Destinasi Wisata Di Pekalongan Selain Grosir Batik

destinasi wisata pekalongan

Selamat hari jadi Pekalongan ke 113. Kota batik yang sedang membranding diri sebagai kota kreatif. Jujur saja aku belum begitu mengenal Pekalongan, daerah asal muasal KTP. Tapi karena sering ditanya mengenai destinasi wisata di Pekalongan, ini dia aku tulis secara lengkap. Tentunya lokasi wisata yang akan kamu baca ini selain grosir batik. Sebab tempat itu sudah pasti diketahui dan wajib didatangi.

Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan

Sebelum membahas terlalu jauh, aku mau bilang jika Pekalongan itu terdiri dari dua wilayah pemerintahan. Kota Pekalongan yang beribukota di Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan yang beribukota di Kajen. Bulan April itu ultahnya kota Pekalongan, sedangkan Agustus untuk kabupaten.

Jalur pantura, grosir batik, pantai, dan sebagian besar daerah yang dilalui ketika mudik itu masuk wilayah kota. Kalau kabupaten, lokasinya di sebelah selatan dengan kontur yang dataran tinggi. Ada sih sebagian kecil yakni kecamatan Wiradesa yang berada di wilayah pantai.

Destinasi Wisata Di Pekalongan Selain Grosir Batik

Jadi kalau aku bilang Pekalongan itu punya pantai dan gunung sekaligus, kalian harus percaya. Luas banget memang jika kota dan kabupaten digabungin.

Aku ber-KTP kabupaten, tapi juga memiliki self belonging kota. Soalnya Pekalongan tuh kayak sama saja sih nggak timpang antara Kota dan Kabupatennya. Dari sisi budaya, kuliner, termasuk infrastruktur.

Destinasi Wisata di Pekalongan

Oke cukup ya pengenalannya, sekarang kita bahas ke topik utama yaitu destinasi wisata. Pada dasarnya jenis wisata yang akan kamu dapatkan ketika ke Pekalongan itu dapat dibagi menjadi 5 jenis. Wisata alam, wisata belanja, wisata religi, wisata kuliner dan wisata sejarah. Mau yang mana? Silakan disesuaikan dengan preferensi masing-masing.

Wisata alam Pekalongan

Wisata alam ini cakupannya paling luas sebab ya seperti yang aku bilang tadi Pekalongan punya pantai sekaligus gunung. Dari pantai dulu deh, ada Pantai boom, pantai slamaran. Tapi jangan berharap banyak, namanya juga pantai utara. Pasirnya nggak putih, air lautnya juga kecoklatan. Beda dengan pantai selatan.

Wisata alam lainnya berada di kabupaten Pekalongan. Sebut saja linggo asri dengan bumi perkemahamnya atau Petungkriyono dengan puluhan curugnya serta hutan hujan tropis. Petungkriyono bisa dibilang destinasi unggulannya kabupaten Pekalongan untuk saat ini. Infrastruktur digenjot dimuluskan membelah hutan yang pekat.

Baca: ada air asin di puncak gunung 

Selain Petungkriyono, kalau nggak mau kejauhan nanjak sih bisa ke situs watu bahan di kecamatan Doro. tapi kalau destinasi wisata di kabupaten Pekalongan yang sudah mendarah daging buatku adlah perkebunan teh Jolotigo. Soalnya 3 bulan lebih ya aku tinggal di sana. dari praktik lapang hingga penelitian untuk skripsi.

situs-watu-bahan-doro-pekalongan_

Baca: Sedapnya teh Jolotigo peninggalan Belanda 

Wisata Belanja Pekalongan

Sudah pasti ya, kalau mau kulakan batik atau jins cocok banget di Pekalongan. kayaknya aku udha nggak perlu nulis banyak. Kembali ke judul nih, kalau sekadar mau belanja silakan ke grosir batik Setono atau IBC (international batik center), atau BBC (Buaran batik center). Tapi kalau mau dapetin pengalaman berbeda, saranku jangan.

Pengalaman berbeda itu semacam kita melihat proses mbatik, merasakan bedanya batik asli sama batik-batikan, membaui aroma kompor mbatik, and something likethat. Datanglah ke kampung batik Kauman, kampung batik pesindon, atau kampung batik kemplong di wiradesa.

