Satu Tahun Blog Innnayah

blog innnayah, nurul inayah blog, inayah, innayah
Kemarin, tepat satu tahun saya
mengaktifkan blog dengan domain innnayah. Rasanya masih sangat sebentar memang
dari saat galau mau beli domain dengan nama apa. Nama saya ‘Nurul Inayah’
terlampau pasaran memang, agak susah untuk urusan beli domain dan branding
social media. Setelah mengalami proses perenungan, tercetuslah ‘innnayah’
dengan tiga huruf ‘en’. Sejak awal saya ingin menyamakan nama antara blog,
twitter, dan instagram. Kalau facebook ya sudah terlanjur pakai nama asli sih
dari 2009 hehhe. Selama setahun ngeblog dengan niat untuk menjadi profesional,
ada banyak sekali perubahan dalam diri saya. Saya memasuki dunia yang jauh
berbeda dari sebelumnya, apakah ini sebuah passion? Apakah ini my dream job? Masih
terlalu dini untuk menjawabnya.

Tentang nama innnayah
Saya memaklumi jika ada
teman-teman yang sering memanggil dengan innayah, double ‘en’. Wajarnya, sebuah
nama memang punya maksimal dua huruf sama yang berdekatan. Tapi ya namanya juga
pasaran ya, dan saya terlalu maksain pakai nama sendiri…jadinya kebagiannya ‘innnayah’
dengan tiga huruf ‘en’. Nama lain sudah kepakai semua sama orang lain hahha.
Tentang branding
Sejak awal serius ngeblog,
istilah branding ini sudah saya tanamkan. Pokoknya harus punya ciri khas yang
bikin orang lain ingat dengan saya baik di dunia nyata maupun maya. Menemukan branding
itu rasanya sulit sekali. Apakah sebaiknya mengalir saja sembari mencari jati
diri?
Iya, setahun ini saya masih
mencari jati diri. Makanya blog innnayah belum punya niche, heuheueheu. Innnayah
adalah blog lifestyle yang membahas teknologi, beauty, traveling, book, dan
photography. Meski arahnya sudah semakin jelas, tapi tetap saja hingga tepat
setahun ini belum ketemu.
Saya pernah membagikan voting di
twitter soal sebaiknya blog innnayah diarahkan ke niche apa. Hasilnya hampir
seimbang antara teknologi dan traveling. Iya sih, kalau sudah mbahas topik itu
saya biasanya bisa sangat mengalir.
Tentang komunitas
‘Nyemplungnya’ saya di dunia
perbloggingan ini nggak lepas dari peran komunitas. Ada emak2blogger, blogger
perempuan, fun blogging, warung blogger, dan yang masih unyu dan baru dirintis
adalah blogger Pekalongan. Sekarang, hari-hari saya interaksinya lebih banyak
dengan teman-teman blogger yang awalnya kenal lewat komunitas.
Tentang Selera
Di awal-awal ngeblog, saya belum
punya selera yang pasti. Sekarang, tipa hari sudah punya list blogwalking dan
punya blogger-blogger favorit. Diam-diam saya selalu menantikan artikel baru
mereka lho. Setelah saya pikir-pikir, selera saya ini menentukan bagaimana cara
berpikir dan gaya nulis. Blog-blog keseharian dengan tampilan sederhana selalu
nyaman untuk dikunjungi. Itu juga yang membuat blog innnayah makin kesini,
makin selooow hehhee. Saya ingin kamu santai saat membaca ocehanku, apakah
sudah begitu?

Tentang blog ini ke depannya
Achievement dari blog innnayah secara materi memang belum banyak di tahun pertama, tapi itu sungguh di luar
bayangan sebelumnya. Beberapa tahun lalu, teman saya mengatakan ‘kamu kan hobi
nulis, udah sih…nanti gampang duduk-duduk doang sambil ngetik, eh dibayar’. Obrolan
saat berangkat kerja sambil nunggu palang kereta terbuka itu saya tanggapi saja
dengan senyuman, padahal sama sekali nggak ada gambaran. Apasih bayangan saya
waktu itu? jadi penulis novel, jadi wartawan, ah…mana bisa kan nggak punya
basic jurnalistik atau sastra. Saya Cuma suka nulis keseharian saja kok. Ngeblog
dapat duit itu kalau kamu artis kayak Raditya Dika, udah…sampai situ saja.

