Aplikasi GPS Android

Aplikasi gps pada android

Global positioning sistem merupakan suatu sistem yang dipergunakan untuk mengetahui suatu letak dari benda atau barang yang ada di bumi.  Saat ini GPS sudah semakin mobile dan dapat kita pasang pada kendaraan seperti mobil. Beberapa waktu lalu saya sempat nekat membawa motor dari Ancol ke Cikarang kabupaten Bekasi dengan modal GPS saja. Saat itu saya berharap ada  gps motor .


Pada mulanya, sistem pelacak ini digunakan oleh dunia militer untuk mendeteksi musuh. Sangat berbeda dengan saat ini dimana GPS bahkan dimiliki setiap orang pada perangkat smartphonenya. GPS tersebut terkoneksi baik secara online maupun offline. Sebagai android user, aplikasi yang saya pakai adalah waze social GPS dan live traffic. 


Aplikasi sistem pelacak dari Waze  termasuk aplikasi yang gratis yang dapat diunduh langsung di Google Play. Aplikasi tersebut berguna untuk memandu kamu sebagai user untuk dapat mengetahui kondisi dari lalu lintas, tingkat arus yang terjadi di jalan, maupun kejadian yang terjadi di suatu tempat secara langsung. Keuntungan dari penggunaan aplikasi dengan sistem lacak ini bagi para pengguna Waze adalah kamu dapat saling memberikan informasi mengenai kejadian yang terjadi di lalu lintas. Misalnya ketika saya melintasi wilayah Kalimalang yang macet karena hujan lebat. Saya bisa share foto kondisi jalan saat itu dan membagikannya ke seluruh pengguna. 


Waze Social GPS & Live Trafic merupakan aplikasi sistem lacak yang dapat digunakan di seluruh dunia. Beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi tersebut misalnya turn by turn voice guide navigation yang memungkinkan pengendalian dan pemanduan dengan menggunakan suara. Enak kan, kalau misalnya naik kendaraan sendirian tidak harus buka tutup smartphone karena sudah ada panduan via suara. Beberapa pengguna atau user yang menggunakan aplikasi ini mengatakan jika aplikasi tersebut mampu memberikan arahan yang tepat dan bagus dalam pelaporan masalah lalu lintas secara langsung. Memang benar, bahkan sampai gang kecil pun bisa kok dipandu. 


Ada yang sudah tahu aplikasi Sygic? Sygic yang merupakan aplikasi sistem lacak yang pengoperasiannya dapat dilakukan secara offline. Aplikasi untuk android ini menyediakan layanan peta yang lengkap disertai dengan jalur yang akan ditempuh berdasarkan pada fasilitas peta yang terekam di aplikasi ini. Karena hal tersebutlah, aplikasi ini tidak perlu menggunakan jaringan internet dalam pengoperasian untuk menunjukkan suatu tempat atau lokasi. Aplikasi Sygic memungkinkan kamu untuk mengetahui jalur dan lokasi untuk menuju tempat yang sulit mendapatkan sinyal internet. Salah satu yang menarik dari aplikasi ini adalah interface yang dipergunakan mampu menampilkan bangunan 3D pada peta walaupun tidak semua daerah.  


Aplikasi GPS lainnya adalah GPS Tracking Pro yang dikeluarkan oleh developer MapLogix. Aplikasi ini dapat dipergunakan untuk mengetahui lokasi dari keluarga, teman atau orang lain dan kemudian ditampilkan dalam peta. Versi terbaru dari aplikasi ini adalah Pro 5.0.5. Selain dapat digunakan untuk mengetahui lokasi, dapat pula digunakan untuk menghubungkanmu sebagai user dengan orang terdekat  terutama ketika sedang terjadi keadaan darurat misalnya hilang atau tersesat di jalan. 


Apa aplikasi GPS yang kamu pakai? Ada rekomendasi?


*this is a sponsored post, read disclosure


8 Replies to “Aplikasi GPS Android”

  1. indah nuria Savitri says: Balas

    favorit aku di sini Waze..or Google map 🙂

  2. waze itu penting buat yang sering nyasar kayak aku hyahahha
    tapi kata temen sih tetep akuratan gmap

    1. Aku pasang keduanya. Untuk navigasi waze lbh mudah diikuti dan informatif.

  3. Aku pakai google & waze. Kalau sinyal kurang bagus, google lebih baik. Sekarang google makin lengkap, nggak beda sama waze. Tapi kalau lihat map sambil nyetir, nggak bisa. Nggak sambil nyetir aja aku rada lemot kalau lihat map. Kalau sudah genting, hp aku pass ke suami yg lebih cepet paham posisi heheee

    1. Begitulah otak wanita katanya

  4. Lidya Fitrian says: Balas

    ancol cikarang? haduh jauh . aku pernah nekat dr rumah ke cikarang PP pulang2 pegel 🙂

  5. Lidya Fitrian says: Balas

    ancol cikarang? haduh jauh . aku pernah nekat dr rumah ke cikarang PP pulang2 pegel 🙂

Tinggalkan Balasan