Jika Paketan JNE mengalami Criss Cross (tertukar)

January 05, 2017

Pagi ini saya merasa lega setelah melakukan tracking paketan JNE. Akhirnya status barang DELIVERED juga. Penantian panjang 10 hari, follow up Jne pusat juga agen dimana saya mengirimkan paket sudah dilakukan. Ini pertama kalinya saya mengalami problem bernama CRISS CROSS saat mengirim barang menggunakan JNE. Sebelumnya, saya tidak mengetahui apa itu CRISS CROSS. Untunglah teknologi sudah canggih, komplain ke JNE bisa dilayani via twitter dengan cepat. Kerjasama antara penerima, pengirim, Pihak agen, dan JNE sendiri harus ada agar CRISS CROSS cepat terselesaikan. Pengalaman ini menjadi pelajaran untuk saya agar lebih teliti lagi saat mengirimkan barang lewat jasa ekspedisi.

Apa Itu Criss Cross

Sekitar tiga hari sejak pengiriman barang, saya mulai tracking nomor resi lewat situs online JNE. Terlihat paketan saya sudah sampai Jakarta, alhamdulillah. Tapi, kenapa receivernya CRISS CROSS? Awalnya saya pikir ini nama orang, tapi STATUS masih ON PROSES.

Setelah cek di google, ternyata CRISS CROSS adalah istilah untuk paketan yang tertukar. Bisa juga terjadi jika alamat di resi berbeda dengan alamat yang ditulis pada paket. Apa? Trus gimana?
Ketika saya cek lebih teliti ke lembaran bukti kirim (sebut saja kertas resi) terlihat jelas bahwa agen JNE tempat saya mengirimkan paket salah tulis alamat. Di paketan saya sudah menulis alamat tujuan di Jakarta Barat. Yang tertera pada kertas resi, alamatnya di Jakarta selatan. Fatal sih menurut saya, karena di sistem jadinya terdata sebagai paketan ke Jakarta Selatan kan? Paketan tidak akan menemukan alamat, alamatnya palsu.

Jangan Panik

Ketika mengetahui telah terjadi kesalahan pada agen, saya langsung menghubungi agen JNE yang bersangkutan. Dari agen itu, saya dilempar ke agen JNE pusat Pekalongan. komunikasi masih manual dengan telepon, alhamdulillah nomornya se-provider dengan saya semua jadi bisa gratiiiss hahaha. Dari JNE Pekalongan, saya dilempar lagi ke bagian outbond.

Jika ini paket isinya barang murah sih saya ngga terlalu heboh. Kebetulan sedang ada transaksi dengan sebuah e-commerce. Paketan yang CRISS CROSS ini isinya smartphone yang hendak saya return karena tidak sesuai harapan. Jadi, di sisi lain saya ditekan juga oleh pihak e-commerce juga penjual.


Komplain Lewat @JneCare

Merasa alur yang tidak jelas, langsung saja saya  by pass ke twitter @jnecare. Modal paket data doang ya kan? Sepertinya memang banyak yang komplain lewat twitter, tapi sabarlah pasti punyamu kebagian dibalas kok. Jawaban pertama, saya diminta mengirim direct message berupa alamat penerima secara lengkap beserta nomor telepon.

Sering-sering saja untuk follow up status laporanmu ya, paling nggak sehari sekali. Paketanku ini beres 5 hari setelah saya membuat laporan.

Pentingnya kode pos

Jangan sepelekan kode pos ya, karena andai saya menuliskan kode pos di paketan...CRISS CROSS kemungkinan tidak akan terjadi. Kalau kamu nggak tahu kode pos nya berapa, cek di google saja. Kejadian kemarin itu, si penerima memang tidak memberikan kode pos.


Telepon Juga Penting

Nah, biasanya sih agen JNE mewajibkan pengirim memberikan nomor hape yang bisa dihubungi milik pengirim serta penerima. Kebetulan saya lupa menuliskannya di paketan, tapi pihak agen tidak mempermasalahkannya. Ini fatal.


Cek Alamat Pada Resi

Sudah bertahun-tahun saya memakai pos Indonesia, Tiki ataupun JNE untuk mengirimkan aneka macam barang. Setiap menerima resi, fokusnya di biaya sama nomor resi saja. Mulai sekarang, coba cek alamatnya. Barangkali ada typo atau hal yang kurang lengkap.