Di luar materi, yang tidak
terkira bahagianya adalah ketika ada orang yang saya tidak pernah kenal
sebelumnya mengatakan ‘hi…ini mba inayah kan, yang blogger itu?’

Saya mau tetap menghidupkan blog
ini, sebagai tempat berbagi informasi kredibel. Iya, nggak mau lagi nulis asal
keluar tanpa bisa dipertanggung jawabkan . Menulis yang benar-benar bermanfaat
sebagai sedekah dan amal jariyah…amiiin.
Mohon untuk memberikan pesan,
kesan, saran, apapun itu. Apa yang kalian bayangkan ketika mendengar nama ‘innnayah’?
pendapat dan komentar kalian akan sangat berarti dan bisa jadi menentukan
takdir blog innnayah.

*ngomong-ngomong, kalau aku adain Giveaway dengan hadiah buku-buku bacaan pada mau ngga ya? 

80 Replies to “Satu Tahun Blog Innnayah”

  1. Masa sih blog innnayah masih setahun? Bukannya pas pertama kali kita ketemu itu udah jadi dot kom ya? Itu kan udah setahun lebih.

    1. iya Dew, kemarin hari expired domain.

  2. Wahh moga makin keren, makin menginspirasi dan makin sukses deh mbak ^^v

    Salam Blogger Pekalongan

    1. amiin..makasih yaa

  3. Wah, selamat 365 hari kak Innnayah! Semoga tetap produktif di tahun-tahun berikutnya ya. Salam kenal^^

    1. hii mba, salam kenal..makasih dah mampir

  4. rahayu pawitri says: Balas

    Selamat ulang tahun untuk blog-nya. Kalau dengar nama mbak inayah itu inget saya adalah fotografi yang cantik, dan … penulis konten?

    1. wuaa,,gitu ya, alhamdulillah

  5. keren mbak kalimat yg ini " Iya, nggak mau lagi nulis asal keluar tanpa bisa dipertanggung jawabkan . Menulis yang benar-benar bermanfaat sebagai sedekah dan amal jariyah…amiiin" saya juga pengen ^^hehe

    1. aamiin

    2. moga bisa istiqomah

  6. hai tripple en, aq baru baca blognya ketika ada di keb jd blog of the month, dan setelah itu selalu baca loh,, selamat udah setahun blognya, aq suka untuk tulisan2 teknologi-nya, simple dan gampang di mengerti

    salam kenal, maya rumi

    1. hi, salam kenal juga. makasihh yaaa

  7. Gustyanita Pratiwi says: Balas

    Nemu satu typo, yang bagian masalah selera, tipa= tiap #ekomenan macam apa ini hahhahah

    1. bwakakka kamu profreader yg sangaat baik

  8. Gustyanita Pratiwi says: Balas

    Aku mauuuk klo buku hadiah givewei nya novel nnovel supernova #nglunjak 😀

    1. hahha buku2 supernova dah di pekalongan

  9. Gustyanita Pratiwi says: Balas

    Aku suka baca jomblo story dan opini tentang rencana merried, atau kehidupan berkeluarga nantinya neng #

    1. makasih Nita apresiasinya…uuwuuuw

  10. Blog yang sudah dibangun dengan susah-payak sebaiknya tetap diupdate artikelnya.
    Keep blogging
    Salam hangat dari Jombang

    1. pak dhe…yang selalu bikin hangat grup2 watsap blogger 🙂

  11. Mirna Kei Rahardjo says: Balas

    Yes benar menulis saat ini harus dipikirkan manfaatnya ya nay, securhat curhatnya berusaha bisa menjadi sedekah cerita ya.. wkwkwk terus menulis nay, fokus ke apapun bebas selama kamu suka.. happy annive

  12. kalau menurut saya niche teknologi belum banyak di garap sama blogger perempuan mba, jadi mungkin bisa di coba mba..

