Plus Minus Mesin Jahit Mini

Mesin jahit mini
Setiap orang pasti mengenakan pakaian yang tidak selamanya dapat berfungsi dengan baik. Ada kalanya karena suatu alasan, misalnya karena terjatuh ataupun karena terinjak, pakaian menjadi sobek dan membuat kamu harus secepatnya untuk menambal atau menjahit bagian yang sobek tersebut.

Namun, tidak setiap orang dapat menjahit dengan baik sehingga diperlukan orang yang dapat menjahit ataupun alat seperti mesin jahit. Salah satu jenis mesin jahit yang dapat digunakan adalah mesin jahit mini. Suatu hari saya melihatnya dijajakan di dalam bis. Agak tidak percaya alat sesederhana itu bisa digunakan untuk menjahit.
Mesin jahit jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan mesin jahit yang sering Kamu lihat di rumah. Mesin jenis ini biasanya termasuk sebagai mesin jahit yang portable. 
Saya sih tertarik banget sama mesin jahit mini, alasannya karena dapat dibawa kemana saja. Ukuran dari mesin jahit ini hanya sekitar seukuran strapless sehingga memungkinkan untuk dibawa kemana saja misalnya traveling atau bahkan naik gunung sekalipun.
Meisn jahit mini ini juga dapat digunakan di saat-saat tidak terduga. Kamu tidak tahu kapan baju atau pakaian pakaian baik atasan ataupun bawahan yang kamu kenakan akan rusak misalnya ketika menggunakan rok panjang, tidak sengaja terinjak sehingga sobek. Dengan menggunakan mesin jahit tangan mini atau mesin jahit strapless yang dapat dibawa kemana saja memungkinkan Kamu untuk dapat memberikan pertolongan pertama pada pakaian. Hasilnya, Kamu dapat terhindar dari momen atau peristiwa yang memalukan dan dapat terlihat lebih baik.
Kelebihan lain dari meisn jahit mini adalah mudah digunakan. Mesin jahit tangan mini atau mesin jahit strapless yang memiliki bentuk seperti strapless memiliki cara kerja yang sama ketika Kamu menggunakan strapless untuk menggabungkan dokumen. Kamu cukup menekan dan melepas mesin jahit ini lalu menggeser pada bagian yang akan Kamu jahit hingga keseluruhan bagian yang bermasalah setidaknya dapat tertutupi.
Harganya gimana ya? Harg mesin jahit staples ini lebih murah dibandingkan dengan mesin jahit yang biasa digunakan. Harga mesin jahit mini yaitu sekitar Rp 30 ribuan hingga Rp 430 ribuan dan tergantung dari jenis mesin jahit tersebut. 
Bagaimana cara menggunakannya? Gampang banget lah. Mesin jahit dengan ukuran mini seperti mesin jahit strapless ini memiliki bentuk yang sederhana sehingga memudahkan untuk memasang benang ataupun memasukkan benang ke dalam jarum jahit yang ada pada mesin jahit. Iya, jarumnya sama saja dengan yang dipakai di mesin jahit kok. Ringkes pisan pokoknya mah. 
Akan tetapi, mesin jahit yang berukuran mini seperti mesin jahit tangan mini atau mesin jahit strapless memiliki kekurangan. Pertama adalah mesin jahit jenis ini tidak dapat digunakan untuk jenis bahan tertentu atau pakaian dengan ketebalan tertentu. Hal tersebut dikarenakan mesin ini hanya digunakan sebagai pertolongan pertama dan untuk pakaian yang terbuat dari bahan yang tipis.
Mungkin kamu akan bingung  saat pertama kali menggunakan mesin jahit mini karena tekniknya yang berbeda jika dibandingkan penggunaan dengan mesin jahit pada umumnya. Jahitan tidak dapat rapi jika kamu baru pertama kali atau belum terbiasa menggunakan mesin jahit yang berukuran mini ini. Besar kecil jahitan juga tidak dapat sama karena tergantung dari cara kamu menjahitnya.
Intinya, mesin jahit mini sifatnya hanya untuk emergency. Letakkan saja di laci meja kantor atau survival kit traveling, siapa tahu diperlukan di saat-sata tak terduga. Kalau sudah sampai rumah, rapikan lagi ke tukang permak.

This is a sponsored post, read disclosure

17 Replies to “Plus Minus Mesin Jahit Mini”

  1. Aku kapok pake mesin jait mini, cepet rusak. Mendingan pake mesin jait beneran yg portable.

    1. Iya karena ini sifatnya buat emergency ajah

    2. setuju banget nih sama mba ratu, dulu aq punya tapi kapok juga karena baru beberapa kali pake langsung rusak. mana gak bs dibenerin pula 😀

  2. aku pernah beli yang mirip streples tapi gak bisa cara pake nya hahahha

    1. Padahal gampil pisan. Ayo dicoba lagi

  3. Mau intip cara pakenya dong.

    1. Next time kasih tutorial hahha

  4. Belum pernah beli. Beli yg mini portable itu. Cuma pakai 2 hari trus aku bosen.

    1. Mba Lusi suka Diy mah cucoknya mesin jahit beneran

  5. sebenarnya perlu juga ya untuk dirumah, lumayan kalau ada yang sobek2 bisa langsung dijahit

  6. pernah lihat tapi nga ngerti cara pakainya. jadi urung dech beli nya.

    1. Kalau di bis…dipraktekin sama abang2nya hahaa

  7. Gustyanita Pratiwi says: Balas

    tapi klo pas polanya gede gimana tuh nai, ngepas ga, misal pas kena ke kain buat gaun njeprok

    1. Cuma buat robek2 ini…bukan buat njait heheh

  8. Yasinta Astuti says: Balas

    Aku juga punya trus malah bingung make nya. Lebih suka jahit tangan aja sekalian ehehhe
    Dan emang buat emergency banget sih oke. Setuju di simpen di kit traveling 😀

  9. andi maryanto says: Balas

    aq mau beli tapi yang jual dimana ya kalo di pekalongan jawa tengah mbak?

Tinggalkan Balasan