Cara menaikkan traffic blog dengan facebook ads

Cara menaikkan traffic blog, sponsored post, tips blogging, facebook ads
Pernah tidak sih kita sedang membuka laman facebook lalu melihat iklan-iklan? Terkadang iklan-iklan itu muncul begitu saja di tengah halaman atau di sidebar kanan. Bagi pengguna chat application blackberry messenger (bbm) juga pasti akrab dengan iklan seperti ini. Tidak hanya muncul di feed blackberry messenger, iklan juga sering hadir menyusup diantara chat.

Kok bisa sih? Ini semua namanya startegi marketing. Terkait iklan di facebook dan bbm tersebut, ternyata caranya mudah lho kalau mau ikut-ikutan nampil di sana. Itulah salah satu cara yang bisa dipakai blogger untuk menaikkan traffic postingan blognya.

Service excelent untuk brand

Kenapa brand makin gencar memakai blogger sebagai partnernya? Tiada lain tiada bukan, sebab saat ini perkembangan internet sudah sangat masif. Ketika saya ingin membeli suatu produk atau mengunjungi suatu tempat, blog lah tempat mencari informasi. Kenapa? Sebagian besar yang ditulis berdasarkan pengalaman, bukan semata teori. Jadi, saya lebih percaya blogger sih. 
Jika kita punya blog dan sudah biasa menjalin kerjasama dengan brand, apa yang akan kita lakukan agar kerjasama terus berjalan? Pastinya, sebuah service excelent yang menguntungkan kedua belah pihak dong ya. 
Setelah seorang blogger menulis dengan sepenuh hati pesanan brand (kalau bukan article placemnet) apakah akan didiamkan begitu saja? Kalau saya, mau itu sponsored atau bukan perlakukan tetap sama. Share ke fanpage, google plus, grup blogger, twitter, tumblr, line, status bbm, kadang juga path….hehehe. Kenapa sponsored post harus punya banyak traffic? Yaiyalah…coba deh dipikir lagi apa tujuan dari beriklan. Traffic juga bisa menjadi senjata bagi blogger memberikan tawaran untuk brand lho. Intinya, kalau kata John Legend ‘Give your all to me, i will give my all to you’.


Apa itu facebook ads?

Social media paling ramai masih ditempatin facebook. Kalau dulu, orang beriklan secara random saja via profil masing-masing, sekarang facebook menawarkan paket kece nih. Iklan yang muncul di tengah laman atau di samping laman fecabook itu yang dinamakan facebook ads. Menariknya, iklan-iklan di facebook ads bisa kita sett targetnya secara detail. Datanya dari mana? Dari profil facebook dong. Semuanya terekam membentuk database yang sangat bermanfaat buat iklan. 
Cara menaikkan traffic blog, sponsored post, tips blogging, facebook ads
Tawaran suruh ngiklan
Di facebook ads kita sendiri yang menawarkan konten ke seluruh penjuru dunia. Hah? Seluruh penjuru dunia? Iyaaa..kamu ngga salah baca dan saya ngga pakai hiperbola. Misal nih ya, saya mau menaikkan traffic postingan tentang ‘tips membuat konsep pernikahan yang instagramable’. Siapa sih target saya? Orang Asia, single, pengguna instagram. Dengan hanya menuliskan informasi demikan, kita sudah bisa beriklan di ribuan target lho. Yah..teorinya sih yang klik iklan kita sekitar 10% dari target, tapi kan ya lumayan daripada tidak sama sekali.

More Spend, More You Get

Ngiklan di facebook ads kan bayar? Iya,,bayar,,memang. Tapi, bagi blogger pemula seperti saya inilah cara marketing yang menjanjikan. 
Berapa sih tarif satu iklannya? Beda-beda sist and bro…tergantung kita mau menempatkan dimana. Mobile? Tengah laman? Sidebar? Jadi, kalau tidak memakai kredit card ya memang harus bayar di awal dulu untuk smeua itu. Misal 10ribu rupiah perpost, ya kita bayar segitu. Facebook ads menyediakan management budgeting yang bisa dengan mudah kita kendalikan bahkan via smartphone. “duh..iklan di pinggir kok dikit yang klik, yo wes non aktifin…pindah ke tengah”…dan semacamnya.
Cara menaikkan traffic blog, sponsored post, tips blogging, facebook ads
Iklan nyempil di chat
Semakin ‘biasa saja’ sebuah tulisan, maka harga iklannya semakin mahal. Tulisan yang baik dihargai 200rupiah atau lebih murah dari itu. 