    1. hehe iya ya mas, kebanyakan emang cowok. saya baru memulai dari yang simpel-simpel dulu, berkaitan dengan teknologi di keseharian.

  13. Salam kenal mbak inayah, tulisannya keren bgt

  14. Haah…baru setahun dan sdh sekeren iniiih????
    WOW! Emang beralasan aku salut sama kamu, Nay… Jempol wis pokoke…
    Scra pribadi aku lbh suka klo kamu nulis ttg perjalanan…aplgi dg foto2 kerenmu itu. Tp tulisan ttg tekno bgs jg..kali2 sj aku jd lbh mudeng tekno bl kau yg menulisnya..hehe..
    Klo mendengar kt Innnayah yg terbayang olehku adlh foto2 cantik!
    Pokoke, mat ultah blog innnayah… Makin moncer yaaa…

    1. makasihh bu apresiasinya.
      amiin

  15. Beti niiiih,sama doaminku. Januari nanti setahunnya.
    Tapi kamu udah keren gini Nay, aku masih tertatih-tatih, pun dalam hal konsisten posting *sigh.

    Udah nyanteee kalau baca blog ini. Kaya lagi ngobrol aja berdua kamu *eheum.
    Makin sukses ya Nay. Gad0-gado gini juga udah asik kok.
    Ditunggu GAnya. Harpot atau Supernova kaya usulnya Nita boleh laaaah 😀

    1. Ididih..typo. Mau nulis domain kok jadi apaan itu -____-

    2. makassih mba. foto2mu aku sukaaa

  16. aku suka banget sama postingan postingan innnayah, apalagi IGnya. Terstruktur sistematis, rapi dan ngangenin

    1. aaww makasih ya mba

  17. Kereeen…sudah eksis setahun dengan self hosted. Saya masih unyu unyu mbak 🙂 Salam kenal 🙂

  18. Yeeayyy selamat yaa sudah setahun ^^

    Sambil ngalir nanti juga tau lebih fokus ke mana In, yang penting enjoy selalu yak ngeblognyaa

    1. huwaa mba Shinta, makasih ilmu2 yang selalu membanjiri otak ini.
      keep inspiring

  19. Iya ya Nay, waktu setahun berlalu begitu cepat. Dulu waktu awal2 ingat banget saya suka ngintip blog Nay sama Aprie.. berhubung kita pindahan dot comnya barengan. Sekalian juga mantau *ceile Alexa, DA dan PA blog Nay dan Aprie. Di antara kita blog Nay yang paling cepat keindeks alexa, DA dan PAnya, mungkin karena transferan ya. Dan itu jadi motivasi banget buat saya untuk mengikuti jejak Nay.

    Dan setiap kali berkunjung ke blog Nay selalu menemukan banyak hal dan pelajaran baru. Salah satu postingan yang menarik dari Blog Innnayah adalah soal aplikasi dan teknologi terapan. Artikelnya runut, mudah dipahami dan blogger friendly banget. Ditambah basic Nay yg memang dekat dgn dunia itu jadi lebih hidup dan mudah dipahami.

    Selamat ulang tahun ya Innnayah.com. dan yakin deh, tahun kedua Innnayah bakal makin keren. Sukaaa! Love this blog! 🙂

    1. mba Ira, dikau langkahnya panjang-panjang.
      moga makin semangat ya kita ngeblognya

  20. adek kelas ku ini cakep kalo urusan menata foto, happy birthday untuk blognya ya, pengen deh punya ikatan blogger alumni kampus

    1. Gustyanita Pratiwi says: Balas

      Wah bole juga tu hihi

    2. eh dulu pas 2010 an itu ada acara bloggingday di kampus. kalian ada?

