Mumpung Ada Tiket Pesawat Murah, Intip Itinerary 2 Hari Di Balikpapan!

November 23, 2018

itinerary 2 Hari Di Balikpapan

Rekor buatku di bulan Oktober kemarin terpecahkan dalam hal naik pesawat. Aku merasakan flight dari 7 bandara dalam seminggu. Urusan cari tiket pesawat sih nggak jadi kendala. Meski aku perginya ngga direncanakan sedari lamapun, masih bisa dapat harga wajar. Perjalanan pamungkas dari long trip tersebut adalah ke Balikpapan. Seru, keliling kota yang katanya punya biaya hidup sangat tinggi tersebut dengan motor. Yuk intip itinerary 2 hari di sana!

Mencari Tiket Pesawat

Karena Balikpapan itu di luar pulau, mau nggak mau harus naik pesawat dong. Nggak peduli deh dengan kasus kecelakaan, bagiku pesawat tetap terbaik meski ada opsi kapal. Di hapeku sudah tertancap aplikasi yang selalu siap siaga bantu buat traveling. Nyari tiket pesawat online saja lah ya sudah jamannya industri 4.0 kayak sekarang. Aku pakai pegipegi yang sering ngasih harga promo.
tiket murah pegipegi

Day 1

Bandara A.Yani-Bandara Sepinggan

Aku milih terbang dari A.Yani Semarang. Jujur saja sebagai warga jawa Tengah baru kali ini aku flight dari A.Yani. Wow, ternyata bandaranya baru dan kinclong. Andai saja engga pagi buta aku mau foto-foto di tamannya. Cuma sempat foto sama poster pak Jokowi saja ahahah. Habis itu nunggu boarding sambil ngedit video kerjaan.

Aku naik Lion Air jam 8 pagi dari Semarang, alhamdulilah tepat waktu untuk boarding dan take off. Meski selama perjalanan cuaca buruk, tapi aku tetap nyaman dan tidur pulas di dalam pesawat.

Bandara Sepinggan Keren
Langkahku di tanah Borneo dimulai dari sini. Bandara Sepinggan nggak secrowded Soeta tentunya. Desainya baru, bersih, dan ngga takut nyasar. Oiya ada mall juga di dalamnya.

Pelabuhan Semayang
Usai meletakan barang-barang di penginapan yang nggak jauh dari kantor walikota, aku mulai berkeliling kota ini dengan motor. Alhamdulillah, dapat pinjaman motor dari salah satu teman baik hati di Balikpapan.
itinerary 2 Hari Di Balikpapan

Lokasi pertama yang aku kunjungi adalah pelabuhan Semayang. Pelabuhan ini cukup besar dan nggak hanya dijadikan tempat bongkar muat barang. Akses keluar masuk manusia ke Kalimantan juga dari pelabuhan ini lho.

Kampung Atas Air
Motorku kembali melaju ke arah barat, melewati hamparan hutan dan area Pertamina. Rasanya kok damai banget sore-sore habis hujan motoran kayak gini. Aku parkir di pinggir laut, di kampung atas air.
itinerary 2 Hari Di Balikpapan

Yak, kampung atas air memang berada di atas air. Rumah-rumah di sini tadinya katanya kumuh, tapi sekarang sedang dalam proses penataan.
Melihat kehidupan di sini, semuanya wajar layaknya di kampung yang berada di atas tanah.

Pasar Kebun Sayur
Perjalanan hari pertama ditutup dengan mencari oleh-oleh di pasar kebun Sayur. Ehehe jangan berpikir di pasar ini banyak sayuran ya, justru kerajinan khas Kalimantan yang jadi andalan. Manik-manik, tas rotan, batu akik, jamu-jamu, kayu-kayu, bisa kamu borong. Selalu seru melihat pasar tradisional di berbagai daerah. Pasti ada ciri khasnya.

Day 2

Kebun Raya Balikpapan
Jangan telat bangun pagi! Aku memang berencana melihat kabut di hutan borneo. Perjalanan dari kota Balikpapan kurang lebih 1 jam (ngebut). Sebisa mungkin jam 6 pagi sudah tiba di kebun raya.
Hutannya benar-benar lebat dengan backsound aneka suara serangga. Benar-benar menakjubkan buatku.
itinerary 2 Hari Di Balikpapan

Perlahan, matahari mulai meninggi. Setelah berkeliling dan menikmati keasriannya, aku segera menuju destinasi selanjutnya.

Penangkaran Kucing Dan Beruang
Aku baru tahu ternyata dalam lebatnya hutan Kalimantan ada tempat penangkaran kucing. Jadi disini kucing dari warga dipelihara untuk diadopsi oleh orang lain. Di sini sebenarnya adalah tempat penangkaran Beruang.

Aku beneran bisa sedekat itu lho dengan satwa ini. Suasana hutannya juga kayak di filem-filem dinosaurus ahahah.

Pantai Lamaru
Meluncur jauh dari perbatasan Samarinda ke pojokan kota Balikpapan. Pantai Lamaru berjarak 25km dari penangkaran beruang. Wow, pantai pasir putih dengan kebun kelapa di tepinya.
itinerary 2 Hari Di Balikpapan

Yang seru di sini aku bisa beli kelapa muda utuh dengan sangat murah, 12 ribu sajaaa. Bandingkan dengan harga pecel yang 20ribu seporsi tentu ini aneh bagi orang Jakarta.

Sepinggan-Juanda
Untuk kepulangannya, aku memilih rute dari Balikpapan ke Surabaya via bandara Juanda. Biar bervariasi lah dan terasa greget travelingnya ehehe. Kadang dengan beda bandara, kamu bisa dapat harga tiket murah. Tentunya pertimbangkan juga dengan jarak ke lokasi selanjutnya.

Itinerary 2 hari di Balikpapan ini nggak ada agenda kuliner lokal ahaha. Karena jujur saja makanan di Balikpapan itu mahal-mahal. Biar aman, aku jajannya di tempat makan yang frencise gitu. Rasa sudah tahu, harga sama, sehingga aman di kantong ehehe.