Wisata Religi Pekalongan

Bagi sebagian orang, Pekalongan itu tempat pengajian rutinan. Tahu Habib Lutfi Bin Yahya? Pengajiannya selalu dijejali jamaah dari seantero bumi Indonesia. Pertemuan para ulama seIndonesia bahkan Dunia juga sering diadakan di Pekalongan. Nuansa religius kota ini memang kental kok. Bahkan salah satu branding kabupaten Pekalongan adalah kota Santri.

Di kota Pekalongan, destinasi wisata religi yang tak pernah sepi adalah komplek makam Sapuro. Masjid Kauman yang berada persis di sebelah barat alun-alun juga jangan sampai terlewat ya. Selain ikon kota Pekalongan, masjid ini juga saksi perjuangan kemerdekaan.

Baca: Makam Habib Ahmad Sapuro

Bergerak ke selatan, nuansa religi di kabupaten semakin terasa. Berbagai nama pondok pesantren terkenal seperti At-Taufiqi ada di sana. dari jaman aku kecil smapai setua ini pengajian kyai Taufik setiap selasa pagi selalu ramai. Di wilayah kabupaten Pekalongan, peziarah biasanya mengarah ke daerah Rogoselo yang masuk kecamatan Doro.

Wisata sejarah Pekalongan

Jenis wisata yang satu ini tidak terlalu popular ya di Indonesia. Aku sadari itu sih. Jangankan memahami sejarah daearah lain, kadang daerah sendiri saja belum paham. Aku mulai mengenal sejarah mengenai Kota Pekalongan setelah membaca buku “Pekalongan yang tak terlupakan”.

Baca: Buku sejarah kota Pekalongan 

Sebut saja yang paling mudah dijangkau adalah kawasan budaya Jetayu kota Pekalongan. udah muterin situ saja kita bisa dapat banyak informasi sebagai trigger menggali lebih dalam. Di kawasan budaya Jetayu ada museum batik yang merupakan bekas kantor industri gula, lalu kantorpos, gedung bakorwil, pabrik limun, dan klenteng pho an thian.

kawasan budaya jetayu pekalongan

Di depan monumen perjuangan kota Pekalongan, ada masjid Syuhada yang juga bersejarah. Itu lho masjid yang di depannya ada tugu bambu runcing. Jadi dulunya tempat itu merupakan markas Jepang. Pertempuran berdarah terjadi dalam rangka perebutan kemerdekaan di Pekalongan.

Baca: gedung tua saksi sejarah Pekalongan (yang pernah jadi café)

Wilayah kabupaten Pekalongan tak kalah sebenarnya soal sejarah. Tapi jujur saja aku belum nemu sumber yang valid. Baru cerita dari mulut ke mulut. Pemkab sudah menyusun buku sejarah kabupaten Pekalongan, tapi sepertinya tidka dijual untuk umum. Entahlah, perpusda nya saja aku nggak tahu ada dimana dan apa bisa dibaca online.

Wisata kuliner Pekalongan

Nahhh ini dia, traveling ke Pekalongan jangan lupa wisata kuliner. Khasanah cita rasa di kota batik itu sak pore (sak pore is mean keren…cool…mantep…versi Pekalongan). Perpaduan budaya jawa, arab, dan tionghoa yang bikin kayak gitu sih.

Baca: Oleh-oleh khas Pekalongan selain batik 

Yang wajib apa? Sego megono, soto tauto, garang asem, mi so dengkil. 4 kuliner ini aku nggak ada preferensi harus ke tempat ini atau sana, sebab soal selera kadang beda ya. Tempat terkenal belum tentu pas di lidah, eh yang pinggir jalan kadang malah cocok. Lagipula makanan tersebut cukup mudah dicari bahkan dnegan go food sekalipun.

ayam-karang-menanci-pekalongan

Tapi, ada makanan khas Pekalongan yang nggak ada di sembarang tempat. Namanya ayam karang menanci. Jujur saja aku baru merasakannya kemarin di rumah makan Panderasa kota Pekalongan. ini makanan legendaris dan hampir punah lho. Ayam karang menanci itu rasanya campuran antara manis, gurih, dan pedas rempah. Dagingnya lembut, ngga bikin nyangkut.

Resepnya sudah ada sejak 1930 dan sekarang masuk generasi ke-4. Kalau ingat masakan berbumbu gini sih bayanganku ke masakan India di Malaysia. Ternyata memang sejarah ayam karang menanci katanya gitu sih, sekali lagi ayam karang menanci adalah akulturasi kuliner antar Jawa, arab, dan India.