  21. wuihhh pekalongan pun punya komunitas blogger, tempat lahirku itu 🙂

    syukak sama artikel2 teknologi di sini

  22. Duu aku pikir salah tulis krn triple "n". Btw selamat ultah ya mbak buat blognya, moga sukses terus 🙂

    1. heheh pengumumannn

  23. hai rulnayyyy yaampun kok baru setahun ya
    ohiya alamat barunya yang setahun, blog ini mah udah lama ya kan
    perasaan dulu pernah ada nurulinayah.com atau cuma khayalanku doang? hehe

    ayo adain giveaway, aku mau aja sih hadiahnya buku
    tapi kalau kudu nulis sih tergantung temanya, kalau lagi ada ide sesuai tema insyaAllah ikutan

    1. bukan khayalan siist

  24. salut banget sama konsistensi mbak inayah di blog innnayah, aku suka tagline(?) cerita sehari-hari perempuan masa kini, hehehe, terus ini mbak yang paling suka itu kalo mbak inayah udah nulis tentang kamar cewek atau pas mereview buku (aku sampai beli buku perjanjian yang kuat gara-gara habis baca review dari mbak hahaha), giveaway buku??? MAUUUUUUUU XD

    1. aaaaa makasih apresiasinya. aku lagi males-malesan baca buku nih, atau sebenarnya banyak yang dah baca tapi belum aku review keburu lupa.

  25. Iya, awalnya aku juga bingung. Kok tripple N. Kupikir typo. Hehehe….

    Selamat ulang tahun pertama untuk TLD-nya… Bagiku, blog innnayah itu keren, kok. Professional banget. Karena sekarang aktif di komunitas blogger lokal, semoga memberi inspirasi ke teman-teman ya

    1. wkwk begitulah mba, pasaran banget sih

  26. Nulisnya selalu mengalir kok terutama aku sukanya yang bagian monday no gaptek.. mengalir gituuu aja

  27. Maseko Sakazawa says: Balas

    yang penting sudh memulai.. branding dan ciri khas itu penting.. tapi yg penting tetap konsisten untuk menulis dan berbagi 🙂

  28. iyahyuktravelling says: Balas

    Selamat ya, sudah setahun. Blogku malah masih baru, dan belum self hosted kayak blog ini. Juga belum tau kemana arahnya. Salam kenal ya,semoga tambah semangat ngeblognya.

  29. Hi.. selamat ulang tahun untuk blog innayah.com . Pertama kali aku kunjungan kesini setelah browsing artikel tentang "Sponsored Post". Sejak itu aku ubek-ubek artikel lain di blog ini dan langsung tertarik masukin ke reading list blog ku. Besoknya aku langsung mengubah domain gratisan ku jadi domain sendiri 😀 hehe. Sukses selalu dan terus menginspirasi yaaaa 🙂

  30. Selamat satu tahuuuunnn! Woot wooooot 😀 rajin banget nih innay isi blognya. Mantap! Kesan pesan apa ya, masih mikir nih heuheuheu. Blog Pekalongan Kita diisi lagi, Nay.

  31. wah mantap mbak inayah, baru satu tahun artikelnya udah banyak banget.. moga kedepan makin rajin nulis

  32. Baru setahun ya mbak? Tapi udah cepet bgt perkembangannya. Salut

  33. Congrats Mba Innnayah buat achievement-nya akhirnya bisa mencapai milestone selama satu tahun menjadi blogger.

    Salam kenal saya juga seorang blogger pemula yang juga sedang belajar merintis bisnis online.

    Saran saya memang untuk blog pribadi jika kita memiliki satu niche itu akan sangat bagus terutama buat personal branding kita sendiri.

    Oiya, dan ada dual hal lagi yang menurut saya juga harus ada pada setiap blogger, yaitu keinginan untuk terus belajar dan konsisten. 🙂

    Salam kenal. 😀

  34. Blognya ulang tahun ya? ih, selamaaattt..
    Tentang nama itu menurutku udah bagus, meskipun n nya dobel 3. Paling-paling yang hapalan kayak aku, ketika ngetik alamat dibrowser kurang 1 n, larinya ke web mercusuar wkwk.. Justru karena triple n, orang jadi hapal. "O, Inayah yang triple n, ya?"

  35. selamat ulang tahun untuk blog nya Nay. Semoga kedepan makin sukses dan semangat terus ngeblog nya.

