5 persiapan wajib anak kos sebelum ramadhan

Persiapan ramadhan, persiapan puasa, ramadhan di rantau, ramadhan di kos, ank kos
Ramadhan tinggal beberapa hari
lagi. Tahun ini adalah kali ke sekian tahun saya menjalaninya di tanah rantau.
Sedih? Aku wes biasa…aku rapopo (terus lari ke pojokan). Buka puasa di jalan,
sahur sendirian, berjuang melawan malas untuk taraweh, desak-desakan nyari
diskon lebaran di mall, itulah rutinitas tiap bulan puasa selama 8 tahun jauh
dari keluarga. Hikmah dari semua ini adalah saya dapat banyak pengalaman
survival ramadhan di kos. Inilah 5 persiapan wajib buat anak kos sebelum
ramadhan.

1| jadwal imsakiyah

Jaman sekarang, semua smartphone
sudah ada jadwal sholat termasuk jadwal sahur serta buka puasa. Tapi, rasanya
kurang berasa greget kalau belum nempelin jadwal imsakiyah. Coba googling deh dari
sumber terpercaya. Dan jangan lupa sesuaikan dengan daerah domisili kamu
sekarang. Yaiyalah, sebab jadwal imsakiyah ngga ditentukan berdasarkan alamat
KTP. Keuntungannya adalah kita bisa mengatur time management beribadah,
dan…ngitung mudik tinggal berapa hari lagi. hayo ngaku deh yang suka
bulet-buletin jadwal imsakiyah pakai spidol warna-warni.

2| alarm sahur

Hampir sama seperti jadwal
imsakiyah, alarm ini hal yang sepele dan biasa. Bahkan setiap haripun pasti
kita pasang alarm di smartphone kan? Tapi, saran saya sih…persiapkan alarm
khusus buat ramadhan. Biar apa? Biar bisa sett ke otak kita bahwa โ€œkamu harus
sahur, ini bulan ramadhanโ€. Barangkali, coba request suara orang tercinta buat
dijadiin alarm…cie cie.

3| makanan instan

Silakan judge kalau saya salah,
tapi ini realita kok. Makanan instan entah itu yang kalengan, kering, atau
plastikan adalah senjata utama untuk jaga-jaga. Meski beberapa tahun ini untuk
sahur saya pakai catering, ya siapa tahu ada apa-apa iya kan? Makanan instan
yang selalu saya sediakan adalah kurma kering, mi instan, sarden, dan tuna.

Persiapan ramadhan, persiapan puasa, ramadhan di rantau, ramadhan di kos, ank kos

4| ketel pemanas

Daripada dispenser, saya lebih
suka pakai ketel atau orang sering menyebutnya heater. Ketel listrik andalan
saya sejak pertama kali ngekos ini bisa serbaguna lho. Masak air untuk minum,
ngangetin makanan berkuah, goreng-goreng dikit, bisa juga untuk masak mi instan
dan sarden. Belum tahu ya? itu lho yang seperti ada di kamar hotel.

Kalau kamu belum punya, bisa kok
beli online. Murah meriah, di bawah 100 ribuan juga ada. Heater punyaku seharga
60ribu masih kepakai sampai sekarang lho. Saya dulu beli di toko kelontongan,
tapi biar praktis, online di lazada juga
bisa. 

5| teman berbuka dan sahur

Sahur dan buka akan terasa kurang
manis tanpa sirop. Eh..bukan…bukan, maksudnya tanpa teman. Kalau yang
kosannya rame sih ngga masalah ya, nah saya ini termasuk yang tidak seperti
itu. Jadi gimana? Sahur di restoran cepat saji aja yang selalu rame? Tekor dong
nanti. Mending sahur dan  buka ditemani
televisi. Kasihan amat ya…ah tapi tidak masalah.

