Waspada Tindakan Kriminal di Pesta Pernikahan

Modus kriminal di pesta pernikahan, pesta pernikahan, tindakan kriminal di pesta pernikahan
Jagain pengantennya
Bulan-bulan jelang ramadhan biasanya undangan pernikahan semakin ramai. Terkadang, dalam satu hari bisa ada beberapa tempat yang harus didatangi. Bahkan saya mengalami harus lintas provinsi dari Bekasi ke Cilacap lalu ke Jakarta dalam 24 jam sebab terdapat dua undangan dalam waktu berdekatan. Kebanyakan pesta dilakukan di gedung pertemuan, entah itu gedung tersendiri atau yang menyatu dengan perkantoran dan hotel. Faktor keamanan sering diabaikan dengan anggapan bahwa semua yang datang pastilah yang diundang oleh pembuat hajatan.

Pesan bang Napi ‘kejahatan bisa terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya tapi karena ada kesempatan’, harus kita ingat. Inilah beberapa tindakan kriminal yang bisa terjadi di pesta pernikahan.

1|Pencurian Smartphone
Sudah seperti menjadi sebuah kewajiban untuk berfoto dengan mempelai. Tak cukup difoto oleh fotografer dari pemberi hajat, kita seringkali menggunakan smartphone pribadi untuk berfoto di pelaminan. Akan aman jika yang memegang smartphone adalah orang yang kita kenal. Seringnya, kita meminta bantuan orang yang di depan pelaminan untuk memotretkan. 
Sewaktu saya hadir di acara pernikahan seorang sahabat, team fotografer menolak untuk diganggu para tamu. Urusan foto memakai smartphone mereka tak ikut-ikut. Ini benar, jangan sampai ada oknum yang menyamar sebagai team fotografer. Kejadian ini dialami oleh teman saya ketika weekend lalu hadir di acara pesta pernikahan di bilangan Rawamangun. Dia meminta tolong ke fotografer untuk memotretkan. Ketika si teman turun dari pelaminan, dia tak mendapatkan smartphonenya.
Penyelidikan oleh kepolisian menghasilkan fakta bahwa si fotografer menyerahkan smartphone ke oknum. Apakah ini sengaja? Apakah ada sindikat? Atau ini hanya kelalaian si fotografer?
2| Pencurian Kendaraan
Parkiran kendaraan di acara pesta pernikahan biasanya dijaga. Apalagi jika loaksinya di hotel atau gedung, kita lebih bisa bernafas lega. Bagaimana jika pesta di pemukiman? Ini yang harus kita waspadai. Meski petugas keamanan bertebaran, tetap saja pengamanan dari diri sendiri sangat penting. Jangan meletakan barang berharga dan kuncilah ganda.
3| Mantan yang mengamuk
Beberapa waktu lalu ada pemberitaan soal mantan pacar yang mengamuk di pesta pernikahan. Masih mending sih karena dia tidak membawa bom atau pistol. Generasi sekarang makin nekat, kata orang sih karena kebanyakan makan mecin. Tidak menutup kemungkinan, pengacau model seperti ini bisa memasuki area pesta. 

Jika ada kerusuhan dalam pesta, segera mencari perlindungan. Jangan kepo dan malah selfie-selfie. Atau malah sok bijak dan menasehati “tampan saja tidak cukup mas, wanita juga perlu kepastian”. 

4| Miras
Di beberapa wilayah, pesta pernikahan tak lengkap tanpa miras. Minum atau tidak, itu pilihan. Sebaiknya sih jangan dekat-dekat lah sama orang yang sedang mabuk. 
5| perjudian
Sama halnya dengan miras, tradisi perjudian ini juga ada di beberapa wilayah. Udah mah main COC aja atau Tebak gambar, hehehe. Ingat pesan bang Oma.
Pesta pernikahan biasanya sudah direncanakan dengan baik, tapi jangan lupa juga untuk memperhatikan aspek keamanan. Meski pernikahan dilakukan di gedung atau hotel sekalipun, gate masuk harus dibuat lebih ketat. Jika pesta dilakukan di rumah, jangan main-main soal keamanan. Sebenarnya itu tanggung jawab tamu untuk menjaga barang pribadinya sih yah….
Kamu pernah mengalami kejadian tidak menyenangkan di pesta pernikahan? Cerita dong di kolom komentar!
Terima kasih sudah membaca Wednesday Kamar Cewek.

64 Replies to “Waspada Tindakan Kriminal di Pesta Pernikahan”

  1. Liza Fathia says: Balas

    pernah… aku pernah nemuin tamu yang tak diundang datang ke pesta pernikahan, sayangnya dia menderita gangguan jiwa dan bikin rusuh pesta

  2. Leyla Hana Menulis says: Balas

    Waduuh.. Makasih tipsnya. Sering kan minta tolong orang untuk fotoin.

  3. Witri Prasetyo Aji says: Balas

    wuaduh, mantan yang mengamuk
    aku dulu nikah blas gg undang mantan… hehe

    1. Oohh gitu hahah

  4. Eh aku baru tau kalo ada kriminalitas separah itu di kawinan. Taunya paling orang nggak dikenal yang banyakan numpang makan di kawinan atau kasih amplop kosong. Kalo udah kriminal berat sih serem banget.

    1. Iya akupun baru tau

  5. eri udiyawati says: Balas

    Pencurian motor, di daerah saya pernah kejadian. Kita memang harus hati2 jika ada pesta ramai2..

    1. Wah beneran kan

  6. aku ngebayangin kalau kayak gini yg mau yg bikin hajat sih, kasian 🙁

    1. Iya mba…kena juga

  7. Widih jahat banget fotographernya… Hati2lah pokoknya mendingan ada temen yg ngalaih buat fotoin kita gantian ya hehe…

  8. kalau nikahan kan banyak orang, ini ae yang lagi makan isa ilang 🙁
    emang kudu hati2

    tapi jangan undang mantan keknya biar g ngamuk wkwkkw

    1. Hahahaha kamu gitu ya mba Cha?

  9. Eh iya aku liat kemarin video mantan mengamuk di pesta pernikahan. Kasian bener yaaa, untung ga digebukin parah sama warga sekitar. Miris dan drama bener ituuu. Hihihi. Makasi sharingnya yaaaa

    1. Makasi juga sudah berkunjung