Puas dengan makanan berat, yuk ngopi. Pekalongan punya kopi yang khas nih, kalau di kota namanya kopi tahlil. Ini merupakan campuran kopi hitam, jahe, kapulaga, dan rempah lainnya. Nuansa budaya arab memang kental di kopi tahlil.

petungkriyono-pak-tasuri
Bersama pak Tasuri, Petani Kopi Petungkriyono

Sudah tahu kopi Owa? Wilayah Petungkriyono punya branding yaitu owa jawa. Owa itu bukan burung ya, melainkan sejenis monyet. Owa Jawa sudah hampir punah, dan petungkriyono merupakan habitat aslinya. Kopi merupakan komoditas unggulan di Petung sejak jaman Belanda.

Nah, dulu nih masyarakat masih suka membabat hutan sehingga mengganggu habitat Owa. Pengembangan kopi membuat masyarakat lebih fokus menjadi petani kopi. Sehingga habitat owa jadi lebih terjaga. Itu dia asal mula nama kopi owa.

Baca: menyesap kopi owa di petungkriyono 1500 mdpl 

Setiap bulan agustus, ada event festival 3000 piring nasi goreng di kecamatan Wonopringgo kabupaten Pekalongan. Wonopringgo itu terkenal nasi gorengnya justru bukan di Pekalongan, melainkan di Jakarta. Entah bagaimana sejarahnya, banyak masyarakat wonopringgo merantau di Jakarta untuk berdagang nasi goreng.

Hotel di dekat Stasiun Pekalongan

Sudah bicara ngalor ngidul destinasi wisata di Pekalongan, jangan lupa bahas gimana cara meninap. Tenang saja, banyak kok penginapan di sini. Tapi pasti kalian pengen yang kemana-mana dekat, terutama dengan stasiun Pekalongan.

Kereta api merupakan moda transportas terbaik jika kalian ingin ke Pekalongan. Meski sudah ada tol transjawa, kalau mau traveling sendirian lebih hemat berkereta.

Hotel horison Pekalongan

Hotel dekat stasiun Pekalongan yang pertama kusebut adalah horison. Lokasinya persis di seberang stasiun, jalan sedikit ke barat. Nggak perlu ojek, tinggal nyeberang. Aku sekali pernah nginep disini waktu ada event di kota Pekalongan.

Hotel Santika Pekalongan

Kalau Santika lebih dekat lagi ya dengan stasiun Pekalongan, beneran pas depan pintu keluar stasiun. Ibarat kata kamu teriak aja ke bellboy juga kedengeran ahaha. Suatu hari ada yang nanya ke aku di kereta, kalau dari stasiun ke santika naik apa. Tinggal ngesot saja ya paak. Sayangnya aku belum pernah nginep di Santika, kadang perlu alasan kuat buat check in di kota sendiri.

Hotel Pesonna Pekalongan

Kalau mau yang agak perjuangan dikit sih bisa ke Pesonna. Kalau gojek mungkin 3000 rupiah saja. Nggak jauh banget dari Stasiun. Kenapa aku rekomendaasikan? Karena hotel ini dekat banget ke alun-alun, kampung batik kauman, pesindon, termasuk Kanzus sholawat tempat pengajian Habib Lutfi.

hotel pesonna pekalongan

Pesonna itu hotel syariah, aku senang pas sekali nginep di sini. Soalnya ada alat sholat di kamar. Hotel baru, jadi nggak seram meski sendirian. Mau perlu apa-apa dekat semua disitu. Ada.

Hotel the Sidji Pekalongan

Aku sering merekomendasikan hotel sidji ke teman-teman karena nilai sejarahnya. Bangunannya benar-benar vintage. Berasa sedang nginep di rumah nenek ahahah kalau neneknya kaya raya turunan Belanda. Beberapa waktu lalu RI 1 menginap di hotel the sidji ketika kunjungan di Pekalongan. Hotel butik ini masih mempertahankan keantikan rumah keluarga Hoo—generasi keempat Peranakan di Pekalongan. Bangunan rumah yang sudah berusia 90 tahun ini kini dilengkapi berbagai fasilitas modern.

hotel the sidji pekalongan

Hotel Indonesia Pekalongan

Namanya unik ya? hotel Indonesia Pekalongan cocok buat kamu yang backpackeran, lokasinya di sebelah barat hotel Horison. Jadi, kamu tinggal ngesot saja dari stasiun Pekalongan.

hotel pesonna pekalongan

Hotel Damai

Pas banget nempel ke hotel Santika, hotel damai juga cocok buat kamu yang backpackeran. Kamarnya lumayan banyak, dari depan nampak kecil tapi aku biasa nengok lewat samping sih luas banget.

Event tahunan di Pekalongan

Sebagai bonus untuk tulisan ini, aku mau kasih tahu event tahunan mana saja yang worth it buat kamu datangi di Pekalongan.

Pekan batik nasional

Event pekan batik sudah berjalan 10 tahun terakhir. Biasanya dalam seminggu ada berbagai macam acara yang berpusat di kawasan budaya Jetayu. Tapi gong dari pekan batik adalah karnavalnya. Pekan batik biasanya dilaksanakan pada minggu pertama bulan Oktober.

Syawalan

Kalau syawalan sih sudah ada sejak zaman nenek moyang, mungkin sejak 113 tahun lalu seumuran dengan kota Pekalongan. Pada hari ke-7 bulan syawal, masyarakat berbondong-bondong melakukan berbagai kegiatan seperti pesta balon dan pemotongan lupis. Dengan semakin berkembangnya zaman, balon berpetasan ini semakin membahayakan. Mulai tahun 2018, festival balon dibuat lebih safe.

festival balon syawalan pekalongan

Baca: Festival balon udara syawalan di Pekalongan 

Lain di kota Pekalongan, untuk wilayah kabupaten punya event tahunan syawalan berupa arak-arakan gunungan megono. Lokasinya di obyek wisata lingo asri yang berada di jalur Kajen-Banjarnegara via Paninggaran.

Pekan raya kajen

Hari jadi kabupaten Pekalongan yang jatuh setiap minggu ke-3 Agustus diperingati dengan event pameran dan aneka pertunjukan di alun-alun Kajen. Ada pasar malam, pertunjukan musik, wayang kulit, karnaval batik dan aneka lomba.

Visit Pekalongan

Inti dari semua yang aku tulis ini adalah, silakan datang ke Pekalongan. Kota egaliter yang warganya suka pakai sarung dimanapun dan kapanpun. Destinasi wisatanya nggak hanya grosir batik, tapi ada beragam kategori yang bisa disesuaikan dengan minat dan budget. Kota dengan ritme selow. Pekalongan bukan tempat terbaik, tapi pasti punya cerita spesial untukmu.

16 Replies to “Destinasi Wisata Di Pekalongan Selain Grosir Batik”

  1. Wiiiiih… Ayam karang menanci bikin kebayang2 rasanya kaya gimana. Dari fotonya aja udah keliatan enak banget hehehe… 😀

    Menu ayamnya itu cuma ada di satu restoran (resep keluarga) aja ato ada restoran2 lain yg jual juga mbak?
    Menggiurkan banget buat dicobain klo pas mampir Pekalongan

    1. iya emang enak banget mba, bisa buat oleh-oleh juga lho ada versi frozennya. setauku memang cuma ada di RM Pande rasa.

  2. Komplit banget kak, tapi belum ada tempat untuk nongkrong nya. hehe

    1. ahaha bakal kepanjangan klo disertai kafe2an. lha sekarang banyak banget tempat nongkrong di pekalongan

  3. ko ngiler ya liat Ayam karang menancinya, kayanya kalo main ke pekalongan harus sempetin coba tuh ayam.

    1. iya,,,honest review lho ini. selain enak, ini makanan langka jadi worth it.

  4. Waaaah…. KOMPLIT!

    Terima kasih sudah membaginya, Inna. Pasti bermanfaat banget. Duh… aku jadi pengen ketemu lagi nih

    1. monggo mba mampir lagi ke Pekalongan

  5. kalau ingat pekalongan, aku ingatnya ke kamu aja. lengkap isi blogmu tentang daerah pekalongan.

    1. hihi makasih…soalnya yang dipahami baru Pekalongan. semoga bisa jadi referensi ya…

  6. kepengen bangat ke Pekalongan tapi selalu batal hiksss..

  7. iya sih aslinya banyak wisata alamnya juga…salam kenal dari kabupaten Batang

    1. wah Batang tuh alamnya banyak banget

  8. baru tau kalo pekalongan ada 2 pemerintahan
    ternyata punya pantai juga ya, kalo main2 ke pekalongan berarti ada temennya nih

    1. Iya Pekalongan lokasinya di Pantura. Bagian utaranya pantai semua

Tinggalkan Balasan