Agar postingan rame klik di facebook ads

Meski facebook sudah menarget secara spesifik iklan kita, tetap saja ya blog itu ya tentang konten. Buatlah konten yang ‘semanusia’ mungkin kalau kamu mau beriklan via facebook ads. Riding the tren alias membuat postingan yang berpotensi viral.  Tapi, ya jangan ikut-ikutan lalu kita lupa sama tema blog kita dong ya. 
Headline is everything, sebab 80% klik itu berasal dari headline tersebut. Thumbnail juga jangan asal, uh..jadi piye? Thumbnail dengan gambar beresolusi tinggi, berupa objek manusia, dan minimalis terbukti lho berpengaruh ke klik. 
Apa saja sih cara marketing via facebook
Kalau kamu mau beriklan via facebook, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat fan page. Fan page itu dibuat seprofesional mungkin dan sering diupdate yah. Oiya, yang belum like fanpage saya, boleh kok dicari di www.facebook.com/innnayahdotcom (assikk).
Kalau mau yang gratisan sih bisa pakai cara yang biasa. Bergabung di grup atau membentuk friendlist tertentu. Jangan deh ya random share iklan via inbox atau tag sembarangan gitu. Spammy lho…itu jahat hahahha.

Sponsored post versus hostingan

Sudah panjang bahas soal marketing strategy sponsored post…eh jangan lupa nih bagian dasarnya. Hostingan dan domain itu penting lho. Beberapa waktu lalu sempat ada server down, saya tidak bisa komentar di beberapa blog. Rugi banget kan kalau misal kita harus UP sebuah sponsored post eh malah hostingan bermasalah. Sama team ngobrol cantik Blogger Perempuan, saya dikenalkan dengan Dewa web. 

Dewaweb sudah pakai SSD cloud hosting yang katanya lebih cepat dan jika ada sebuah server bermasalah, maka tidak akan berfek ke resource yang lain. Amaaan deh ya. Brand suka lho sama domain top level alias berbayar. Ya…lebih pro aja gitu kelihatannya. Di tempat ini sedang ada promo malahan, 90ribu saja buat dapetin domain dot com. 

Mau dibawa kemana hubungan kita…?

Sebuah hubungan yang baik tentu maunya tetap lanjut dong ya, eh ini apa? maksudnya hubungan sama brand. Service excelent cause i give you all of me and you give me all of you.

82 Replies to “Cara menaikkan traffic blog dengan facebook ads”

  1. Rani R Tyas says: Balas

    oh bisa to postingan blog pake facebook ads 😀

    1. Bisaaa banget mba

  2. Wah, ini juga masalah saya, tulisan berbayar traficcnya gak serame tulisan biasa.
    Ternyata ada caranya ya biar tulisan berbayar jadi rame dikunjungi.
    Harus ngulik fanpages nih. Selama ini ada tawaran dari fb utk bayar sekian, aku cuekin. Qeqeqe, belum mudeng.
    Makasih sharingnya mba

    1. Iya..tulisan berbayar yang keliatan hardselling bahkan sejak baca judul…itu bikin males ngunjungin hweheh

  3. Dian Farida says: Balas

    Saya jg Penasaran sama fb ads ini..ngaruh ga sih?

    1. Ngaruh banget lah mba…

  4. Rosalina Susanti says: Balas

    udah pernah pake FB Ads kah mbak?

    1. Aku belum mba…mau coba dalam waktu dekat

  5. Gustyanita Pratiwi says: Balas

    Ng..jadi kitanya yang bayar ke fesbuknya yak huhu

    1. Iya Nit kita bayar ke facebook

  6. Masalahnya kadang ada yg nggak punya CC, kak. Tapi emang FB Ads worth to try kalau mau boost sponsored post

    1. Itu dia sih…paling kalau perlu banget minjem temen heheeh

  7. Dwi Puspita says: Balas

    Mau coba juga, tapi masih mau belajar lg tentang fb ads ini…

    1. Iya mba sayapun…khususnya soal targeting