sponsored

Pengeluaran Wajib Si Single Usai Gajian

Oktober 11, 2016
iuran bpjs, bayar iuran bpjs, pengeluaran single,

Banyak orang berpikiran kalau si
single yang kerja kantoran itu duitnya aman. Padahal mah ya sama saja seperti
manusia pada umumnya. Kelihatannya kebutuhan para lajang tak banyak ya? apa
sih, nonton? Beli baju? Ngafe? Hehehhe…jangan salah, kalau nggak dikelola
dengan baik, uang gajian bakal habis-habis juga meski masih tidak ada
tanggungan menghidupi keluarga. Saya punya siasat, sejak di awal bulan segala
macam iuran dan cicilan dibayarkan. Hem…sisanya buat foya-foya di jalan yang
benar, amin. Kok aneh? ya, saya takut lupa dan teledor. Jadi yang sifatnya
wajib  didahulukan usai gajian banget. Apa
saja itu?


1| Bayar sewa kost

Sebenarnya ngekost itu nggak
efisien, apalagi kalau biaya kostnya sudah senilai cicilan KPR. Serius, tiap
bulan saya harus mengeluarkan sekitar 950ribu rupiah lho buat bayar kostan. Sedangkan
nih ya, cicilan KPR rumah subsidi ada yang cuma 700ribu. Hellauw! Saya sudah
survey rumah, nemu yang cocok, tinggal bayar DP saja…tapi orang tua belum
mengijinkan. Alasannya, saya cewek yang masih lajang. Jadi, beli rumah nanti
saja kalau sudah nikah bareng sama suami. Tapi kan investasi? Iya, orang tua
tetap bilang tidak. Okesip. Ibu kost saya termasuk yang cerewet soal uang sewa.
Jadi, nggak boleh telat apalagi kelupaan.

2| Bayar cicilan kendaraan

Setelah nebeng sana sini,
ngangkot sana sini, saya memutuskan membeli kendaraan pribadi. Eh, bukan beli
ding…kredit. Alhamdulillah sebentar lagi lunas, benar-benar nggak terasa. Cicilan
kendaraan jangan sampai kelewat ya, bahaya nanti disita dealer hehe.


3| Bayar Iuran Asuransi

Ada yang pakai asuransi? Sepertinya
sekarang hampir seluruh rakyat Indonesia sudah berasuransi deh. Minimal BPJS kesehatan, ya kan? BPJS sifatnya
wajib bagi seluruh WNI maupun WNA yang kerja di Indonesia lho. Bahkan, kalau di
sebuah perusahaan ada karyawannya yang tidak mendaftar BPJS…si perusahaan
akan terkena denda.

Saya juga cuma ikut asuransi ini
kok. Setiap bulan, iurannya sudah otomatis terpotong dari gaji. Alhamdulillah ya,
nggak usah repot. Eh emangnya bayar iuran BPJS kesehatan repot ya? kalau dulu sih iya. Harus ke kantor BPJS
lah, harus ke bank lah, paling sepele juga lewat ATM. Eh, kalau sekarang, nggak
perlu keluar rumah. Lewat Tokopedia juga bisa lho, caranya juga gampang banget.
Kalau kamu biasa belanja online, udah deh…dalam hitungan kurang dari 5 menit
pasti beres. Bisa bayar dari mana saja dan kapan saja. Kan enak daripada harus
ke ATM yang antri plus bayar parkir hahhaa.

4| Tabungan Wajib

Nabung itu sebaiknya di awal
bulan, kalau engga…hmm jangan harap deh. Nominalnya juga sudah ditentukan. Deritanya
sekarang, tapi nikmatnya nanti. Kalau kamu merasa ngga bisa disiplin, buka
tabungan rencana atau sejenisnya. Jadi, otomatis tiap bulan akan terdebet ke
tabungan.

5| Bayar arisan

Punya arisan apa saja? Hahaha…diam-diam
arisan ini menyita uang gajian lho. Saya cuma ikut satu jenis arisan. Sampai sekarang
belum berminat arisan panci, ranjang, rantang, piring, apalagi arisan umroh. Udah
ah, yang past-pasti saja dan nggak repot hehehe main aman. Jangan telat ya
bayar arisan. Kadang, teman kita itu nggak enak lho mau narikin tiap bulan. Kesadaran
saja lah ya, habis gajian transfer atau dibayarkan ke si pemegang uang arisan.

Nah, itu dia iuran dan cicilan wajib
saya setiap awal bulan. Nggak ada cicilan keamanan, sampah komplek, anak
sekolah, les, layaknya orang yang sudah berkeluarga. Tapi, tetap saja kalau
tidak dikelola dengan baik dan direncanakan bisa merusak siklus keuangan.

*This is a sponsored post, read disclosure

  1. Waaah itu aku banget yang nomor 1. Selalu dan selalu aku bayar kosan pas ditanggal gajian haha karena takut kepake pake yg lain.

    Untuk cicilan kendaraan alhamdulillah blm ada haha. Kalau untuk bpjs kayaknya udah di atur sama perusahaan deh. Tapi so far.. banyak cicilan yang lainnya menunggu.

    Eh tapi kak katanya nanti klau udah berkeluarga, urusan wajib bayar nggak se sedikit ini nih kayak pas single. hihi

  2. Hahahaha nomer satu iya banget! Ibu kosku sampe heran kenapa aku kalo bayar cepet. Padahal mah emang takut aja uangnya kepake soalnya kalo udah bayar kosan gaji berasa langsung bekurang banyak (nasib kos di wilayah setiabudi huff)

  3. Hahahaha nomer satu iya banget! Ibu kosku sampe heran kenapa aku kalo bayar cepet. Padahal mah emang takut aja uangnya kepake soalnya kalo udah bayar kosan gaji berasa langsung bekurang banyak (nasib kos di wilayah setiabudi huff)

  4. Zaman masih kerja dulu yang pertama harus disisihkan adalah bayar uang kost karena kalau nggak ibu kost bisa nyap-nyap, hahaha.

  5. Aku ikut tiga arisan kak wkwkwk stkh dipikir pikir banyak juga yha:""")

    Betul banget meskipun lajang aku gatau ke mana uang gajiku pergi. Eaaa~~

    Nggak deng tahu ke mana tp meleset dari rencana awal mau buat apa aja:""))

    Kayak gini nih. Masih tanggal segini udah berasa akhir bulan kak huhu
    Dear tanggal 25 cepatlah datang

    Ttd, anak swasta

    Ps: maappin nyampah ya kak

  6. lho Nay, belum nikah sudah ikut arisan? Hahaha.. jamanku single kemarin sih nggak ikut arisan, tapi setelah menikah dan punya anak langsung ikut arisan 3 biji, ini mau tambah lagi arisan oven. Hahaha ya Allah.. tapi arisan ini juga dana wajib selain tunggakan bulanan, kalau saya biasanya beli pulsa listrik lewat Toped. Gratis biaya admin. Alhamdulillah.. Semoga terus lah

  7. Banyak ya buk yang harus dibayar.. dari 5 yang kamu tulis itu nay kayaknya pengeluaran wajib semua deh ya… kos atau kontrakan, asuransi, cicilan, de el el… udah lama ini aku ga ada arisan.. duh jadi pengen

  8. aah bener banget deh arisan itu diem2 menyedot penghasilan. baru balik lagi setelah sekian bulan/tahun. lalu abis begitu aja pun. ahhahaaa karena setiap dapet arisan jadi ketempatan yg mana harus sediain konsumsi. Jadi uang arisannya sama aja nabung buat bayar konsumsi tamu. ealaaaah jan jan.

  9. Iya nih, enak ya sekarang bisa bayar iuran BPJS di Tokopedia. Aku mau coba ah bulan depan bayar iuran BPJS punya Mama di Tokopedia. Punyaku dan anak-anak mah pan udah dipotong dari gaji suami.

Tinggalkan Balasan