Beauty

Apa sih BB cream?

Agustus 30, 2016
Bb cream, cc cream, bb cushion, tea tree, the body shop

Saya mengenal BB cream belum lama ini, sekitar 3 tahun yang lalu. Mungkin cukup terlambat untuk ukuran perempuan masa kini sebab tidak lama setelah itu muncul CC dan DD cream. BB cream adalah skin care sekaligus kosmetik yang sepertinya ada di setiap tas wanita di era ini. Ibu saya mengetahui BB cream juga belum lama ini. Lalu apa sebenarnya BB cream itu?

Mengapa ada yang kelihatan flawless tapi ada yang malah jadi seperti topeng? Saya punya beberapa pengalaman mencoba-coba beberapa brand Bb cream. Seiring berkembangnya kepedulian para kaum perempuan ke penampilan, malahan sekarang muncul BB cushion. Yuk ah bahas satu satu, biar tidak ketuker antara BB cream dan body butter, lhoh.

Fungsi BB Cream

BB cream itu bukan kependekan dari body butter cream atau blackbery cream ya ladies, hahaha. Itu mah saya aja yang nggak tahu kali ya. BB cream adalah singkatan dari Blemish balm atau ada juga yang menyebutnya Beauty balm. Fungsinya adalah menyembunyikan masalah atau kekurangan pada wajah seperti bekas jerawat dan skin tone tidak rata. 

Beda BB cream dengan Foundation

Lalu apa dong bedanya dengan foundation, kan fungsinya hampir sama? BB cream lebih ringan dari foundation. Sebenarnya sih nggak krim-krim amat ya, karena BB cream itu lebih cair menurutku. Harusnya BBL (beauty balm liquid..wakakak). 

Generasi baru BB cream

Tren perawatan kulit dan kosmetik terus maju, apalagi setelah gencar-gencarnya skin care dari Korea. Berbagai inovasi dilakukan sehingga muncul beberapa turunan dari BB cream. Apa saja itu?

BB Cushion

Ini yang sedang hits tapi belum saya cobain, namanya BB cushion. Hah, cushion kan bantal bukan? Iya, BB cushion itu berupa spon yang kalau ditekan maka akan mengeluarkan cairan semacam BB cream gitu. Hem..yang ini saya belum ada pengalaman sama sekali.

CC cream

Meski ada BB cream dan CC cream, tapi AA cream tidak ada ya ladies. CC cream itu katanya sih lebih kuat coverage nya dari BB cream. Bekas jerawat dan bintik kemerahan di wajah bisa tertutup sempurna. 
CC cream adalah kependekan dari Colour correcting, ada juga yang menyebut colour control dan complexion care. 

DD cream

Kalau BB cream dan CC cream buat dipakai di wajah saja, maka DD cream ini dibuat untuk merawat kulit seluruh bada. Lho, apa dong bedanya dengan body butter dan hand body lotion? DD cream (daily defense atau dynamic do all cream) fungsinya memang lebih luas. Karena saya sendiri tidak ada pengalaman pemakaian jadi nggak bisa cerita banyak. Selama ini hanya pakai Body butter atau sun block. 

BB cream yang saya pakai

1| Lightening BB cream Wardah

BB cram yang pertama kali saya pakai adalah lightening BB cream dari Wardah. Warna kemasannya biru muda. Kulit saya yang sensitif sempat break out dan tambah berminyak saat menggunakannya.. Akhirnya tidak repurchase.

2| Wardah everyday BB cream

Jangan sampai salah ya, kalau yang everyday itu warnanya hijau tosca. Varian ini cocok untuk kulit berminyak seperti saya. Ringan banget dan nggak terlalu kinclong. Harganya juga terjangkau dan gampang didapat dimana-mana. 
Biar lebih matte, saya tinggal pakai bedak tabur wardah saja setelahnya. Meski ketahanannya tidak bisa seharian, ya lumayan lah ya…nanti touch up lagi (kalau nggak males, hhhehe).


3| Tea tree flawless Bb cream The Body Shop

Ini yang sedang saya pakai saat ini. Awalnya sih gara-gara dapat sampel dari The body shop pas belanja tea tree oil, eh kok jadi enak ya.

Bb cream, cc cream, bb cushion, tea tree, the body shop
Sampel yang saya dapatkan itu Bb cream tea tree shade medium atau nomor 2. Pertama kali mencoba….langsung suka. Karena apa? 
Kemasannya travel friendly, mungil isi 53 gram. Selain itu, sesuai janjinya Bb cream yang ini ringaaan banget di wajahku. Sama sekali nggak lengket dan terkesan β€˜dandan’ hahaha. Awalnya kupikir aromanya akan sama seperti tea tree oil yang ala ala minyak kayu putih gitu ya, eh ternyata enggga lho. Aroma Bb cream tea tree TBS lebih mirip kelapa atau santan begitulah…gurih. 
Ketika ke counter the body shop lagi untuk beli facial foam sama toner, saya memutuskan untuk membeli Bb cream juga deh hehehe. 
Kata mba beauty advisornya, saya lebih cocok pakai tone dark atau nomor 3. Terbukti sih, di bagian dagu nge-blend sempurna berasa tidak pakai apa-apa. Kalau di pipi? Kok jadi iteman banget ya kulitku pakai bb cream ini, hahhaa. Problem kulit saya memang tone nya tidak rata, bagian pipi lebih putih daripada dagu atau dahi. Yasudah, saya ikuti saja saran beauty advisor. 
Bb cream, cc cream, bb cushion, tea tree, the body shop

Diantara bb cream yang pernah saya coba, yang ini paling mahal. 179000 itu kalau dibeliin bb cream wardah bisa dapat 3 buah. Tapi memang sih ada jaminan organik dan alami. Menurtku, tone nya juga nggak bikin saya seperti topeng. Pas lah sama kulit Jawa Asia macam saya ini hehehe.
Seperti halnya saat memakai wardah, pengunci Bb cream tea tree flawless ini masih tetap bedak tabur anti acne. 
Setidak dandan-dandannya saya, Bb cream harus selalu dipersiapkan dalam tas. Selain meratakan warna kulit, Bb cream juga berfungsi sebagai pelembab. Jadi, biar sekali pakai saja deh dan irit pelembab. 
Kamu pakai Bb cream juga kan? Eh Bb cream juga disukai cowo-cowo lho…hayo ngaku.
  1. Aku jarang pake BB cream. Padahal punya. Hehehe… Mukaku tiap hari pakenya pelembap sama bedak aja. Duh… Aku emang pemalas. :)))

  2. Kalau saya mah mbak belum pernah pakai yang begituan soalnya gak suka gituh, gk gk gk tapi kalau saya mah biasanya suka cuci muka pakai air hangat saja.

  3. Aku pakai BB Cream maybelline cuma pas acara-acara tertentu aja pakai BB Cream. Entah kenapa kalau pakai BB Cream mukaku jadi berasa tebel banget.