Domain Rating dan URL Rating, Penting buat siapa?

August 29, 2018

Dunia blogger saat ini memang nggak jauh-jauh dari angka. Apalagi kalau blognya untuk menghasilkan uang. Jaman awal ngeblog, palinga rame soal adsense dan alexa rank. Saat ini ada domain authority, page authority, dan yang terbaru  adalah domain rating serta url rating. Penting nggak sih kita mengejar itu semua? Sebenarnya, tools ini buat siapa?
Domain Rating dan URL Rating


Domain rating (DR)

Domain rating itu peringkat yang didarkan pada kekuatan backlink yang terdapat dalam sebuah situs secara keseluruhan. Nilainya 0-100 dan makin besar makin bagus. Jika domain authority yang mengeluarkan adalah Moz, maka domain rating ini dikeluarkan oleh ahref’s.

Lalu apa bedanya dengan domain authority? kata pihak ahref’s nya sih domain rating ini lebih kuat korelasinya dengan peringkat di google. So, lebih valid gitulah.

URL rating (UR)

url rating adalah peringkat yang didasarkan pada kekuatan baclink url target. Sama dengan DR, UR ini makin besar nilainya makin dianggap bagus dengan maksimal nilai 100. Lalu aku jadi teringat dengan google pagerank yang ebberapa tahun belakangan sudha tidak dipakai lagi. Padahal jaman awal ngeblog, pagerank tuh kayaknya krusial dan jadi bulan-bulanan banget.


Intinya pagerank dan UR itu mirip, tapi UR yang diciptakan ahref’s katanya sih lebih besar korelasinya dengan peringkat google. Begitupun dengan page authority yang dikeluarkan oleh moz. UR ini sejenis kok dengan PA (page authority).

Penting nggak penting

Sedikit penjelasan ini semoga nggak mengendurkan semangat buat ngeblog ya. angka-angka peringkat ini penting nggak penting kok. Blogger itu bikin konten sebaik mungkin, sesuai kaidah aturan yang saat ini berlaku. Kalau sudah dijalain, entah itu namanya DA dab PA atau UR dan DR akan baik-baik saja.

Monetisasi blog

Berbeda dengan moz yang memperbolehkan kita mengakses dan menbgecek peringkat blog dengan gratisan, ahrefs ini berbayar. Jadi, aku merasa tools ini memang sasaranya buat brand. Maksudnya buat pihak yang mau mengajak kerjasama dengan kita. Big data yang dimiliki ahref’s itu bisa dimanfaatkan.

Lalu bagaimana jika ada brand yang menanyakan DR dan UR sebelum bekerjasama? Seharusnya mereka sudah tahu data kita. Baru setelah itu mereka mengajak kita sebagai blogger untuk bekerjasama jika memang blog kita masuk dalam kriterianya. Untuk info lebih detail, bisa cek langsung ke website ahrefs. 

Ngeblog tanpa beban

Semua blogger pasti ingin ngeblog tanpa beban ya kan? Nggak banget kalau hobi kita dibatasi dengan angka-angka. Berbagi ya berbagi saja. Bukan peringkat yang kita jadikan target utama. Itu sih kalau aliran ngeblognya kayak aku ehehe. Mungkin ada blogger militan yang menjadikan blognya sebagai senjata utama mengunduh pundi-pundi uang. Nggak salah kok jika segala angka ini sebagai trigger. Yang sebaiknya tidak dilakukan adalah meremehkan blog lain hanya karena peringkatnya lebih rendah. Seperti itu.
24 comments on "Domain Rating dan URL Rating, Penting buat siapa?"
  1. Sendiko.. Ngeblog tanpa beban.. Biar ngalir saja

    ReplyDelete
  2. aku mah apa... gak kuat mikirin angka2 gitu... udahlah nulis aja.

    ReplyDelete
  3. Awalnya ngeblog tanpa beban, tengah-tengah mikir angka tapi melihat angka blog semakin menurun bikin hati galau. Akhirnya balik lagi, ngeblog suka-suka, yang penting nulis. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw iya ya gitu apalagi aklau udah ditanya agency

      Delete
  4. untuk saat ini sepertinya gue enggak mau terlalu ribet. mau konsisten aja gitu, tiap minggu minimal ada tulisan. dan sering'' blogwalking.

    tapi penting juga sih. sambil dijalanin aja kayaknya untuk mempelajari semua ini.

    cie gitu

    ReplyDelete
  5. Oh jadi domain rating dan DA itu sepupuan ya? yoh kayaknya kok beda sitik ya palingan

    ReplyDelete
  6. Awal ngeblog sih nothing to lose, pas ternyata postingan rame jadi mikirin angka, trus sekarang nothing to lose 'suka-suka' lagi yang penting konsisten rilis postingan. Susah banget melawan M hm.

    ReplyDelete
  7. Salam kenal, saya ngeblog untuk ngeblog aja... hehehe... belum pede juga monetasi dengan terima review macam-macam.

    ReplyDelete
  8. Akupun.. ngeblog mah berbagi gitu aja.. selain gak terbebani , gak begitu paham soal angka.. hihi..

    ReplyDelete
  9. Ngeblog tanpa beban tuh ena banget, walau curhat receh tapi ena, kalo ada job asal nda membebani ena juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yay,,bener banget ya Mir begitupun dengan socmed lain

      Delete
  10. eh ramee ni blogger blogger ngumpul hehe btw ada komunitas blogger gak sih? Kalau ada aku mau ikut hehe soalnya masih newbie bgtt

    ReplyDelete
  11. Yang penting bisa salurin bakat aja, uang ya ngikutin bakalan

    ReplyDelete
  12. saya baru belajar ngeblog hehe

    ReplyDelete
  13. Wah jadi begitu rupanya, awalnya saya kira DR sama UR itu sama saja

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature