.

Bukber di Masjid

Jika mau buka bersama tanpa bikin kantong jebol dan syari, bisa nih buka bersama di masjid. Nggak semua masjid di Pekalongan ada kajian dan buka bersamanya, aku rekomendasikan masjid Taqwa Pekajangan dan Masjid Jami Pringlangu.

Sudah ada gambaran mau buka bersama dimana? Pilihannya ada 25, itu sebenarnya masih banyak yang belum ditulis. Kafe kekinian seperti Diet kapan-kapan, WKwk, dan beraneka warung ayam geprek juga dapat dipakai buat alternatif buka bersama di Pekalongan. Bisa ditambahkan di kolom komentar ya kalau pernah buka bersama dimana gitu selain di atas.

  1. Ping-balik: 25 Tempat Buka Bersama di Pekalongan

Tinggalkan Balasan