Food

Resep peyek kacang putih gurih renyah

Juli 1, 2016
Resep peyek kacang, resep kue lebaran, resep peyek, peyek gurih

 

Peyek kacang adalah hidangan favorit di keluarga saya. Tetangga dan saudara yang bersilaturahim ke rumah, sudah mengenal peyek nan menggoda itu sejak tahun 2000an. Peyek buatan ibu saya memang khas dan berbeda dari yang lain. Warnanya putih bersih, renyah, gurih dan bikin nagih. Pastinya, peyek buatan rumahan bisa lebih dikontrol dalam hal bahan dan pembuatan dari sisi kesehatan maupun kehalalannya.
Resep peyek kacang ini didapat ketika kami sekeluarga silaturahim ke saudara yang di Wonosobo. Saat itu saya yang masik kanak-kanak tidak bisa berhenti makan peyek. Akhirnya, ibu menanyakan resepnya dan menpraktekkannya di rumah. Setelah bertahun-tahun resep peyeek kacang kami teruji, saya akan membagikannya buat kamu.

Persiapan membuat peyek kacang

1| niat

Segala sesuatu tergantung niatnya. Jangan terlalu ambisius bisa berhasil dalam sekali mencoba. Sebab, terlalu ambisius akan meninggalkan kekecewaan jika gagal. Niatkan untuk kebaikan biar dinilai ibadah.

2| alat dan bahan

Alat yang digunakan untum membuat peyek kacang adalah sebagai berikut:
Pisau, talenan, piring, mangkok, sendok, ulekan, wajan, kompor (kalau ibu pakai tungku kayu).
Misalnya kamu tidak punya peralatan, pinjamlah ke tetangga.
Ini nih, bahan yang harus dipersiapkan:
  • Tepung terigu 1kg
  • Tepung tapioka 0.25kg
  • Santan encer
  • Garam
  • Bawang putih
  • Penyedap rasa ayam
  • Kacang
  • Kencur
  • Daun jeruk

Cara membuat Peyek kacang

  • Haluskan secara kasar kacang tanah yang telah dikupas dengan ulekan
  • Haluskan bawang putih, garam, penyedap rasa
  • geprek kencur secukupnya
  • geprek daun jeruk
  • campurkan tepung terigu, tepung tapioka, kencur dan bumbu halus
  • masukkan santan, kacang, daun jeruk , sedikit demi sedikit
    Resep peyek kacang, peyek kacang, peyek gurih
    Adonannya seencer ini
  • panaskan minyak
  • masukan adonan encer ke wajan dengan menggunakan centong atau sendok sayur (jangan yang berbahan plastik nanti meleleh)
  • jangan sampai coklat ya, pokoknya kering di 2 sisi…angkat
  • tiriskan
Sudah bisa dimakan? Belum terlalu nikmat. Simpan peyek setengah matang itu di tempat aman dan tertutup. Setelah lewat 24 jam, goreng ulang peyek dengan api sedang. 
Bagaimana? Mudah bukan cara membuatnya. Tingkat kesulitan adalah manajemen pengapian dan keenceran adonan. Makin sering mencoba makin lihai. Selamat membuat peyek kacang putih, gurih, renyah, nagih. Saya pernah cerita bahwa peyek ini adalah the signature of me, selalu jadi oleh-oleh khas dari keluarga.
Kalau di rumahmu, jajan lebaran apa nih yang paling sering dibuat?
  1. Yg pakar bikin rempeyek kacang seperti diatas almarhum eyang uti di Semarang.hikss jadi inget momen pas lebaran.

  2. Suka peyek, tapi gak tahan bikinnya.Lamaaa. Paling seneng itu kalo dibawakan peyek. Satu kaleng besar, sbg oleh2 dari bulik.

  3. ya Allah lebaran benerannnnn…. nggawe ahhh ben lebaran tapi g boleh ambisius :v :v *sambil baca bismillah xD

  4. Kalau di kalimantan, sih, biasanya kalo lebaran sukanya makan ketupat, nasi kuning, atau soto banjar. Makanan berat semua, sih, mbak wkwk. Tapi kalau di tempatku sekarang tradisinya kalo lebaran nyiapin minuman bersoda gitu hehe.