Mengikuti Perjalanan Segelas Kopi Vietnam

kopi vietnam, kopi sianida,
Sebelumnya saya tidak begitu
memperhatikan jenis kopi ini. Kopi vietnam tak pernah masuk list untuk dicoba
saat ke coffee shop. Namun, semenjak ada kasus kopi Sianida yang sidangnya
masih terus bergulir saya jadi penasaran. Bagaimana ya rasanya? Terlebih lagi,
pada persidangan kali keberapa  dijelaskan detil cara pembuatan dan penyajian
kopi ini. Mengikuti perkembangan kasusnya dalam berita terkini hari ini Sindonews adalah yang saya lakukan tiap Rabu dimana kasus sianida disidangkan.


Kenapa seheboh ini?

Pada awal terjadinya peristiwa
itu, media memberitakan dengan biasa saja. Pun dengan  saya, kasus keracunan adalah hal yang sering
terjadi. Ternyata beritanya bukan semakin surut malah semakin heboh. Mengapa
demikian ya? menurut hemat saya, hal ini dikarenakan korban adalah orang yang
cukup berpengaruh. Meski bukan artis atau pejabat, ayah dari korban merupakan
pengusaha besar dan pasti memiliki network luas termasuk di media.


Kasusnya selalu hangat

Medialah yang selalu
menghangatkan kasus ini. Bahkan, prosesi sidangnya ditayangkan live di beberapa
stasiun TV. Saya jadi berandai-andai jika kasus besar lain seperti  terorisme dan korupsi  sidangnya dibuat live dari pagi hingga malam
pasti akan seru.

Hitungan mundur terungkap

Saya mendapatkan informasi
mengenai rentetan hitung mundur kopi maut sianida dari berita terkini hari ini Sindonews .
Menurut saksi ahli yang dihadirkan dalam sidang, zat natrium sianida dalam kopi
tercampur antara pukul 16.39.36 wib-16.45 pada Rabu, 6 Januari 2016. Jadi,  sudah terindikasi dong kalau dirunut saat itu
si gelas kopi ada bersama siapa.
sidang kopi mirna, jessica, kopi sianida
kursi panas

CCTV jadi hits banget

Sidang minggu lalu menghadirkan
saksi ahli IT dan membahas CCTV kafe Olivier. Runtutan peristiwa beberapa jam
tersebut dikupas habis dari pukul 10 hingga 9 malam. Saya yang nonton saja
lelah bagaimana yang sidang coba? CCTV disebut-sebut menjadi kunci dari kasus
ini.


Seakan mengikuti kuliah

Mengikuti sidang kasus sianida
bagi saya sudah seakan kuliah tiap rabu. Setelah kuliah menjadi barista,
dilanjut minggu selanjutnya kuliah forensik, dan minggu lalu kuliah mengenai
videography. Khusus Minggu ini adalah kuliah psikologi pada hari Senin. Pembahasan dalam sidang memang sangat detil dan langsung dari ahli
di bidangnya.

Beberapa ilmu yang bisa diambil

Ada beberapa ilmu baru yang bisa
diambil dari mengikuti sidang kopi sianida. Diantaranya:
1| sianida tercampur setelah kopi
tersebut usai dibuat. Bila kopi dicampurkan ke dalam susu akan membuat warna
berubah. Begitupun bila dicampurkan ke dalam kopi, akan terlihat warna berbeda.
Sedangkan bisa dicampur ke dalam air panas maka akan menguap dan menghilangkan
zat di dalam natrium sianida.

2| manusia berbobot 60kg  akan terbunuh hanya dengan 171,42 mg natrium
sianida.

3| kopi Vietnam diracik di depan
customer langsung, jangan mau minum ya kalau sudah diracik duluan.

Kasus melebar

Seperti yang sudah saya duga
sebelumnya bahwa seiring berkembangnya kasus, maka alurnya akan melebar. Benar
saja, pihak terdakwa melaporkan hakim ke komisi yudisial sebab diindikasikan
tidak objektif dalam sidang.


