Tech

Nyanyi Acapella Pakai Aplikasi Smartphone

Agustus 8, 2016
Acapella maker, acapella
Akhir-akhir ini saya suka iseng pakai aplikasi acapella maker. Sudah tahu belum? Itu lho yang video berbentuk grid.Dalam satu video bisa ada hingga 6 grid. Serunya bagaimana? Karena proses perekamannya beda-beda. Kamu bisa berkreasi misalnya grid 1 nyanyi, grid 2 suara bass, grid 3 suara suling, dan sebagainya. Tapi karena saya tidak bisa sekreatif itu, akhirnya smeua grid isinya nyayian tapi dengan tinggi nada berbeda-beda.

Aplikasi versi gratis

Acapella maker ini ada versi gratisnya, tapi harap sabar dengan iklan yang sering tiba-tiba muncul. Di versi gratisan, maksimum video durasinya 1 menit. Yah, cukuplah kalau sekedar untuk upload di instagram. atau, seperti saya nih videonya digabung-gabungin kalau sudah jadi.

Step-step membuat video acapella

  1. Download dan install aplikasi acapella maker.
  2. Buka aplikasi.
  3. Tentukan jumlah grid dalam 1 frame video.
  4. Pilih lagu yang akan dijadikan backsound (bisa dari playlist smartphone kita).
  5. Pasang headset.
  6. Potong lagu sesuai bagian yang kita mau.
  7. Mulai rekam grid per grid.
  8. Setelah merekam kita bisa preview, kalau jelek record ulang pun bisa.
  9. Klik create, kalau sudah fix sesuai keinginan.
  10. Video akan tersimpan dalam aplikasi dan smartphone kita.

Menggabungkan video

Karena aplikasi acapella maker punya saya yang versi gratisan, maksimum durasi hanay 1 menit. Padahal kalau kita ingin nyanyi full 1 lagu butuh kira-kira 3 menit. Untuk itu, saya membuat beberapa video acapella untuk kemudian saya gabungkan.
Aplikasi Filmorago adalah yang saya pakai untuk mengedit termasuk menggabungkan video. Ada di smartphone juga dan tersedia dalam versi gratisan.

Upload ke youtube

Setelah saya rasa semuanya sesuai keinginan (meski tak sempurna), saya upload ke youtube biar suatu saat bisa saya tonton lagi, hehehe.
  1. wooo keren juga ya, wlaupun semenit bikin sekreatif kan jadinya bagus.. hemm pingin donlot terus pasang terus ikutan.. ya entahlah, dangdut ya?

  2. Wahhh baru tau ada aplikasi kayak gitu. Selama ini sih cuma liat video video di youtube ajah. Mau bikin pun nggak pede euy, nggak bisa nyanyi hahahah