sponsored

5 persiapan wajib anak kos sebelum ramadhan

Mei 31, 2016
Persiapan ramadhan, persiapan puasa, ramadhan di rantau, ramadhan di kos, ank kos
Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Tahun ini adalah kali ke sekian tahun saya menjalaninya di tanah rantau.
Sedih? Aku wes biasa…aku rapopo (terus lari ke pojokan). Buka puasa di jalan, sahur sendirian, berjuang melawan malas untuk taraweh, desak-desakan nyaridiskon lebaran di mall, itulah rutinitas tiap bulan puasa selama 8 tahun  jauh dari keluarga. Hikmah dari semua ini adalah saya dapat banyak pengalaman survival ramadhan di kos. Inilah 5 persiapan wajib buat anak kos sebelum ramadhan.

1| jadwal imsakiyah

Jaman sekarang, semua smartphone sudah ada jadwal sholat termasuk jadwal sahur serta buka puasa. Tapi, rasanya kurang berasa greget kalau belum nempelin jadwal imsakiyah. Coba googling deh dari sumber terpercaya. Dan jangan lupa sesuaikan dengan daerah domisili kamu sekarang. Yaiyalah, sebab jadwal imsakiyah ngga ditentukan berdasarkan alamat KTP. Keuntungannya adalah kita bisa mengatur time management beribadah, dan…ngitung mudik tinggal berapa hari lagi. hayo ngaku deh yang suka bulet-buletin jadwal imsakiyah pakai spidol warna-warni.

2| alarm sahur

Hampir sama seperti jadwal imsakiyah, alarm ini hal yang sepele dan biasa. Bahkan setiap haripun pasti kita pasang alarm di smartphone kan? Tapi, saran saya sih…persiapkan alarm khusus buat ramadhan. Biar apa? Biar bisa sett ke otak kita bahwa “kamu harus sahur, ini bulan ramadhan”. Barangkali, coba request suara orang tercinta buat dijadiin alarm…cie cie.

3| makanan instan

Silakan judge kalau saya salah, tapi ini realita kok. Makanan instan entah itu yang kalengan, kering, atau plastikan adalah senjata utama untuk jaga-jaga. Meski beberapa tahun ini untuk sahur saya pakai catering, ya siapa tahu ada apa-apa iya kan? Makanan instan yang selalu saya sediakan adalah kurma kering, mi instan, sarden, dan tuna.

Persiapan ramadhan, persiapan puasa, ramadhan di rantau, ramadhan di kos, ank kos

 

4| ketel pemanas

Daripada dispenser, saya lebih suka pakai ketel atau orang sering menyebutnya heater. Ketel listrik andalan saya sejak pertama kali ngekos ini bisa serbaguna lho. Masak air untuk minum, ngangetin makanan berkuah, goreng-goreng dikit, bisa juga untuk masak mi instan dan sarden. Belum tahu ya? itu lho yang seperti ada di kamar hotel.  Kalau kamu belum punya, bisa kok beli online. Murah meriah, di bawah 100 ribuan juga ada. Heater punyaku seharga 60ribu masih kepakai sampai sekarang lho. Saya dulu beli di toko kelontongan, tapi biar praktis, online di lazada juga bisa. 

5| teman berbuka dan sahur

Sahur dan buka akan terasa kurang manis tanpa sirop. Eh..bukan…bukan, maksudnya tanpa teman. Kalau yang kosannya rame sih ngga masalah ya, nah saya ini termasuk yang tidak seperti itu. Jadi gimana? Sahur di restoran cepat saji aja yang selalu rame? Tekor dong nanti. Mending sahur dan  buka ditemani televisi. Kasihan amat ya…ah tapi tidak masalah.

Yang belum punya tv, boleh lah ya boyong LCD ke kamar. Tidak perlu yang besar, biar ngga sumpek sudah aja 15 inch cukup. Ramadhan di tanah rantau memang perlu perjuangan, nggak perlu galau…apalagi jika tiket mudik sudah di tangan.

Persiapan ramadhan mu
apa nih? Share di kolom komentar ya….
  1. Dulu pun begitu pas masih ngeskost. Beruntungnya satu kost2 an 6 orang cewek semua. Jadi pas sahur ramai 😀
    Persiapannya memang begitu kalau anak kost. Dan tidak akan lupa mie instan, xixixi

  2. semangat mbak nanti puasanya, aku belum pernah ngerasain puasa di tanah rantau hahaha. btw itu koleksi bukunya bikin ngiler tolong :Q

  3. Hihi.. alarm sahur dan makanan instan nih yg penting bgt.. biar bisa langsung seduh. Hmm kalao alarm kayaknya harus ditaroh dekat bantal kalo ga bisa lewat. Eh tapi itu dulu. Stelah berkeluarga mah ga begitu. 🙂

  4. makanan instan bukan di bulan Ramadhan aja harus siap sedia, apalagi bulan puasa yaak, hahaha. Kalo lagi males beli atau masak sahur ya betul deh makanan instan (baca:indomie) andalannya xp

  5. Dulu pernah tuh pake senjata makanan instan selama sebulan bu, daan berat naik 10 kg sebulan selama puasa doang. Pas buka karena ngekos jajannya ke gerai fast food jugak. Klop dah. Hahaha.