Persiapan Sebelum Belajar Masak Buat Pemula

resep koki, resep koki co, resep masakan, situs resep masakan

Seorang wanita harus bisa masak,
saya meyakini itu sebagai fakta dan bukan sekedar mitos. Buktinya, masakan ibu
atau nenek kita selalu menjadi hal yang dirindukan. Lalu adakah standar ‘bisa
masak’ itu? apa ada sertifikasinya?

Kemampuan seseorang yang ‘bisa masak’ itu
menurut saya kualitatif banget. Kecuali kamu sekolah koki atau sekolah kejuruan
yang di akhir periode ada ujian serta ijasahnya. Saya bisa masak lho, sekedar
masak ala anak kos pakai heater dan majicom sih. Buat kalian para cewek yang
merasa masih newbie alias pemula di dunia masak-memasak, tenang saja. Jaman sudah
canggih, ngga perlu banget kursus tata boga ko. Kamu bisa membuat masakan ala
resep koki sendiri di rumah. Tentu bukan dengan delivery
order ya, ahahaha. Nih, kita perlu beberapa persiapan sebelum belajar memasak. 

1| niat dan tekad

‘lho,,anak cewek ko nggak bisa
motong melon sih’ itu kalimat dari ibunya teman saya. Waktu itu pas mau buka
puasa di rumah dia, ya…saya bantu-bantu nyiapin juga. Ternyata komen si ibu
begitu. Untung saja saya ngga lagi ngegebet anaknya si ibu, kalau
iya…habislah sudah dicoret sebagai calon mantu idaman.
Hal-hal seperti ini sering saya
alami, dan makin lama makin memunculkan tekad buat belajar masak. Meski pada
keyakinan terdalam, kemampuan itu bakal datang dengan sendirinya di kemudian
hari wkkwkw. Eh ini serius, teman-teman yang sudah pada nikah kok rasanya
mendadak pada jago masak gitu. Padahal dulunya mah, boro-boro tahu mana itu
daun singkong mana kangkung.

2| Peralatan Masak

Yaiyalah, kudu ada alat masak. Minimal
banget heater dan majicom. Dengan majicom saja kita bisa berkreasi macam-macam
lho. Lain cerita kalau kamu ngga ngekos, pasti lah di rumah udah ada panci dan
teman-temannya. Kalau cerita teman yang kuliah di Jepang sih, dia mengandalkan
microwave. Ngga berasap, tinggal colok ya kan?

3| Resep Masakan

Gimana, masih suka gunting resep masakan di tabloid? Atau, nyatetin pas ada acara masak-masak di tivi? Itu mah cewek
90an banget, cewek milenial cukup modal paket data atau wifi hihii. Andalan saya
nih, buka situs Resep Koki. Di sana ada kumpulan resep masakan baik lokal
maupun dunia lho. Sebenarnya kan sudah banyak banget ya aplikasi atau situ yang
memudahkan para ibu atau calon ibu ahahaha nyari ide masakan, tapi resep koki
ini mengedepankan kepraktisan buat dicoba sendiri.
Tampilan situsnya mobile
friendly, mau buka dari PC…tablet…atau smartphone mah ngikut aja enak
dilihat. Oiya, ada artikel-artikel menarik juga lho di resep koki. Tentunya masih
berkaitan dengan dunia dapur ya. mau kumpulan resep sepaket buat sebulan? Ada
juga, hihiii. Misal nggak mau ketinggalan resep terbaru, langganan aja
newsletternya.

4| Kamera

Yuhu…biar masak makin semangat,
bisa sambil foto-foto. Selain bisa buat dokumentasi, ya siapa tahu kalau sudah
diupload ke sosial media jadi lebih bermanfaat ya kan?

Tidak ada kata terlambat untuk
belajar masak. Para pemula entah itu cewek-cewek yang mau meluluhkan hati calon
mertua atau ibu-ibu yang sehari-hari rempong sampai lebih milih delivery atau
dimasakin, yuk cuss…dapur.

42 Replies to “Persiapan Sebelum Belajar Masak Buat Pemula”

  1. Mirna Kei Rahardjo says: Balas

    Kamera ya nay, teteup sebelum masak jepret.. setelah masak jepret lagi hehehe

    1. biar semangat Mir hehe

  2. aku buka post-post'an ini karena foto di artikelnya lho mbak nay (ya walaupun ending-endingnya juga mbaca artikel sampe selesai hehehe) eyecathing bener dah. itu pake tambahan lighting gk mbak? *penasaran*

    1. engga, pakai cahaya alami matahari pagi

  3. hahahah.. masak juga tetep ya nay nyanding kamera.semua harus diabadikan 🙂

  4. aku mau tanya mbak, kira kira cara meminimalisir ke gagalan resep makanan untuk pertama kalinya gimana ya ? supaya orang yang menjadi kelinci percobaan ku ga terlalu menderita… hihihi

    1. ahah ikuti resep plek jiplek. klo misal salah, berarti resepnya ga bener wkwkwk

  5. dlu aku berangan2 punya dapur yang ada monitor gede dengan koneksi internet khusus untuk search resep dan video masak. Jadi kan pas masak sembari dipandu layar tsb. dapur digital ceritanya, tapi malah "ngetoki" nek gak gape masak ya? hahaa…

    1. bawa tablet ke dapur aja cukup hihi kalo sekarang

  6. laili umdatul khoirurosida says: Balas

    Mungkin nanti kalau udah nikah terus baru aja belajar masak, aku bakalan jadi ibu ibu yang masak sambil liat resep di gadget hahaha

    1. iya, gapapa kok. kan kalau kepepet malah ga males

  7. Saya belajar masak ketika menjadi taruna Akabri.
    Tapi hanya sekali saat latihan keluar kampus.
    Kalau masak nasi goreng atau mi instan sih bisa
    Terima kasih tipnya
    Salam hangat dari Jombang, Jawa Timur

    1. aseeekk…fav aku pak dhe, nasgor

  8. resep masakan tuhh nomor satu banget kalo aku

  9. Kalau lagi ada mood nya sich bisa masak beberapa macam masakan Nay. tapi kalau sudak keluar malasnya mentok-mentok masak mie instan doang hehehehe.

    Foto-foto mu selalu apik dech.

    1. makassi kak, iya aku juga. masak klo lg bosen jajanan

  10. oalah resep koki toh 😀

  11. ‘lho,,anak cewek ko nggak bisa motong melon sih’ <– ibunya langsung aku lempar pisau #emosi #kejam #justkidding
    salut sama mbak inay yang langsung ngejadiin omongan si ibu tadi sebagai motivasi. kalau aku malah suka ngeles dulu kalau disuruh belajar masak hehehe.

    1. bwkakaka KDRT dong lempar piso

  12. aku yang sudah emak-emak aja malas masak nay, kalau gak terpaksa kayanya gak masak hehe

    1. sing pennting adaaa…ya mba

  13. Kemampuan masak aku sampai sejauh ini masih jauh dibawah standard sih, paling cuma sekedar dicemplung2 doang haha

    Semangat Naaay, biar disayang mertua ntar hehe.

    1. plis atuh para calon mertua lihat postingan ini hahahha

  14. Aku suka liat resep di cookpad ;D

  15. Kezelll kalo ada yang komentar soal kita gak bisa masak. Grrrr