Social media

Blogger To Vlogger

Februari 24, 2016
 

apa itu vlogger, apa itu vlog, youtuber, cara menjadi vlogger, cara membuat vlog, video, youtube, instagram, social media, followers
Yuk cobain bikin Vlog

Hai..saya blogger cewek. Sudah tahu lah ya pasti, buktinya punya postingan dan url blog. Kalau vlogger? Hemm..belum deh kayaknya. Baru dua postingan di blog ini yang saya sertakan video. Sebenarnya saya suka buat video, bahkan pernah ikut workshop dari sebuah stasiun televisi tentang cara membuat sebuah berita termasuk teknik pengambilan gambar. Tapi..kembali ke percaya diri sih, masih malu. Beberapa waktu lalu, blogger senior Pak Dhe Cholik mengadakan giveaway stand up comedy. Itulah pertama kalinya saya mencoba mempublish secara terang-terangan video pendek yang nggak lucu sama sekali itu (malah kata temenku mirip ceramah ala mama Dedeh). Fiuuhh..meski take nya beberapa kali dan pindah-pindah lokasi. Vlogger itu apa sih? Apa cewek bisa jadi vlogger?

Vlogger itu apa ya? 
Awalnya tahu vlogger itu dari Raditya Dika. Vlogger adalah akronim dari video blogger. Jadi, orang yang bikin konten tapi berupa video. Bisa juga video itu menyertai sebuah postingan blognya. Kalau Vlog,  itu adalah akronim dari video blog yaitu konten yang berisi video. Sudah sering kan melihat? Biasanya sih kalau pas saya nyari tutorial tertentu..lebih enak via vlog ini yang diambil dari youtube. Kadang membaca teks itu takut salah persepsi. 
Vlog harus Tutorial?
Persepsinya memang vlog itu berupa tutorial ya. Tapi ada kok yang curhat-curhat..malah banyak. Tentunya, kalau vlog kita berupa tutorial akan lebih mudah menarik viewers. Ya..seperti kebiasaan saya, tiap perlu tutorial lebih nyaman nyari video. Mau tutorial make up, tutorial benerin genteng bocor, unboxing gadget..hingga tutorial bikin kopi. Tinggal cari aja…solusinya banyak. Buanyaaak. Kalau Raditya Dika atau Sacha Stevenson bukan tutorial kok,,tenang saja. Masih banayk aliran lain dalam Vlog. Kalau saya apa dong? Hemm…
Vlog Harus Panjang?
Semenjak instagram bisa ngirim video, muncul vlog ala instagram yang cuma 15 detik. iyaps..dan meski 15 detik,,hasilnya ngga kalah kok sama yang puanjang ala youtube. Ingat video si teteh Princess Syahrini? ternyata buat jadi viral dan menghibur ngga harus panjang. 
Vlogger Cewek Indonesia
Selama berselancar dalam dunia youtube, yang saya temuin kebanyakan vlogger itu cowok. Kecuali kalau topiknya khusus kayak vlog hijab, make up, itu pasti cewek kok (ada ngga yang cowok..mau dong tahu channelnya? Hehehe). Vlog Cewek Indonesia yang saya subscribe aja Cuma 1 channel. Sacha Stevenson. Dari doi belum seterkenal sekarang sih..gegaranya video dia yang viral pas ngomongin Indonesia.
Modal jadi Vlogger
Selain percaya diri, vlogger juga perlu modal lain. Ehem..kamera yang bagus. kalau kamera smartphone dan no edit bisa ngga? Bisa kok. Itu lho yang di channel youtube saya..sebut saja TheNuruLinayah semuanya pakai hape. Tapi, ya apa adanya banget lah. Namanya juga masih sangaaat amatir. Selain itu, kemampuan editing dan teknik pengambilan gambar juga rasanya penting. Jangan lupa juga olah vokal. Atau kamu mau videomu didubbing orang?
Sempat sih, buka channel youtube yang menurut saya keren banget. Tapi ada satu kekurangannya. Si vlogger ngomongnya kecepetan. Scriptnya sudah kece padahal, kan sayang banget ya. Jadi berasa kurang nyaman aja sih.
Blogger To Vlogger?
Kayaknya boleh juga, tapi saya harus belajar banyak soal ini. Kebetulan nih, komunitas blog yang saya ikuti mau ngadain semacam ngobrol cantik gitu deh, ngebahas soal vlog ini. Ngga Cuma soal youtube sih..tapi juga instagram. Aaaakk..instagram? pasti cewek-cewek langsung histeris. Mau kan followers sama likers kita buanyaakk..? Biar tahu nih, gimana strateginya maksimalin Youtube dan instagram. so, harus banget dateng. 6 Maret 2016 masih kosong kan?
A photo posted by Blogger & Engineer (@innnayah) on Feb 24, 2016 at 3:34am PST

Ada yang mau nemenin ke sana? Makasih ya sudah stay tune di Wednesday kamar cewek.


  1. Aku juga mau jadi vlogger, pengen bikin video yang terkonsep tapi masih harus belajar banyak buat edit video, hihi. Btw aku belom bikin blogpostnya, semoga keterima juga biar kita bisa ketemuan ya 🙂

  2. Aku juga sempet kepikiran mau jadi vlogger tapi mau edit video pake apa itu blum tau. Aaak aku mau banget ikutan tapi hari itu aku ada kuliah hari minggu 🙁 sediih