Menunggu Detektif Conan

Sebagai penggemar detektif conan,
entahlah sosok itu benar-benar saya harapkan kedatangannya. Kalau di serial
detektif, penelusuran Polisi biasanya justru salah. Pelaku malah orang yang
sama sekali tidak kita sangka. Begitupun dengan analisanya yang tak terpikir
sebelumnya tapi telak membuat pelaku bertekuk lutut. Apakah akan begini juga
dalam kasus kopi sianida? Kita tunggu saja perkembangannya.

Kamu  juga mengikuti kasus kopi sianida? apa
pelajaran hidup yang bisa diambil?
*this is a sponsored post, read disclosure

32 Replies to “Mengikuti Perjalanan Segelas Kopi Vietnam”

  1. pusing juga ya liatnya ini ๐Ÿ™
    semoga yang bersalah emng yang dihukum…soalnya nyawa ๐Ÿ™

    1. Iya mba. Tapi bikin penasaran ya

  2. Gustyanita Pratiwi says: Balas

    Abis ni bisnis cctv laris banget nih, buat antisipasi

    1. Terutama buat kafe…jadi lebih aware sama beginian

  3. Gustyanita Pratiwi says: Balas

    Sidang yg pas ahli it, bikin tegang

    1. Yang pas psikolog bikin emosi (pengacaranya)

    2. Gustyanita Pratiwi says: Balas

      Aku ikutan gemez gemez manja hahaaa
      Ga abis pikir segitu jelasnya pas gerakan otot masih aja ada yg ngeyel ya
      Masa meragukan saksi ahli,

    3. Iya bikin esmosi. Pdhal kan saksi ahli, psikolog klinis gitu loh.

    4. Hwahaha…apa cuma ibu ibu kayak kita yg gregetan ya? Brasa ntn sinetron

  4. Rosalina Susanti says: Balas

    aku ngikutin juga, dan penasaran bangetttt… gemes sendiri :v

    1. Iya yak..ikutan panas

  5. Yasinta Astuti says: Balas

    Ngikutin kasus ini sampai habis bergelas-gelas kopi vietnam buatan suami sendiri.
    Ilmunya dapet banget mbak hehhe, makasih yaa..

  6. Aku pernah rasain kopi Vietnam di coffee shop. Dan ternyata rasanya beda ya.

    1. Sebenernya kayam kopi susu aja ya sih ya mba

  7. gak ngikutin Mak, capek sendiri rasa hati ngikuti persidangan Jessica, tunggu kesimpulannya aja. ๐Ÿ˜€

  8. capeeek ngikutin situs ini tapi kok masih belum jelas juga pelakunya atas motif apaa

    1. Kayanya motipnya jealous gitu deh *sok tau

    2. Siapa yg jeles? Pengacara? Wkwkk

  9. Suamiku pernah minum kopi vietnam di kafe daerah cikini, itu udah jadi tinggal diseduh2 ganteng gitu.
    Pulangnya, perutnya langsung bergejolak, diare sampe besokannya.
    Itu ga pake sianida loh. Itu cuma ga cocok aja sama perut yg biasa minum kopi fireboat ๐Ÿ˜€

    Makanya, minumnya ice chocolate aja. Enak manis. Kalo dikasi sianida pasti berasa. Hahaha

    1. Hidup kopi sachetan

  10. saya malah gak ngikutin sama sekali. Paling males kalau ngikutin berita kriminal walaupun saya penggemar serial kriminal hihihi

    1. Ngeri sih jadinya…parno mba

  11. pelajaran hidup yg aku ambil? bahwa kadang sesuatu tidak seperti yang terlihat.
    aku agak ragu soalnya kalo Jesicca bersalah ๐Ÿ™‚
    Tapi tunggu aja deh hasil pemeriksaannya ya..

  12. Kasus yang menarik perhatian banget. Menunggu-nunggu keadilan bisa memperlihatkan siapa yang salah dan benar.

    1. Kita tunggu saja…

  13. Jadi masih belum ada kesimpulannya kan ya nay? Eh bener ya jangan mau minum kalo gak diracik di depan kita, tapi beruntung aku gak suka kopi hehe

    1. Belum nih. Gtau berapa sidang lagi

  14. kasusnya jadi melebar kemana mana ya mba -,-

  15. 2 hal: 1. udah pernah minum kopi vietnam duluuu sebelum ngetop di kopitiam oey. 2. Aku kenal salah satu jaksanya, malah jadi gak tega nonton.

Tinggalkan Balasan