Standar Pengiriman Paket

Kalau mengirim paket, nggak mesti di agen tertentu sih. Nah, biasanya semua agen itu punya standar yang sama. Ini adalah standar yang biasanya harus dilewati:
  • Pengirim memberi tahu Isi paketan
  • Pengirim memberi tahu harga barang
  • Pengirim memberi tahu nomor telepon pengirim dan penerima
  • Agen mewajibkan kotak kayu jika isinya barang elektronik

Saat pengiriman kemarin itu, hanya nomor 1 saja yang dilalui. Selanjutnya semua terserah pengirim.
Kita sebagai konsumen harus proaktiv ketika menggunakan jasa ekspedisi. Kasus CRISS CROSS tidak perlu terulang lagi meski mengurusnya juga tidak terlalu rumit karena bisa diproses customer care JNE.
Kamu punya pengalaman serupa?

39 comments on "Jika Paketan JNE mengalami Criss Cross (tertukar)"
  1. Aduh. Kalau ada kiriman yang kita tunggu dan itu penting, lalu ternyata tertukar, pasti rada-rada deg-degan nunggu solusinya. Tapi standar pengiriman barang memang harus ada agar pelanggan aman dan nyaman ya.

    ReplyDelete
  2. aq belum pernah sih, tapi makasih mbak udah diingatkan :)

    ReplyDelete
  3. aku trmasuk srg bgt belanja online.. dan so dar slalu puas kalo pake jne ;).. blm prnh ada masalah... kecuali delivery lebih lama kalo deket ama peak season, wajarlah yaaa ;).. kalo pake delivery yg lain kayak pos dan tiki aku malah udh kapok mbak.. krn seringnya masalah mulu -__-.. makanya aku anti pake 2 itu.. drpd kerempongan lagi ngejar2 paket yg ntah kemana...

    ReplyDelete
  4. Dulu, pernah juga kejadian begini... tapi kesalahan bukan dipihak saya yang waktu itu sebagai pembeli atau penjual, karena kesalahan pada saat peletakan kode gitu oleh petugas. Untung bisa kembali, kuncinya emang sabaaar, dan sering tanya perkembangan hehe

    ReplyDelete
  5. Kalo aku ngirim pesan sama JNE ...bingung dinya...heee

    ReplyDelete
  6. Criss cross kayak nama band bocah amrik jadul. Syukurlah kirimanku belum pernah tertukar.

    ReplyDelete
  7. kalau ketuker sih belum pernah, dan jangan sampek
    tapi paketku pernah gasampek dan aku kecewa banget sama si JNE
    meskipun isinya sticker tp harganya mayan bok 100rebu T_T

    ReplyDelete
  8. Tengkiu mbk inna sdh mengingatkan, aku kdg suka lupa nyantumin kode pos gitu, ternyata bs begini to akibatnya

    ReplyDelete
  9. Aku sekali mengalami paket tdk sampai, pdhl almat sdh benar & dicek sdh sampai namun penerimanya nama yg tdk ada di rmh kami. Sdh komplen bolak balik.. Duhub via telp sekali.. Hbs itu g ada progress lg s.d skg :(

    ReplyDelete
  10. Aku pun jarang ngecek alamat di resi, cuma lihat biayanya aja. Wah mengingatkan ini besok atau nanti sepertinya saya juga mau kirim paketan.

    ReplyDelete
  11. KEbayang paniknya, tuh.... di sisi lain musti segera sampai, juga khawatir barang hilang. Huhuhu....

    Syukurlah, semua sudah selesai.
    Aku pernah sih, agennya typo. Susi Ernawati jadi Susi Indrawati. Hahahahaha...

    ReplyDelete
  12. saya pernah ngalamin kayak gini. Untungnya JNE memang fast response, ya. Walaupun ya saya pun berharap gak terulang lagi :)

    ReplyDelete
  13. saya belum pernah ketukur sih nay, soalnya wajib banget buat ku nyantumin nomor telepon, syukur bisa di telusuri ya

    ReplyDelete
  14. kenapa bisa mengalami criss cross yah ????

    ReplyDelete
  15. harus banget berarti ya mbak mencek ulang alamat tujuan sebelum keluar dari kantor JNE ya mba... selama ini belum pernah criss cross sih... tapi dengan pengalaman Mba Nay harus lebih hati-hati nieh...

