Mengenal Apa Itu DDOS dan Seperti Apa Dampaknya

January 10, 2019
Mengenal Apa Itu DDOS dan Seperti Apa Dampaknya

Setiap akses blog ataupun website terkadang membuat seseorang mengenal istilah-istilah baru salah satunya DDOS. Memang sampai detik ini ada banyak opsi bisa dijadikan sumber informasi bahwa dari semua tipikal proses aksesnya bisa menghadirkan banyak istilah menarik. DDOS ini mungkin belum banyak diketahui oleh banyak kalangan, karena memang istilahnya benar-benar masih asing bagi kalangan tertentu.
Mengenal DDOS memang menjadi sebuah kebutuhan penting karena memang ada banyak masalah yang sebenarnya bersumber dari DDOS ini. Nah, bagi kalian yang belum mengetahui apa itu DDOS sebaiknya cermati dahulu dari berbagai pengertian hingga beberapa cara pencegahannya.

Mengenal Apa Itu DDOS

DDOS sebenarnya sebuah singkatan dari Distributed Denial of Service Attacks. DDOS sendiri menjadi satu penyerangan oleh pihak hacker terhadap sebuah jaringan computer hingga pada perangkat server. Untuk perangkat server di dalam jaringan internet masih rentan terhadap serangan DDOS ini. Sehingga dampaknya terbilang cukup buruk yakni mampu menghabiskan resource hingga sumber daya yang ada di sebuah perangkat computer. Serangan DDOS ini akan memberi dampak cukup besar sehingga aka nada beberapa gangguan baik itu tak dapat menjalankan berbagai fungsi secara optimal.
Serangan DDOS memang masih bervariasi, bahkan sampai detik ini belum banyak yang mengenali semua tanda-tanda serangannya. Bagi seorang awam mungkin masih belum memahami bagaimana serangan DDOS yang biasanya terjadi secara mendadak tanpa disadari.

Tipe Serangan DDOS Oleh Hacker

Jenis serangan DDOS ini memang beragam, tetapi ada tiga varian yang masih umum terjadi pada perangkat computer hingga server diantaranya:

Serangan Virus

Pada tahapan pertama dari pihak hacker akan menggunakan sebuah teknik paling umum yakni berupa virus. Tipe serangan virus ini jadi sebuah kendala yang kerap terjadi pada pengguna computer. Bahkan sumber adanya virus secara tidak sadar sudah dapat diunduh dari media online. Proses download file dari media internet menjadi salah satu tempat dimana virus sangat mudah menyebar ke semua perangkat computer tanpa disadari.
Bahkan pihak hacker sendiri secara sengaja menyusupkan file ke dalam file sehingga saat computer terhubung ke internet secara otomatis virus langsung menggunakan serangan DDOS tersebut sebagai satu cara untuk merusak perangkat computer.

Menggunakan BotNet

Selain memanfaatkan virus sebagai media DDOS. Pihak hacker juga masih menggunakan sistem BotNet. Pada cara kedua ini terbilang cukup luas dari ruang lingkup serangannya. BotNet ini masih menggunakan sistem cloud seperti Amazone kemudian pihak hacker sudah membangun jaringannya untuk memperlancar penyebaran DDOS. Untuk itulah sistem BotNet ini masih di bawah serangan virus karena memang ruang lingkupnya tidak terlalu luas.

RailGun

Terakhir ada wujud dari serangan DDOS yakni RailGun. Mungkin belum banyak yang tahu seperti apa bentuk serangan dari RailGun ini. Tetapi pada dasarnya RailGun masih bisa memberri dampak cukup merusak pada perangkat server. RailGun nantinya bisa memberi serangan DDOS dengan beberapa tool pada pihak hacker. Meskipun berada di bawah BotNet, RailGun ini memiliki dampak kurang baik terhadap perangkat server bahkan bisa melumpuhkan server dalam hitungan menit saja.
Berbagai tanda-tanda serangan DDOS oleh pihak hacker ternyata mudah diamati seperti akses lebih lambat saat membuka file, bahkan membuka sebuah situs internet lebih lambat. Kemudian masih ada tanda lain yakni fitur pada website menghilang, hingga website tak dapat diakses sama sekali. Pada kasus paling parah, untuk sebuah email akan lebih sering mendapat kiriman email spam dalam jumlah besar.
Namun, sekarang Anda bisa lebih tenang karena serangan DDOS ini dapat dicegah. Menggunakan beberapa metode sederhana serangan DDOS bisa ditangkal. Lalu seperti apa metode untuk mencegah terjadinya serangan DDOS?

Trik Mencegah Serangan DDOS

Langkah mudah untuk mencegah terjadinya DDOS ternyata bisa dimulai dengan patch serta backup data secara berkala. Hal ini sangat berpengaruh terhadap tingkat keamanan data Anda kemudian bisa mencegah pembobolan pada sektor sistem cloud.
Tidak hanya itu saja karena untuk mencegah DDOS terjadi juga bisa menggunakan akses Firewall. Proses ini dapat memberi manfaat salah satunya mencegah serangan dari luar terutama yang langsung ke perangkat computer. Untuk tahapan selanjutnya memang cukup ekstrim yakni blokir IP yang menurut Anda kurang kredibel bahkan sudah banyak dicurigai sebagai IP kurang terpercaya. Tidak hanya itu saJa karena untuk langkah lain seperti menolak paket data hingga mematikan serive UDP.
Atau cara gampangnya adalah Anda bisa memesan hosting untuk website Anda yang memiliki security yang baik, salah satu web hosting terbaik di Indonesia adalah DomaiNesia. Karena memiliki security SSL terbaik.
Penggunaan anti virus yang dapat mengupdate database juga menjadi salah satu solusi tepat untuk mengcegah terjadinya DDOS. Sekarang metode untuk mencegahterjadinya virus baik itu pada sisi akses internet seperti browsing di website tertentu sampai beberapa proses lain saalah satunya mengunduh file. Serangan DDOS sendiri memang masih cukup masif sampai detik ini, kemudian untuk beragam keperluannya selalu bisa dijadikan modal penting untuk mengetahui seperti apa dampak serta cara mencegah serangan DDOS.
2 comments on "Mengenal Apa Itu DDOS dan Seperti Apa Dampaknya"

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature