Agar Ngeblog Pakai Smartphone dan Tablet Tetap Nyaman

Logitech k480, keyboard bluetooth
Kalau sedang ada ide, rasanya ingin segera dituliskan biar tidak lupa dan gregetnya dapet banget. Saya termasuk orang yang nekat sebab sering posting blog via smartphone.

Memang sih layar smartphoneku lebar, tapi ya tetap saja peluang untuk salah ketik alias typo lebih besar daripada saat nulis via PC atau laptop. Tidak hanya dengan smartphone, ternyata ngetik ratusan kata via tablet 10 inchi saja kurang nyaman lho. Inilah beberapa alat tempur untuk mendukung tulisan-tulisan saya yang lahir via smartphone.

1| MS Word mobile

Meski sudah ada fasilitas notes, ngedraft paling enak ya di MS word. Karena apa? kalau ada kesalahan huruf besar dan kecil akan terdeteksi, itu salah satu hal saja sih. Ya tentunya kita selama ini sudah akrab dong dengan fitur-fiturnya. 

2| Browser Google Chrome

Browser untuk apa? jadi, saya tidak menggunakan aplikasi ‘blogspot’ atau ‘wordpress’ di smartphone dan tablet. Penggunaan aplikasi akan mengurangi fitur dari masing-maisng platform. Misalnya untuk aplikasi blogspot kita tidak bisa menambahkan alt image, meta tag, dan pengaturan heading. Meski dari smartphone, kalau kita membukanya di browser tampilannya sama persis dengan PC.
Blog saya yang satu lagi berplatform wordpress, tampilan mobile dari browsernya enak lho. Bahkan lebih nyaman dibanding blogspot. Kita masih bisa memasukkan featured image bahkan mengedit widget via smartphone. Saya pernah menggunakan aplikasi wordpress yang gratisan, tapi kejadiannya sama seperti aplikasi blogspot. Banyak fitur yang dihilangkan sehingga penggunaanya kurang optimal.
Logitech k480, keyboard bluetooth
Draft yang tadi telah kita simpan di MS word mobile, paste kan saja di dasbor blog kita. Lalu bagaimana dengan ilustrasi?

3| Phonto, Line Camera

Malesin banget kan kalau baca blog isinya ada 1000 kata dan tidak ada gambar. Hehehe saya orang visual yang merasa terhibur dan lebih jelas menangkap berita dengan ilustrasi. Memakai photoshop dan aplikais edit foto via PC tentunya lebih baik. Tapi bagaimana kalau kita mau praktis? Misalnya sedang dikejar deadline atau kondisinya tidak meungkinkan memakai PC. 
Aplikasi edit foto via smartphone atau PC bejibun dan setiap orang pasti punya andalannya maisng-masing. Banyak sih yang menanyakan ke saya soal ‘bagaimana memasukan teks ke foto via smartphone?’. Saya pakai aplikasi phonto dan line camera. Fiturnya lebih lengkap line camera sih, tapi pilihan font dan stylenya lebih seru di Phonto. Semuanya gratisan kok, yuk dicoba.
Pernah mencoba membuka Canva dari smartphone, tapi malah berat dan susah banget. Eh, sudah tahu canva kan? Itu lho situs buat desain-desain dari mulai menambah teks ke foto hingga membuat infografis kece. 
Untuk gambar ilustrasi judul, saya biasanya download gambar gratisan di pixabay. Setelah itu tinggal menambahkan teks yang kita mau di Phonto. 

4| Photo Compress

Foto yang kita ambil visa smartphone atau kamera seringkali ukurannya terlalu besar. Menurut para master SEO, sebaiknya gambar di blog besarnya 100kb saja. Lha terus bagaimana? Kalau via Pc sih, Microsooft photo editor juga bisa compress foto. 
Saya pakai aplikasi photo compress, ini gratisan dan kita bisa compress ke size berapapun yang kita mau. Ada pilihan juga mau save file asli atau langsung ditimpa dengan yang baru.


5| Keyboard Bluetooth Logitech K480

Pasti nggak nyaman dong ya ngetik MS word di layar smartphone? Saya pakai keyboard bluetooth Logitech K480 yang bisa digunakan multi device ternyata. Maksudnya, dalam waktu bersaman saya bisa ngetik di smartphone sekaligus tablet atau PC. Ha? Coba kita kepoin sama-sama yuk.

Specification

K480 support windows, android, Mac, dan ios lho. Ini spesifikasinya.
Review keyboard bluetiith logitech k480, logitech k480, k480

Desain

Saya suka desainnya yang minimalis. Tanpa kabel dengan slot untuk meletakkan smartphone dan tablet membuatnya stylish banget. Nggak malu-maluin kalau dibawa ngafe sambil wifian,,,hiiiihiii.
Slot atau dudukan keyboard ini sudah dirancang ergonomis, disesuaikan dengan ketebalan smartphone dan tablet yang saat ini beredar. Jangan khawatir hapemu nggak muat di sana ya. 

Easy-switch

Karena multi device, saya sih pikir bakalan ada lag gitu saat berpindah ke device lain. Eh ternyata engga lho. Masih masuk lah dalam batas kesabaranku ini hahahah.

Soal tombol

Menurutku ukuran tombol-tombolnya pas. Sudah diperingkas berdasarkan tombol yang sering kita gunakan. Kalau mau print screen, tidak ada tombolnya ya..harus tetap manual di smartphone atau tablet. 
Logitech k480, keyboard bluetooth

Cara setting

Buat kamu yang merasa gaptek, jangan khawatir deh. Gampang banget kok settingan awalnya. Nih saya ceritain ya pengalaman waktu menghubungkan smartphone saya untuk pertama kali ke keyboard Logitech K480.
Sebenarnya ada cara pairing yang lain, hanya meletakkan smartphone di dudukan keyboard lalu pencet beberapa tombol untuk payring. Tapi dasar saya anaknya apa-apa pengen pakai aplikasi, jadinya pasang deh logitech keyboard plus. Ikuti wizardnya, dan selamat ngetiikkk.

Baterai

Oiya, daya dari keyboard ini bersumber pada baterai ya. ukurannya seperti yang kita pakai di remote Tv kok, nggak perlu banyak…2 pcs cukup.
Logitech k480, keyboard bluetooth
Kalau kamu mau kepo lebih lanjut bisa baca di sini ya: Logitech k480 specification
Sudah kukasih tahu nih, 5 jurus ngeblog via smartphone atau tablet. Kamu punya jurus apa? boleh dong dibagikan juga, share di kolom komentar ya. 

80 Replies to “Agar Ngeblog Pakai Smartphone dan Tablet Tetap Nyaman”

  1. Nurul Dwi Larasati says: Balas

    Wah jadi mau beli nih keyboardnya…

  2. Rach Alida Bahaweres says: Balas

    Naksir bangeet mama keyboardnya mbaa. Harganya hampir Rp 700 ribu ya mba. Iiih sumpah pengen euy 🙂

    1. Di toko online ada yang lebih murah mba,,500an

  3. Udah naksir keyboard ini dari lama, tiap di Gramedia bawaannya pasti iseng nyoba-nyoba ><

    1. Unyuu ya..apalagi yang putih

  4. baru saya mau tanya eh udah dikasitau itu kibot apa 😀 cari cari ahh .. makasi lho mba racunnya haha

    1. Hahaha selamat kepo yaa…

  5. Nita Lana Faera says: Balas

    Wuih keren banget. Mba, maap saya gaptek 😀 , itu bisa buat smartphone apa aja? Makasih mba ulasannya dg kalimat2 yg nyantai banget, jadi enak bacanya 😀

    1. Bisa buat android sama ios mba. Spec lengkapnya sudah aku tulis di infografis yaa

  6. Harga sampai berapa Nay? praktis nih buat yang hidupnya serba praktis 😀

    1. Di web resminya 600an, kalau di toko online ada yang jual 500an mba Ran

  7. wah Innayah udah pake aja, aku juga baru punya nih dan emang ngebantu banget buat gaya hidup emak2 (sok) sibuk seperti saya, hehehe..

    1. Iya nih udah pakai dan jadi semangat ngetik wkwkwk

  8. laili umdatul khoirurosida says: Balas

    Waaah jadi pengen deeeh.. Jadi ga perlu bawa bawa laptop kalo kemana mana cukup bawa keyboardnya aja nih. 😀