Sudah Tepatkah Nama Blog Kamu?

Tips memilih nama blog


Heyyy apakah kamu salah satu pengunjung blog ini yang heran kenapa nama blognya ‘innnayah’ dengan N tiga biji? Oke nanti akan aku ceritakan. Pada postingan kali ini aku mau berbagi soal memilih nama blog yang sungguh ribet di awal. Mengapa harus susah-susah sih? Karena ada banyak parameter yang bakalan terkait dengan nama blog di kemudian hari. Yuk bahas satu-satu!


Nama blog adalah branding

Lagi-lagi aku harus bicara soal personal branding di blog. Sebelum jauh membahas konten, sepertinya orang akan ingat pertama kali itu ya dari nama blog. Nama blog sama kayak nama orang, nama toko, nama produk. Hal yang melekat dan bakal jadi identitas utama. Apalagi jika blognya memang untuk branding, mau nggak mau ya nama blog harus disesuaikan dong. Misalnya saja nama blog ini. Kenapa “innnayah” bukan “blog nya cewe cute” misal? Karena aku mau orang mengenalku secara pribadi, sebagai Inayah. Atau contoh lain blog aku yang wordpress, namanya Pekalonganku.com. Sebab disana aku pengen membranding blog sebagai blog yang membahas Pekalongan dari sudut pandang orang lokal. Paham kan sampai sini? Bagaimana jika terlanjur ngaco misalnya nama blog “curhatcewekgalau” tapi sekarang postinganya seputar parenting? That’s way dulu pas milih nama blog, aku minta saran ke banyak orang termasuk blogger senior. Salah satu petuahnya sih “kalau masih bingung mau dinamain apa, pakai nama sendiri saja.”


Nama blog terkait dengan niche atau tema

Jujur saja aku lebih percaya dengan nama blog yang sesuai dengan nichenya. Misal “belajar fotografi” dengan isinya memang seputar fotografi. Apakah google juga demikian? Nama nyambung sama niche blog. Aku punya blog cinematic.id yang membahas seputar editing dan kamera. Sedari bikin blog sudah diniatin begitu, jadi lebih fokus dan tertata.


Baca: Tips menemukan niche blog


Ketersediaan domain

Nahh ini dia. Pasti dari kalian banyak yang ngalamin kan? Sudah punya ancang-ancang blog dinamain begini begitu. Eh pas mau beli domain kok udah dipake orang. Kendala terutama buat nama blog yang bukan nama orang. Etapi nama orang kalau namanya pasaran juga susah lho kayak namaku ahahhaa. Aku pengen punya inayah.com, sesuai KTP gitu. Eh sudah ada yang punya. Begitupun dengan double ‘N’. Makanya ketika dapat nama domain bagus “Pekalonganku.com” itu seneng banget dan jadi semangat buat ngeblog di sana. Meskipun baru-baru ini blognya collaps karena malware dan harus reset dari 0. Hmmmm.


Ketersediaan di berbagai platform media sosial populer

Sekarang sudah jamannya blog itu dihubungkan dengan sosial media. Ada banyak sih sosial media, tapi yang populer saat tulisan ini ditulis adalag facebook-teitter-instagram-youtube. Paling engga, sebelum bikin nama blog dicek dulu tuh ketersediaan di socmed. Kalau sudah kepake orang, kurang asik juga. Untungnya “innnayah” dengan “N” tiga biji itu terlampau unik dan masih aman di seantero socmed ahahha.


Nama blog SEO friendly

Kayak yang aku ceritakan tadi, kita cenderung lebih merhatiin dan lebih inget sama blog yang namanya serta isinya nyambung. Logika google sebagai search engine terbesar saat ini kan mengarah ke logika manusia. Sebisa mungkin nama blog mudah ditemukan oleh mesin pencari maupun manusia.


Nama blog yang bawa hoki

Hoki dari nama blog itu bisa didapet misalnya karena namanya mudah sekali diingat. Selain itu juga mudah diketik, nggak rawan typo. Aku inget nama blognya Dita dengan Malesmandi.com dan Nahla dengan haloterong.com nya. Kalimat keseharian yang bakal keinget dengan mudah dan diketik dengan lancar. Malesmandi itu blog traveling, dan haloterong blog lifestyle. Kalau bicara niche kan ngga nyambung. Tapi aku rasa nama blog itu bawa hoki dan sangat unik. “Ah pengen baca review Dita pas ke Ipoh ah” langsung aja aku ketik “malesmandi ipoh” dan jreeeng muncul tulisan dia. “Duh Nahla pas nulis soal awkarin itu mau aku share ke temen ah” langsung ketik “haloterong awkarin” jebreet muncul. Kan asik!!!!

Jadi bagaimana, kamu merasa nama blog kamu sudah tepat? Atau berniat ganti nama? Jangan lupa bikin bubur selametan dan mention aku😆.

5 Replies to “Sudah Tepatkah Nama Blog Kamu?”

  1. jebretttt… semoga namaku bawa hoki hihihi biar ngga ada pikiran ganti nama hehe

  2. Kemaren pingin buat domain yg spesifik udh diacang acang rupanya udh ada pas mau beli domain, terpaksa putar haluan

    1. heheh begitulah harus segera dieksekusi

  3. ilmu blogging bertebaran

Tinggalkan Balasan