Yang belum punya tv, boleh lah ya
boyong LCD ke kamar. Tidak perlu yang besar, biar ngga sumpek sudah aja 15 inch
cukup. Di Lazada Indonesia ada ramadhan sale lho
mulai 1 Juni-11 juli 2016. Ngga cuma jualan baju koko sama sajadah kok,
Televisi buat nemenin buka dan sahur kamu juga ada. Siap-siap saja, siapa tahu
pas lihat-lihat televisi di sana kamu malah nemuin promoan yang sampai 80%
diskonnya. Hhehhe…jadi, yang habis gajian atau dapat kiriman tolong dijaga
dulu tuh kartu debitnya buat Ramadhan sale.

Ramadhan di tanah rantau memang
perlu perjuangan, nggak perlu galau…apalagi jika tiket mudik sudah di tangan.

Persiapan ramadhan mu
apa nih? Share di kolom komentar ya….
*this is a sponsored post (see disclosure)

54 Replies to “5 persiapan wajib anak kos sebelum ramadhan”

  1. Eri Udiyawati says: Balas

    Dulu pun begitu pas masih ngeskost. Beruntungnya satu kost2 an 6 orang cewek semua. Jadi pas sahur ramai ๐Ÿ˜€
    Persiapannya memang begitu kalau anak kost. Dan tidak akan lupa mie instan, xixixi

    1. Mi instan emang paling wajib yaab

  2. Indah Putri says: Balas

    jadi keingat jaman kosan dulu ๐Ÿ™‚ hihihi

  3. Rani R Tyas says: Balas

    baru tahu kalau ketel juga bisa buat goreng-goreng dikit.. hahaha sepertinya memang harus cari di Lazada nih

    1. Yuuk mumpung diskonan gede nih

  4. Inda Chakim says: Balas

    sama mbk, aku jg siapin yg instan2, bwt jaga2 klok wktu sahur mefet.

    1. Iya bener kita gtau kan apa yg akan terjadi

    2. Iya bener kita gtau kan apa yg akan terjadi

  5. Endah April says: Balas

    semangat mbak nanti puasanya, aku belum pernah ngerasain puasa di tanah rantau hahaha. btw itu koleksi bukunya bikin ngiler tolong :Q

    1. Iyaah. Waah sesuatu banget lho sensasinya

  6. Rosalina Susanti says: Balas

    taun lalu saya gak punya point terakhir. di kost sepiiii banget. dan itu pollll sedihnya ๐Ÿ™

    1. Ciyeee yang sekarang udah ngga sendiri lagiii

  7. Jadi ingat masa2 ngekost. Saya sih hunting warung di sekitar kost yang buka waktu sahur. Hehehe..

    1. Rajin banget mba…wah kalau aku sih khawatir kesiangan atau ga kebagian nasi di warung hahahaha.

  8. Hihi.. alarm sahur dan makanan instan nih yg penting bgt.. biar bisa langsung seduh. Hmm kalao alarm kayaknya harus ditaroh dekat bantal kalo ga bisa lewat. Eh tapi itu dulu. Stelah berkeluarga mah ga begitu. ๐Ÿ™‚

    1. Asiiknya yg udah berkeluarga ๐Ÿ™‚

  9. Trus mi ayam bawangnya manaaa?

  10. makanan instan bukan di bulan Ramadhan aja harus siap sedia, apalagi bulan puasa yaak, hahaha. Kalo lagi males beli atau masak sahur ya betul deh makanan instan (baca:indomie) andalannya xp

  11. Dulu pernah tuh pake senjata makanan instan selama sebulan bu, daan berat naik 10 kg sebulan selama puasa doang. Pas buka karena ngekos jajannya ke gerai fast food jugak. Klop dah. Hahaha.

