Photography

Cara Membuat Studio Foto Mini Dari Kardus Bekas

November 25, 2016
diy studio foto mini, studio foto mini
Foto adalah lukisan cahaya, lalu bagaimana cara mensiasati mengambil foto saat malam hari? Meski produsen kamera makin canggih saja dalam memuaskan keinginan konsumen termasuk fitur memotret dalam gelap, cahaya alami tetap menjadi dambaan semua orang. Hasilnya berbeda banget lho. Tren foto gelap juga sedang marak di instagram, yang ala ala shadow gitu. Tapi, kalau kita mau memotret produk pasti dong pengennya yang terang-terang gitu. Apalagi kalau kamu suka foto flatlay, itu sih cahaya harus melimpah.
Saya pernah berbagi cerita soal beberapa unsur fotografi, yang pertama adalah cahaya. Cahaya pada saat golden hour yaitu pagi dan sore hari memang sangat ajaib. Kamu akan terkejut melihat hasil jepretan yang memukau. Masalahnya, jam-jam golden hour itu saya sedang di jalan atau bahkan sudah di kantor. Pulang lagi nanti sudah gelap. Kapan bisa dapat foto bagus?

Dilema Foto Produk

Sebagai blogger dan instagramers, saya sering mendapatkan produk dari klien untuk difoto. Nggak mau dong ngasih foto yang asal-asalan atau merusak feed instagram? Feed instagram yang paripurna mesti didapatkan dari usaha. Catat! Hahahaa.
Nggak cuma yang berbayar sih, kadang juga iseng pengen foto jajan apa gitu atau pritilan apa. Memotret itu self healing buat saya.
Bisa santai-santai cuma di malam hari, itu masalahnya. Kamera mirrorless saya mumpuni sih buat foto malam, tapi lebih bagus pagi hari ya teuteup. Kendala ini membuat saya berpikir agak kreatif sedikit. Aha! Bagaimana kalau mempraktekkan DIY studio mini.

Studio Mini Bukan Hal Baru

Kalau kamu mencari di internet DIY studio mini dari kardus, pasti hasilnya bejibun. Meski sudah tahu sejak lama, prakteknya baru sekarang saya lakukan. Membuatnya sebentar, tapi dramanya seharian hahaha. Begitulah, kadang kalau belum dilaksanakan rasanya sulit banget.

Bahan-Bahan Membuat Studio Mini Dari Kardus

Kamu harus mempersiapkan bahan-bahan berikut ini ya:

kardus

Ukuran sih bebas tapi sebaiknya disesuaikan dengan objek fotomu. Kalau mau memotret sepinggan macaroni schootel dengan property gelas serta botol bumbu misal, nggak akan muat kalau pakai kardus Indomie. Kayaknya ngga perlu beli ya, pasti di rumah ada.


Cutter, Gunting, Penggaris, Double tape

Ini fungsinya untuk memotong bahan-bahan lain, termasuk kardus. Penggaris sih opsional saja, buat kamu yang nggak yakin bisa memotong lurus. Kalau nggak ada di rumah, 10ribu rasanya cukup untuk membelinya. Nah, kalau double tape itu buat merekatkan kertas di kardus.


Kertas Kalkir atau Kertas Roti

Kertas berwarna putih dan tembus cahaya ini dipakai untuk membaurkan sinar yang nanti masuk ke dalam kardus. Bisa pakai kertas kalkir yang untuk membuat pola atau gambar teknik hahahaa. Ini kertas keramat buat saya. Kalau nggak ada, kertas roti aja bisa kok. Asal jangan pakai kertas pembungkus nasi ya, nanti cahaya nggak tembus lho.


Kain putih

Kain putih ini nantinya dipasang di dalam kardus sebagai background dan alas. Kalau style foto kamu biasanya pakai alas warna-warni ya disesuaikan saja. Saya lebih suka pakai kain karena bisa dicuci dan memberikan efek seperti seprai hotel hahahaha. Intinya sih, kalau kain nggak memantulkan cahaya.


Lampu belajar

Ini aspek utama. Inti dari studio foto mini adalah menciptakan ruangan kecil dengan cahaya melimpah dan terkumpul secara merata. Kamu perlu dua lampu belajar ya, hhmm…untuk ini saya perlu mengeluarkan biaya. Harga satu lampu belajar standar itu 50ribuan, ditambah neon kecilnya sekitar 30ribuan. Kalau kita perlu dua, ya…total 160an ribu. Mayan ya…heu.

Proses Pembuatan Studio Mini Dari Kardus

  1. Potong habis bagian tutup kardus
  2. Potong membentuk bingkai pada 3 sisi Kardus
  3. Pasang kertas kalkir atau kertas roti pada 3 sisi kardus yang sudah dipotong
  4. pasang kain putih atau alas foto pada bagian dalam kardusletakkan lampu belajar di sisi kiri dan kanan studio mini, nyalakan.
  5. Bekreasilah dengan studio mini kamu.
diy studio foto mini, studio foto mini, apple pie
Tidak sulit untuk membuat studio foto mini seperti ini. Bahan-bahannya juga tersedia di rumah. Unsur fotografi lain yang selanjutnya perlu kamu perhatikan adalah soal angle, baik angle lampu maupun objek. Bagaimana? Ayok praktek!
  1. Waaaaaaaa…. sama banget ni mbak nasibnya, selalu ga dapet golden hour. Uda niatan bikin studio mini jg mbakkkk…. Alat dan bahan uda siap tapi masih kalah sama malesnya 😀 Liat postingan mbak innayah jadi kaya diingetin buat bikin segera… Blog mu melambai kemudian menampar… 😀 doakan segera terealisasi jg ya mbaaa…

  2. Nay..rekues buatin videonya ya. Sepertinya tutorial ini semakin lengkap dengan video. Hahaha alasan aja padahal loading pas baca tutornya.

  3. Suamiku pernah bikin kayak beginian nih tapi kok failed ya. Kalo buat motret malah gelap. Akhirnya aku buang, hahaha. Aku suruh coba bikin lagi ah, lumayan buat foto-foto.

  4. bagusss mbaaak, kalau saya dulu pake kardus seperti ini juga tapi lama-lama kardusnya 'lecek' terus ada sobek-sobek, maklum abusive
    akhirnya saya ganti pake plastic board, lebih enak sih jadi lebih kenceng aja terus waterproof

  5. Aku udah pernah coba bikin tapi nggak puas dengan cahayanya. Nggak pakai kardus sih, tapi cuma pakai karton putih spt yg di blog teman. Mungkin cahayanya kurang ngumpul dibandingkan kalau pakai kardus kali ya?

  6. Aku pengen banget bikin ginian. Problem: ada dua anak kicik yang kayaknya akan mengalihfungsikan studio mini ini. LOL. Nyimpen di mana ya biar amaaan? xD

Tinggalkan Balasan