    ReplyDelete
  16. Oh gitu ya, bahaya juga kalo ga hati - hati. Makasih infonya kak

    ReplyDelete
  17. Memang prosedurnya harus lengkap ya, untuk menghindari kejadian seperti ini. Kalau di sini return gampang banget dan mostly pos biasa pun sudah bisa ditrack

    ReplyDelete
  18. Halo Semua.. Numpang nimbrung dan Mau konsultasi juga donk.. Kemaren ini saya ada kirim paketan JNE REG.. Yang 1 ke Aceh, yang 1 lagi masih di Jakarta..

    Sekarang kondisi nya Barang tertukar karena Penerima yang di Jakarta sudah komplain ke saya, sedangkan yang di Aceh masih dalam pengiriman..

    Masalahnya di dalam Paketan yang mau dikirim itu kita alamatnya sudah Benar dan tidak salah, Untuk kasus paket yang di jakarta Alamat Pengiriman yang tetera di luar Paketnya adalah untuk Aceh, tapi dalam resi Alamat Penerimanya adalah Jakarta..

    Menurut perkiraan saya paket tersebut salah Pengiriman oleh Pihak Agen, karena paket tersebut saya kirimkan pada saat yang sama..

    Untuk kasus seperti ini Kira2 gimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. komplain ke JNE nya mas, bisa lewat twitter biar segera diurus. kalau kelamaan takutnya ilang

      Delete
  19. kak aku juga kena criss cross, aku kirim paket nya hari sabtu tanggal 8 April 2017. dan aku baru coba email ke jne hari ini. berdasarkan pengalaman kakak aja nih, menurut kakak paketnya aku ini kira2 bakal ilang gak ya? atau ada kemungkinan di kembaliin ke aku lagi (pengirim) atau bahkan di bongkar sama JNE? aku deg2 an banget soalnya barang mahal punya orang juga. thankyou.

    ReplyDelete
  20. Kak, gimana nin aku juga kena criss cross setiap hari aku telfonin terus sih jnenya biar ga lambat geraknya. Btw kira2 waktu yg dibutuhkan buat paket criss cross sampe ke rumah berapa lama ya?

    ReplyDelete
  21. Memang nih sekarang banyak banget ekspedisi yang udah mulai ngawur, kenapa ya mereka?

    ReplyDelete
  22. Yae.. Barang saya sma criss-cross .. Dari tgl 22 sampai sekrg blm terima. jadi saya harus mnunggu lgi 5 hari' seharusnya tggl 27 sekarang sdh Terima.

    ReplyDelete
  23. Aku baru mengalaminya nih mbak...jadi gimana donk jadi itu salahnya di jasa pengirimnya yah???soalny kan pengirim uda kasi alamat yg tertera otomatis di akun aplikasi...

    ReplyDelete
  24. Sy juga lgi mengalamii CRISS CROSS nih :( JNEnya ga becus amat si :( padahal uda lengkap smua, uda jelas juga :(((((

    ReplyDelete
  25. Baru tau ada kejadian seperti ini. Selama ini kalau saya bilang sih JNE pengiriman paketan paling bagus kalau menurut saya.

    Soalnya selalu tepat waktu seseuai dengan yang dituliskan, pernah pake jasa paketan yang lain dan sering dikecewakan.

    ReplyDelete
  26. Ka innayah sya jg lagi mengalami paket criss cross ini..dri tgl 30 des sampai sekarang belum ada kejelasan..padahal saya & pihak penjual sudah bwt laporan via telfon & twitter @jnecare..mohon solusinya jg ka

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah saya nggak pernah sampe kejadian kyk gini. Jd inget mbak2 yg jagain JNE deket rumah suka cerewet klo ada alamat yng kurang lengkap pas lagi ngirim paket. Padahal klo dipikir2 kita juga yang repot nantinya klo barangnya nggak nyampe ato ketuker gini.

    ReplyDelete
  28. Nah di sini menjadi penting untuk mencantumkan nomor HP yang benar-benar aktif. Pernah kirim pakai jasa ekspedisi pos, paketan nggak nyampai terpaksa ambil di kantor karena nyari alamat nggak ketemu, dan nomor saya pas ga akti waktu dihubungi. hmmm...hehehe

    ReplyDelete
  29. innayah pket saya kog gak datang2 dari tggl 16 sampae tggl 23 gmna ni caranya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature