Keuntungan Iklan Facebook Bisa Membantu Anda Mencari Konsumen

Facebook menjadi salah satu media sosial yang hingga saat ini banyak digunakan oleh pengguna internet yang ada di seluruh dunia. Untuk memaksimalkan pelayanan yang diberikan oleh Facebook untuk para penggunanya, maka media sosial tersebut juga memberikan fasilitas iklan Facebook. Jasa iklan ini sangat membantu untuk Anda yang memiliki toko online karena bisa membantu dalam mencari atau menggaet konsumen pengguna Facebook.
Keuntungan Iklan Facebook Bisa Membantu Anda Mencari Konsumen

Walaupun terlihat sederhana, namun, untuk beriklan di Facebook tidak semudah yang diperkirakan. Ada point-point penting yang harus Anda perhatikan dengan baik sebelum Anda mulai beriklan. Pertama adalah ketahui dahulu siapa sasaran pasar Anda. Cara ini sama seperti Anda bermarketing secara langsung atau offline sehingga iklan bisa lebih tepat sasaran dan tujuan Anda bisa lebih tercapai. Anda bisa membedakan sasaran pasar Anda berdasarkan pada demography (usia dan jenis kelamin), geography (lokasinya), timing (waktu pengiklanan), behavior (perilakunya misalnya apakah pengguna mobile, wifi based, pengguna tablet atau digital marketer), connection (berdasarkan koneksi misalnya teman dari orang yang like atau subscribe online shop Anda).
Kedua adalah dengan mengetahui basic cara untuk membuat iklan yang menarik. Baik dalam penggunaan iklan yang disediakan oleh Facebook ataupun yang lainnya, Anda harus tahu bagaimana cara membuat iklan yang baik. Agar lebih bisa menarik perhatian dari orang yang melihatnya maka Anda harus membuat champagne yang menggabungkan antara teks dan gambar. Teks yang Anda tulis harus singkat, padat, jelas dan menarik sehingga menyebabkan orang yang melihatnya ingin melakukan klik pada link iklan tersebut. 
Untuk gambar, pilih jenis gambar yang mewakili iklan yang Anda buat. Misalnya Anda ingin membuat iklan dengan menggunakan jasa iklan Facebook untuk mengajak mengunjungi toko online Anda sebagai perkenalan awal sehingga orang lain tahu online shop yang Anda miliki, dan online shop tersebut menjual sepatu. Maka gunakan gambar sepatu atau gambar terbaik dari produk yang mewakili isi dari iklan serta gambar tersebut harus menarik. 
Ketiga adalah menggunakan fitur tambahan yang disediakan oleh Facebook. Dengan menggunakan fitur tersebut maka tujuan pengiklanan Anda bisa lebih cepat terealisasikan. 
Ada beberapa fitur dari Facebook ads yang bisa Anda manfaatkan yaitu:
  • Custom audience untuk Anda yang mempunyai database email dari customer misalnya Anda mempunyai banyak subscriber. Nantinya Anda dapat memasukkan list email ke Facebook sehingga sistem dari FB tersebut dapat mendeteksi pengguna atau pemilik akun dan nantinya iklan tersebut bisa ditampilkan di Facebook orang tersebut. 
  • Retargeting untuk pengguna internet yang pernah mengunjungi website Anda sehingga iklan tersebut akan muncul dengan gambar dari halaman online shop milik Anda yang pernah dikunjungi oleh pengguna internet tersebut. 
  • Conversion tracking yang bermanfaat untuk bisa mengetahui berapa jumlah dari orang yang mengisi form yang sudah Anda sediakan sehingga Anda bisa tahu apakah iklan yang Anda pasang tersebut efektif atau tidak. 
  • Look alike audience dengan target audience baru yang mempunyai kemiripan karakter dengan audience yang lama. 

Point keempat agar iklan Facebook yang Anda pasang sukses adalah dengan mengkonversi yang tepat. Pada proses ini Anda butuh evaluasi untuk menilai apakah iklan tersebut efektif atau tidak sesuai dengan yang Anda inginkan untuk bisa mencapai target atau tidak. Anda bisa membuat perbandingan antara 2 iklan yang Anda pasang untuk melihat iklan mana yang lebih efektif. Jika tidak efektif maka Anda harus menggunakan strategi yang lainnya. Ternyata sekarang di situs belanja online  sudah bisa mencari jasa untuk memasang iklan facebook, langsung saja kunjungi situs bukalapak.com untuk mencari jasa iklan facebook sesuai keinginan anda. Good luck.

15 Replies to “Keuntungan Iklan Facebook Bisa Membantu Anda Mencari Konsumen”

  1. banyak yang berhasil dengan iklan facebook terimkasih atas share yang sangat bermanfaat ini

  2. Aku baru pakai FB Ads, tapi kayaknya hanya mempertinggi impression aja ya? Apa karena pesan/gambarnya salah?

  3. bukalapak makin keren aja deh, apa apa ada. jujur kalo belanja aku lebih suka di BL soalnya pengirimannya kerasa cepet gitu (ternyata BL waktu standar kirimnya emang cuma 2 hari)

    tapi kalau jualan, fitur jual dia kurang user friendly atau mungkin karena barang yang aku jual gak umum jadi gak ada kategori yang pas. dan gak kuat sama pressure ngirimnya yang kudu cepet. makanya cuma upload yg readystock aja

    1. Gustyanita Pratiwi says: Balas

      Masa nyin? Aku tertarik beli komik bekas tu di bl, di olshop laen blom nyoba
      Referensinya banyakan di bl

    2. iya nih sampai iklan aja dijual ya

  4. Haryadi Yansyah says: Balas

    Paaaaas banget, kemarin aku sempat coba bikin iklan FB. Eh Fanpages tepatnya. Tapi pas mau bayar gak jadi, masih mikir-mikir haha, ntar deh kalo dapet JR yang gede banget, bonusnya aku iklankan di FB hwhwhw.

    omnduut.com

    1. yeyey selamat mencoba lagii

  5. Aku belum pernah ngiklan nih, ku sedikit kesulitan dalam bayar membayar wkajsjsjsk

    1. bisa pakai debit kan…

  6. Mirna Kei Rahardjo says: Balas

    Malem-malem baca tulisan berilmu gini sungguh berfaedah.. selama ini aku bikin iklan di FB cuma biar dapetin traffic walaupun nyatanya cuma dikit yang klik, banyakan impression… tapi manfaatnya mayan banget yak iklan FB kudu dimaksimalin dan belajar lagi biar sesuai pemanfaatannya

  7. Gustyanita Pratiwi says: Balas

    Aku justru isin je ngiklan di fb, byk yg ga mudeng blog, klo liat critaku jln2 yg ga mudeng ini ntar ngira aneh2 ahahaaa

    1. heheh kamu ga usah ngiklan juga udah rameee

  8. Saya baru sekali menggunakan FB Ads. Kayaknya masih harus banya saya pelajari untuk beriklan di sini 🙂

Tinggalkan Balasan