sponsored

Wahana-wahana Bermain untuk Anak yang Menyenangkan

Oktober 20, 2016
Wahana bermain anak
Saya menjadi anak tunggal selama 11 tahun, bisa dibayangkan bagaimana kasih sayang melimpah ruah tanpa saingan. Meski begitu, bagi keluarga saya piknik keluar kota adalah hal mewah.

Jangankan menginap di hotel, pergi ke pantai saja yang cukup dekat dilakukan setahun sekali. Jaman sekarang, traveling semakin mudah dan hampir bisa dijangkau semua kalangan. Objek wisata tidak hanya ada di kota-kota besar sebab masing-masing daerah mulai sadar akan potensi wisata. Seperti mengalami yang namanya ‘masa kecil kurang bahagia’ saya sering lho piknikan ke wahana yang sebenarnya buat anak-anak.

Sepanjang pengalaman saya jalan-jalan, tidak semua tempat wisata itu ramah anak atau menyediakan fasilitas yang dapat menyenangkan anak-anak. Berikut ini adalah rekomendasi tempat-tempat wisata keluarga yang cocok untuk anak-anak: 

JungleLand, Sentul, Bogor

Saya kenal tempat ini saat kuliah, jadi belum lama sih. Jungle land adalah wahana bermain untuk anak-anak, remaja, dan dewasa. Ada banyak wahana bermain yang disesuaikan dengan umur anak dikategorikan berdasarkan tinggi badan. Orangtua juga bisa ikut bermain. Ada Dino World, di mana anak-anak bisa menyaksikan Dinosaurus dari dekat Tentu saja itu adalah replika Dinosaurus yang dibuat seperti aslinya, lengkap dengan suaranya yang menggeram. Diputarkan juga film Dinosaurus dengan tempat dibuat seperti bioskop. Anak-anak pasti betah berada di dalamnya. Lalu, ada Boat Blaster, di mana anak-anak bisa naik ke kapal laut dan bermain perang-perangan menggunakan air. Sudah tentu harus siap berbasah-basahan, karena itu orangtua harus membawa baju cadangan. Ada aneka kemidi putar dari yang berjalan lambat sampai yang cepat. Dan masih banyak lagi wahana penguji keberanian lainnya. Total wahana bermain yang ada di sana mencapai 32 dan masih akan bertambah. Dalam sehari, belum tentu bisa menggunakan semua wahananya. Itu kenapa anak-anak tidak akan puas kalau hanya sekali datang ke JungleLand. Ini benar-benar wahana bermain yang sangat memanjakan anak-anak. 

D’Kandang Amazing Farm

Di Pasir Putih, Sawangan, Depok, anak-anak bisa diajak bermain sambil belajar menjadi petani dan peternak di D’Kandang Amazing Farm. Namanya saja D’Kandang ya, anak-anak seolah sedang diajak memasuki kandang yang sangat besar. Ada kandang domba, kuda, ikan, dan lain-lain. Tidak cukup masuk ke kandang, anak-anak diajak untuk berperan sebagai petani dan peternak. Bisa dengan memerah sapi, memberi susu ke anak kambing, menangkap ikan, dan berkebun. Ini benar-benar permainan aktivitas luar ruangan yang mengasyikan. Apalagi anak-anak sekarang lebih dekat dengan gadget dan jarang ke luar rumah. Mereka juga perlu menggerakkan badan dan bergerak aktif di luar rumah. Biaya tiket masuknya bisa ditukar dengan Yogurt dingin yang menyegarkan. 

KidZania, Pacific Place, Jakarta

Bertempat di Mal Pacific Place, kawasan Sudirman, Jakarta, wahana yang satu ini terkenal di seluruh dunia karena cabang-cabangnya juga ada di beberapa tempat di luar negeri. KidZania adalah wahana bermain dengan konsep kota kecil untuk anak-anak. Di dalamnya ada beraneka profesi yang bisa dicoba oleh anak-anak, dari profesi dokter, pegawai bank, pegawai SPBU, koki, pemadam kebakaran, dan lain-lain.  Bermain di KidZania sekaligus memperkenalkan profesi-profesi yang ada di dunia dan bisa menjadi bekal untuk anak-anak kelak mau jadi apa. 
Wahana untuk anak-anak di jabodetabek memang banyak. Rasanay ingin ajak keponakan dan sepupu dari kampung buat nyobain satu-satu saat musim liburan sebentar lagi. Tentunya tidak cukup sehari untuk menjelajahi ketiga wahana tersebut. Nggak mungkin mereka saya ajak menginap di kostan, hemm..mendingan segera booking online melalui Online Travel Agent (OTA) seperti Traveloka, PegiPegi, Agoda, dan lain-lain. Tersedia banyak pilihan hotel di sekitar Jabodetabek. Tinggal disesuaikan harganya yang cocok di kantong. Booking online lebih mudah, karena kita tinggal mencari kamar hotel melalui situs atau aplikasi OTA. Kita juga bisa membanding-bandingkan harga kamar hotel yang sama di beberapa situs OTA. Kalau pintar, kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Asyik, bukan? Anak-anak senang diajak bermain, orang tua pun tidak gamang. Yuk, ajak anak-anak ke wahana-wahana bermain di atas! 
  1. Sebenernya jungleland paling atas ada di whislist mau di kunjungi mumpung masih merantau di jakarta.. Tapi belum sempet hehehe.

    Wah ada ya tempat bertani dkandang.. asik tuh. Biar anak jaman sekarang sempet ngerasain main main di sawah secara langsung… 😀

  2. Kalo aku pernah ke jungle land sentul, lumayan banyak waha yang uni di sana. Cukma waktu itu pas belum selesai full pembangunannya. Sekarang pasti lebih banyak.

  3. Aku wes ngak sanggup naik wahana2 di dufan lho, serasa penakut banget padahal dulu nya pemberani. Kayak nya umur ini berpengaruh

Tinggalkan Balasan