  36. Selamat ulang tahun ya. Kudu dirayakan nih. Makan2 yok. Heheheee… Baru setahun tapi blognya sudah kece aja. :))

  37. wah, ultah ya, siap-siap terima kado deh…

  38. Diana Ike Setiyanis says: Balas

    1 hal yang saya ingat & kagumi dari tulisan mbak itu pembawaan nya halusss banget, sangat santai, bahkan ga kerasa kalo uda selesai baca. Selamat atas 1 tahun nya mbak, semoga tetep menginspirasi

  39. Innayah, nama yang mudah diingat. Tapi saya memang sempat kebingungan dengan triple n-nya hehehe/ Blognya clean, enak dibaca, dan fotonya keren 🙂

  40. aku ingetnya n nya dobel, ternyata 3 ya. kalau branding dicoba aja yang traveling sama beauty. itu udah bagus nichenya, tinggal maksimalin aja. apalagi memang di dua tema itu postingan inay udah banyak.

  41. Oooh sempat ada voting ya, aku pilih traveling deh…cocok sepertinya. Liat di insta story jg hampir tiap weekend bepergian 🙂
    Btw happy bday innnayah.com sukses selalu ^^

    Mau dong GA hadiah buku bacaan ^^

  42. hasek..selamat2 yaa Innnayah (3 en kan?)

    Udah bagus ahh, dan aku nyaman baca ocehannya, kata2nya simple dan renyah mudah dipahami.
    Semoga makin ngebranding ya, dan tetep jadi blogger yang slow tapi diam2 menghasilkan,

  43. Umi Khamdanah says: Balas

    Makan-makannn

  44. Selamat satu tahunan mbak~ Semoga tulisannya tambah cetar hehe.

    Untuk jawaban pertanyaan terakhir: MAU BANGET! ^^

  45. Tulisanmumu byk menginspirasi dan ngena dihati.contoh anak muda yg memotivasi.sukses terus in(3 kali)ayah.
    Ga hadiah buku,asyiiiik…edisi akhir supernova yaaak…..hehe

  46. wihhh annivarsiaaaan wahahhaha, makaan makaan dong mbaaak

    selamaat yaaa,

    Mbak, leptopnya bagus, bisa dijadiin alas cangkir eeeeh wkwkkw

  47. wah ulang tahun nih blognya… terus berkarya ya mbak.. tulisanmu memang bagus, simple dan mudah dipahami..

    aku tunggu lagi tulisan2nya..

  48. assalamu'alaikum mbak..
    alhamdulillah selamat y dah 1 tahun blognya..kalau sy dh mau 4 tahun ni hehe tapi masih belum jelas juga arah dan tujuannya 😀 pengennya si khusus blog ttg sharing parenting..brhubung dh punya anak 3 ^^

  49. Baru satu tahun tapi udah keren banget. Selamat, ya. Semoga makin yahuuud. Dan semakin semangat ngeblognya. *Ngomong sama diri sendiri*

  50. Hermiadi Eher says: Balas

    Kalo saya suka baca bagian travelling sama tips hariannya, saya masih belajar nulis blog nih cuman gak rutin pas datang mood saja. Jalan2 ke Blog saya ya Para Emak2 hehe… dan bisa juga liat2 IG saya di @HERD.E bisa saling follow hehe… Sukses ya Mba Innnayah… 🙂

  51. Setuju. Menulis saja dari hati. Mau tentang apa saja boleh, asal, itu tadi dari hati. Pasti sampai ke hati. Gitu aja.

    Soal broken link, semua yang diawali http://www.rosannasimanjuntak dihapus saja. Berhubung karena satu dan lain hal. Itu domainnya sudah expire.

    Mohon maaf jika hal itu telah membuat hari-harimu melelahkan.

    I am truly sorry.

    Ditunggu giveawaynya ya. :).

  52. Wah, beda sangat jauh dengan saya,
    Saya baru mulai ngeblog kemaren, baru sekitar 2 mingguan.
    Mudah2an saya bisa kaya Mba Innnayah…

Tinggalkan Balasan