Salah Bandara Lalu Naik KLIA Ekspres Yang Tercepat Se Asia Tenggara

Hal terkonyol apa yang pernah kamu alami saat traveling? Kalau aku salah bandara. Kejadiannya di Kuala Lumpur, saat hendak balik ke Indonesia. Aku sendirian, pertama kali ke luar negeri, dan bisa-bisanya sih salah bandara. Untungnya ada KLIA ekspres jadi bisa ngejar pesawat di bandara sebelah.

Tidak cek tiket

Salah satu keteledoranku adalah tidak membaca tiket dengan saksama. Ketika berangkat ke KL, aku turun di KLIA 2. Begitupun dengan Drupadi travelmateku. Kami beda pesawat, dia dari Bandung sedangkan aku dari Jakarta. Rencana baliknya juga gitu, kami cuma barengan ketika di Kuala Lumpur.

Baca: Budget trip 3 hari 2 malam di Kuala Lumpur kurang dari 1 juta

Aku yakin seyakin-yakinnya kalau nanti balik juga  dari KLIA 2. Apa sebab? Aku pakai pesawat low cost. Setauku, KLIA 2 pusatnya. Kalau KLIA buat pesawat-pesawat mahal.

Yang aku cek di tiket hanya jam keberangkatan saja. Hampir barengan sama Drupadi, tapi kami beda maskapai.

Dari Bukit Bintang Ke KLIA 2

Pagi itu usai checkout kami segera menuju stasiun kereta yang tidak jauh dari hotel. Biasa lah ya, naik rapid KL hingga KL sentral. Harganya 2.6 ringgit. Lumayan jauh sih tapi murah. Dari KL sentral nyambung ke bandara KLIA 2, naik bus biar murah. Tarifnya 12 ringgit, jauh banget lho.

Baca: Panduan kuliner halal Bukit Bintang KL

Mencari counter check in di KLIA 2

Jadwal penerbangan aku dan Drupadi masih lama. Kami keliling bandara dulu sambil nyari counter check in. Wow ternyata KLIA 2 lebih mirip mall dibanding bandara, pikirku.

Drupadi sudah check in di mesin, aku belum nemu. Naik ke lantai atas, atasnya lagi, nihil. Aku masih santai sih saat itu.

Akhirnya aku mendekati mba-mba security di lantai entah berapa.
“Where is the check in counter of XXX (nama maskapai)?”
“Hmm…please give me your booking ticket”
(Ekspresi dia agak kaget gitu dan aku sodorin aja bukti pesanan tiket).
Jawaban dia membuatku keringat dingin
“Are you sure?” Sambil memperlihatkan nama bandara di lampiran booking tiket.
“Oh nooo…KLIA. How to go to there?” Panik. Maklum aku pertama kalinya lho ke Malaysia.
“you can go to KLIA ekspres counter”.

Aku segera pamitan sama Drupadi. Kami nggak hanya pisah pesawat, namun juga bandara ternyata. Okelah.

Memesan Tiket KLIA Ekspres

Untungnya barang bawaan hanya ransel saja. Nggak repot buat lari menuju counter nya KLIA Ekspres. Aku belum ada bayangan kayak apa sih bentuk keretanya dan berapa lama ke KLIA. Fokus ke tujuan utama, beli tiket.

Oke ternyata tiketnya 2 ringgit saja. Nggak apa-apa sekalian ngabisin recehan ahahha. Dan jadwalnya berselang 15 menit, ngga perlu nunggu lama.

KLIA Ekspres dari KLIA 2 ke KLIA

Nggak bisa aku bayangin kalau salah bandara di Indonesia kayak apaan. Lha bandaranya jauh-jauh banget jaraknya. Antara KLIA 2 dan KLIA itu semacam dari terminal 1 ke terminal 3 kayaknya. Atau agak jauhan dikit lah, tapi ngga sejauh ke Halim perdana kusuma.

Gate klia 2

Menunggu KLIA Ekspres di area basement KLIA2 aku menyimpulkan kalau yang naik moda ini jarang ada backpacker. Langsung melihat baju yang kupakai, wow timpang banget sama orang-orang.

Saat kereta datang aku takjub. Wow bagus sekali. Dan longgar hahaa. Jaman itu di Indonesia belum ada kereta bandara. Bentuknya mirip kereta bandara di Indonesia kok. Tapi sepertinya nampak lebih mewah.

Perjalanan dengan KLIA Ekspres lewatnya bawah tanah. Sangat singkat, tahu-tahu nyampe aja. Jadi 2 ringgit terasa mahal untuk perjalanan ala backpacker. Tapi demi kecepatan dan kenyamanan sih kenapa engga.

KLIA Ekspres tercepat se-Asia Tenggara

KLIA Ekspres merupakan layanan kereta bandara yang menghubungkan pusat kota dengan Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA). Layanan kereta api bandara ini siap mengantarkan penumpang dari KLIA dan KLIA2 menuju stasiun Kuala Lumpur Sentral (KL Sentral), atau sebaliknya, dalam waktu setengah jam saja.

Katanya sih ini kereta tercepat se-Asia Tenggara. Aku percaya sih, whuzz whuzz banget tapi nyaman aja gitu di dalamnya. Oiya lampunya redup kuning jadi hawanya mewah. Mau nyoba? Coba deh cek Traveloka, ada lho. Bisa pesan di sini ya

Cara Menggunakan Voucher KLIA Ekspres

Misalnya kamu pesan voucher di Traveloka nih ya buat naik KLIA Ekspres ke bandara. Tinggal ke KL sentral saja lalu scan barcode yang diemail dari Traveloka saja di gate keberangkatan. Hemat tenaga dan waktu.

Salah Bandara mengajarkanku untuk tetap tenang meski panik. Fokus pada tujuan. Dan pastinya gara-gara kejadian ini aku jadi nyobain naik KLIA Ekspres.

5 Replies to “Salah Bandara Lalu Naik KLIA Ekspres Yang Tercepat Se Asia Tenggara”

  1. KLIA express emang enak, tapi sayang agak mahal , jadi kalau enggak buru-buru banget mah males ya mbak naik ini, mending bus yang cuma 10myr

    1. hehe iya, tapi kepraktisan dan kecepatan memang ebanding

  2. Naik KLIA Ekspres gara-gara salah bandara says: Balas

    […] Baca Selengkapnya […]

Tinggalkan Balasan