    1. Waduh tekor tuh buka di luaran mulu kalau aku mas

  12. aku punya heater ky punyamu itu mba, beli baru tp belom pernah dipake. hihihi, trauma pake heater kabelnya meleleh ๐Ÿ˜€

    1. E iya ati ati mba…jangan sampai ada yg konslet atau kebuka kabelnya ya

  13. Kalau saya sedia wajib sedia kopi, minum sebelum makan sahur

    1. Wahh ndak papa ya mba Arin? Etapi seger kali yak g ngantuk

  14. Mantaaap! Tetap semangat mba, kalo persiapan ku cukup dengan yang manis-manis *eh

  15. Yang terberat menurut gue, sih. Bangun sahurnya. Tapi, kalo begadang mah, gak masalah. CUman, takutnya pas nggak begadang. Hujan datang. Alamat deh, lupa sahur.. Seharian lemes..

    1. Waduuh jangan atuh

  16. Gustyanita Pratiwi says: Balas

    Aku pernah pake ketel listrik gitu trus jebol nay huhu

    1. Konslet tuh nit

  17. Dulu jaman ngekost pas kuliah, krn aku homestay di keluara chinese budha, jd ya g ada namanya sahur bareng.. apalagi walo di malaysia, tempat tinggal wkt itu daerah china town, so boro2 kedengaran azan, mesjid aja g ada di daerah itu :p. Yg seringnya sih aku puasa tp ga sahur mba.. ngerti si ga bgs yg begitu.. tapi alhamdulillah kuat aja ampe pas buka :). Tp ttp berkesan krn ibu kos yg baik bgt dan kdg srg ngasih bukaan puasa :D. Lumayan membantu keuangan anak kos :p

    1. Kenapa ngga saur sendiri mba?

  18. saya dari dulu hingga kini jadi anak kost-an Mba Nay ๐Ÿ™‚
    dan semua hal yang dituliskan diatas itu saya aminin ๐Ÿ™‚

    paling penting tuh alarm & makanan instan, hehe ๐Ÿ˜€

    1. Wahh toos lah ya

  19. Jangan kebanyakan mie instan ya. Heheheee….

  20. Makanan instan dan TV itu gue bangat inayah. Nikmatnya makan mie instan sambil nonton tv bisa ngabisin waktu dengan happy.

  21. Persiapan Ramadhan saya lilin mbak. Soalnya katanya udah kebiasaan pas Ramadhan sering mati lampu di sini. Entah kenapa :)))

    1. Biar ibadah makin khusyuk

  22. jaman anak kos, bulan ramadhan kalo puasanya lagi bolong itu yaaa sengsara banget nget haha gak ada yang jual makanan yg cucok di lidah
    kalau sekarang, gak puasa laper ya udeh masak sendiri hihi

    1. Iya…palingan malan roti aku

  23. laili umdatul khoirurosida says: Balas

    Haii kak innayah!!
    Aku juga ramadhan di tanah rantau selama 3 th ini. Yang paling aku IYA in dari post ini adalah makanan instan.
    Udah gaya gayaan masak nasi, tapi nggak ada lauk. Eh bangun kesiangan, ga sempet masak. Yaudah lah yaa… masak mie aja.
    Atau mentok mentok.. air putih. haha

    1. Nah lohhh sepakat banget yah

  24. jadi inget waktu mahasiswa…antri di warteg untuk saur dan ngantri di masjid saat buka. hehe

    salam kenal

    1. Aku gasuka antri warteg…khawatir keabisan wkwkwk

  25. Wahahhaha..ketel pemanas itu bener banget. Pengalaman euy pas ke Bandung puasa tahun lalu dan nginap di kosannya si kakak. Ketel pemanas ini bisa diandalin banget.

    1. Iya kan…anak kos abiis ini mah

  26. Aku dulu ngekos paling sebel banget dititipin suruh beli makanan saur sama temenku. Jadinya, setelah keluar makan saur, baru kita bangunin dia. Ahahhaah

  27. Lulu Khodijah says: Balas

    salah fokus ke buku2 dibawah tvnya:")

Tinggalkan Balasan