Health

Lakukan 5 hal ini agar tetap segar di tempat kerja saat puasa

Juni 8, 2016
Agar tetap segar saat bekerja di bulan puasa
Puasa di minggu pertama bulan ramadhan memang masih perlu adaptasi. Meski kita lakukan tiap tahun, ya tetap saja tubuh perlu penyesuaian dengan ritme baru. Di bulan puasa, jam kantor biasanya dimulai lebih pagi agar pulangnya lebih cepat. Bukan perkara mudah untuk menahan kantuk jam 7 pagi saat aktivitas harus dimulai. Performa melemah dengan alasan puasa bukanlah suatu hal yang bijak, meski terdengar wajar. Sebenarnya kita bisa menyiasati masalah ini, berikut adalah 5 hal yang bisa kita lakukan agar tetap segar di tempat kerja saat puasa.

1| pakai body butter

Entah mengapa meski sudah mandi pagi, hawanya seperti belum mandi deh kalau belum pakai body butter. Selain melembabkan kulit, aroma dari skin care yang satu ini bikin semangat. Saya pakai olive body butter The Bodyshop yang kebetulan cocok di kulit. Dibandingkan body lotion, kemampuan melembabkan dari body butter ini lebih bisa diandalkan. Terlebih saat puasa badan kita kekurangan cairan kan? Khawatirnya mudah kering dan kusam jika tidak diperlakukan dengan baik. Menurutku, kalaupun kamu pria…sebaiknya ngga malu pakai body butter.


2| lembabkan bibir dengan lipbalm

Benda yang satu ini paling essential saat puasa. Lipbalm bisa melembabkan dan menjaga bibir kamu dari penampilan yang kurang enak dipandang. Pria? Iya banget…bisa pakai kok, asal jangan yang berwarna nanti malah jadi seperti artis Korea hehhehe. 

3| aromatherapy

Pas lagi ngantuk-ngantuknya sementara harus standby meeting, coba deh cium-cium minyak angin aromatherapi. Atau pas kamu kebetulan lagi batuk, ya masa mau minum kan? Oles-olesin aja di leher. Mungkin dari kamu juga ada yang gampang mengalami sakit kepala sebelah ketika kadar gula dalam tubuh menipis (lapar). Saya seperti itu, dan seringnya si minyak angin dioles-oleskan ke dahi kiri dan kanan. 
Agar tetap segar saat bekerja di bulan puasa

4| power nap

Di tempat kerjamu ada kebiasaan power nap ngga? Itu tuh, tidur siang beberapa menit gitu. Kalau di tempat kerjaku, setiap jam 12 siang…lampu dimatikan. Suasana jadi tenang dan syahdu. Setelah selesai sholat dzuhur, hampir seluruh karyawan bersiap di lapak masing-masing untuk tidur. Tidak ada kasur atau sleeping bag kok, hahaha…kami memanfaatkan kursi dan meja kerja yang ada.
Power nap terbukti membuat saya segar entah itu dalam kondisi puasa atau tidak. Mungkin ada yang berpikiran, pemalas banget sih pakai acara tidur siang. Hellaaww,,,it’s better than ngerumpi may be. Awalnya memang saya kesusahan untuk bisa tidur dalam kondisi ala kadarnya dan hanya beberapa menit, tapi…lama-kelamaan malah menjadi kebiasaan. 


5| sedikit pencitraan, banyak tertawa

Pencitraan sibuk, pencitraan bahagia, pencitraan merana, ah…yang namanya pencitraan itu bikin capek. Kerja sesuai job desk dan ngga perlu ngoyo sih. Kalau ada hal yang bisa dibagi dengan team, ya nggak perlu dikerjain sendiri. Hargai keberadaan orang lain dengan membagi tanggung jawab. 
Ujian kesabaran saat puasa rasanya lebih besar deh, tapi masa iya kita harus meledak-ledak? Banyakin senyum layaknya orang yang sedang jatuh cinta, maka puasamu akan terasa lebih ringan. Badan tak cepat lelah, lesu, dan tentunya senyum itu kan berpahala…amiiin.
Yang namanya pekerjaan, mau itu kantoran atau di lapangan…pasti punya tantangan dan trik tersendiri untuk dijalani saat puasa. Ibadah puasa ditujukan untuk kita agar kita menjadi lebih baik. 
Kamu punya tips lain agar tetap segar saat bekerja di bulan puasa? Bagi di kolom komentar ya.
  1. Yang power nap ini yang penting siy mnurutku, curi2 waktu ahaa..dulu pas masi kerja, jangankan kursi, di lantai juga kujabanin tidur, pake tiker milik divisi wkwkwk

  2. Aku cuma istirahat setengah jam biar pulangnya lebih cepet setengah jam juga. Jadinya ga bisa tidur siang. Tipsnya sesekali buka website menarik. Aku sih lagi seneng buka Pinterest lagi dan kepikiran pengen bikin DIY heheheehe.

  3. Jadi inget pas masih kerja, teman-teman saya non muslim semua. Jadi, ketika mereka istirahat makan siang, saya memilih ngadem di kantor aja. Power napnya kayaknya di situ hahaha

  4. itu lipbalm, body butter , puasa ga puasa sih tetep selalu aku pake :D.. kalo udh terbiasa make itu, sekali aja ga make terasa bgt bedanya.. kulit jd kyk gatel.. kalo aku di kantor tidur siangnya ngambil dr jatah istirahat mbak ;p.. kan ada wktunya 1 jam, nah di situ deh kita pake utk tidur bntr

Tinggalkan Balasan