Health

Inilah Penyebab Badmood, Ketahui Cara Menanggulanginya

November 22, 2016
hal-hal yang menyebabkan badmood, cara mengatasi badmood, penyebab badmood, tanda badmood

Tidak semua hal yang berada dalam
ekspektasi kita dapat berubah menjadi realita. Kadang, perkara seperti itu
menyebabkan rusaknya mood. Beberapa waktu ini saya mengalami mood swing yang
cukup parah. Banyak banget faktor eksternal yang memicunya. Mulai dari timeline
sosial media, isu pilkada, hingga sesepele ketemu tukang parkir yang ngingetin
biar dompet saya dimasukin jok saja alih-alih digantung.
Kalau sudah badmood,
kita memang jadinya sensitif banget kayak kulit bayi. Jadi, apa sebenarnya hal
yang bisa bikin badmood ya? mengetahui penyebab pasti, bisa bikin kita tahu
cara mengatasinya dengan tepat sasaran. Siapa sih yang mau berlarut-larut dalam
kondisi badmood? Yang ada malah ngerinya makin parah dan menjadi depresi. Saya cerita
pengalaman pribadi, yang semoga bisa bermanfaat untuk kalian para pembaca.

Pertanda Badmood
Kenali tanda-tanda mood kamu
sedang nggak enak berikut ini:

1| Malas
Ritme hidup saya belakangan ini
kacau sekali. Rasanya kok jadi pemalas banget gitu. Jangan pakai patokan orang
lain soal malas dan rajin, kamu sendiri lebih paham soal itu. Misalnya kamu
biasa bangun jam 5 pagi, tiba-tiba jadi males-malesan sampai molor ke jam 6. Waspadalah!

2| Sensitif
Bawaanya pengen marah-marah
terus, meski itu cuma dihadapkan dengan hal sepele yang nggak sesuai harapan. Dibecandain
ngga bisa, dinasehatin ngga bisa, inginnya sesuka hati sendiri.

3| Sedih
Kalau sudah sensitif, biasanya
kita jadi mudah merasa sedih. Tersinggung dikit langsung nangis.

Sudah nemuin tanda-tanda
badmood di atas? coba deh sadari dan telusuri penyebabnya. Ini sebenarnya pakai
prinsip engineering sih, kalau ada masalah…telusuri dulu penyebab. Setelah ketemu
akar masalah, baru deh diatasi.

hal-hal yang menyebabkan badmood, cara mengatasi badmood, penyebab badmood, tanda badmood
Kenali penyebab-penyebab badmood
Ada banyak sekali hal yang
menyebabkan badmood, hubungannya ya nggak jauh dari kegagalan…penolakan…dan
hal yang bikin nggak nyaman lain. Yang sering terjadi pada saya seperti ini
nih:

1| Lapar
Kalau laparnya kebangetan dan
dipaksa terus beraktivitas, rasanya kok jadi sensitif banget. Bawaan pengen
buru-buru makan, nggak nyaman deh. Apalagi kalau sampai perut terasa perih,
sudah deh pasti bete. Anehnya, kalau diniatin puasa mah aman-aman aja.

2| Gerah
Mungkin karena saya lahir di
pegunungan, jadi kalau hawanya gerah dan lembab gitu langsung badmood. Kalau kondisi
gerah dipaksain tidur saja saya bisa mimpi buruk lho.

3| Provokasi
Nah ini, beberapa waktu ini
timeline sosial media kan panas banget ya soal pilkada. Liat TV, dengar obrolan
teman, semua kok bikin senewen. Saya sudah mencoba abai dengan keadaan itu,
tapi tetap saja serangan bertubi-tubi. Lingkungan yang negatif tidak sehat
untuk jiwa kita.

4| Intimidasi
Yang bisa mengintimidasi bukan cuma
penjahat kok, hahha temen sendiri juga. Ngelihat cewe-cewe cantik bertebaran di
instagram juga bikin saya terintimidasi. Oke, saya korban stigma cewek cantik
dan ideal. Social pressure yang bikin minder ini juga sering muncul kalau buka
path. Hellow itu foto bayik semua, aku ga kuat. Padahal kalau blogwalking baca
artikel parenting mah biasa aja deh. Kenapa kalau path rasanya menikam hati? Uninstall.

5| perubahan hormon
Nah, kalau faktor ke-5 ini susah
ya dijagain. Perubahan hormon asalnya dari dalam tubuh. Kita nggak bisa
ngontrol sepenuhnya. Pas mau mens, mengertilah…bahwa kita kaum wanita kudu
siap-siap dengan badmood.

Cara-cara mengatasi badmood
Kalau sudah tahu penyebanya, yuk
kita atasi badmood ini. Jangan sampai berubah jadi depresi lalu bunuh diri,
jangan!

1| Jujurlah bahwa sedang badmood
Ini yang saya lakukan kemarin. Saya
jujur ke orang-orang terdekat saya bahwa sedang mengalami begini-begitu dan
berujung pada badmood. Ceritakan saja hal-hal apa yang menyebabkan kondisi itu.
Bagusnya sih, lawan bicaramu memiliki waktu mendengarkan ya…bukan malah kasih
nasihat begono begini. Saat badmood, kita pengen didengar sebanyak-banyaknya ya
kan?

2| Salurkan energi negatif
Dulu, kalau saya sedang badmood
biasanya lari keliling kompleks atau sepedaan. Bergerak, keringetan, segar
habis itu. Ternyata nih kata teman saya yang sudah belajar soal kejiwaan, hal
tersebut sudah tepat. Energi negatif perlu disalurkan, misal dengan menangis. Kadang
juga saya melampiaskannya dengan ngosek (membersihkan pakai karbol) kamar mandi
hahhaha.

3| ngopi atau ngeteh
Ada yang kalau ngga tenang milih
ngopi? Biasanya sih saya gitu. Entah kopi atau teh hitam yang kental memang
bikin relax. Sorry ya kalau teh celup sama sekali nggak nampol hahaha. Tapi jangan
berlebihan juga, nanti malah deg-deg an. Cukup secangkir, minumnya pelan-pelan
sambil santai gitu.

4| Makan buah segar
Eh ini serius lho, kalau saya
nih…daripada makan coklat atau keripik-keripik gitu mendingan makan buah. Bukan
soal mana yang lebih sehat sih, tapi langsung kerasa perubahan moodnya. Buah
favorit saya adalah kiwi dan mangga yang matang. Buah lain sih oke juga, asal
masih segar dan ada asem-asemnya dikit hehehe.

5| Mendengarkan musik
Musik itu diam-diam bikin relax
lho. Saya lebih suka mendengarkan musik secara acak lewat radio. Penuh kejutan
saja rasanya dan jadi tahu lagu-lagu yang ngehits. Di smartphone sengaja pasang
aplikasi radio streaming prambors Fm. Kalau untuk musik saja, ada joox yang
bisa nampilin lirik lagunya. Ngga enaknya streamingan itu paket data jadi boros. Apalagi saya sering dengerin musik sampai ketiduran. Kebetulan saya pakai Telkomsel yang ada pilihan paket musik terbaik Indonesia Musicmax . Jadi kalau ngaktifin paketan yang ini sudah nggak motong paket data kita yang
lain. Enak banget lho, apalagi di tempat tinggal sudah 4G…lancar jaya.
Kalau kamu suka Smule an, cocok banget deh. Dia coverage smule, joox, gen fm,
prambors, guvara, dan langit musik.
musicmax, telkomsel, streaming

Jangan biarkan badmoodmu
mengendap berlarut-larut, nyebelin lho buat orang di sekitarmu hehehe.

Tidak ada salahnya untuk meluapkan perasaanmu, dibanding menyimpannya dalam hati.. Lalu kamu marah atau bahkan dendam.. Hingga meledak sampai-sampai kau tidak bisa memaafkan dirimu sendiri. -Alodita

  1. Penyebab aku srg badmood itu seringbya karena kelamaan ga traveling :D. Pasti deh lgs uring2an bawaannya.. Obat mujarab udh pasti lgs book tiket ato maksain bojo utk jalan kemana kek biar gA badmood :D.

    Nah kalo penyebab gerah dan laper juga tuh mbak.. Apalagi aku ga kuat panas orgnya. Sekali kepanasan pasti badmood lgs lama. Sampe ketemu tempat adem :p. Kalo lapar mah, kyknya penyebab semua org ya.. Laper itu memang paling srg bikin org gelap mata juga kdg.. Jd ga berpikir rasional..

  2. Wah kamar mandinya Inayah kinclong dong ya, tiap marah malah dibersihkan. Ini mirip sama mbak kostku, tiap dia kepengen marah, malah aku yang panik soalnya barangnya bakal diberesin semua dan barang-barangku juga bakal berpindah tempat saking bersihnya. hahaha.

    Menurut aku ada lagi penyebab badmood kok yaitu lelah. Tanpa disadari kelelahan yang didapat itu bikin malas dan ujung-ujungnya badmood. Makanya vitamin perlu dikonsumsi tiap hari.

    1. Hihii.. lucu baca komen mba Rany. Kebayang kalo udah tanda2 si mbaknya badmood langsung ungsiin barang. Hihii ingat pengalaman dulu juga soalnya. Aniwei, memang kalau lagi badmood sebaiknya jujur ya sama org terdekat apalagi teman kerja. Biar mereka ga resek atau salah paham. 🙂