Tips Mencegah Jerawat Untuk Bikers

Motor memang bikin kita lebih fleksibel kemana-mana. Apalagi
kalau di kota besar yang padat, huh..paling gampang nyelap-nyelip ya motoran. Tapi
sebenarnya alasan utama saya untuk jadi Lady Bikers Pantura selama sebulan ini
adalah buat ngirit. Haahah iya,,soalnya kalau naik angkot bolak-balik tempat
kerja bisa ngabisin 25ribu. Sementara kalau pakai motor, 25ribu cukup buat 8
hari (pakai Pertalite). Seminggu pertama pakai motor, masalah yang saya hadapi
adalah…Jerawat. Bermotor ria ini sudah dimulai pas jalan ke Semarang di akhir
September kemarin. 2 hari full motoran dan sok nggak pakai masker karena mikir ‘udah
lah kan helm udah nutupin muka’. Rupanya…Semarang mau ngasih tanda cinta buat
saya. Jerawat 2 buah..di pipi.
“eh..lu kok sekarang jerawatan,,dulu pas kuliah mana mau tuh
jerawat nemplok” kata temen.
Kujawab aja “itung aja jerawatnya ada berapa, itu semua
jumlah orang yang lagi mendem perasaan ke aku”
Pakailah masker
Jadi, buat bikers dimana aja..masker itu penting. Kalau
engga ngalamin jerawatan segala..mungkin saya bakal males-malesan pakai masker.
Padahal, masker juga kan buat nyaring udara masuk paru-paru selain buat nutupin
pipi. Sengaja saya pakai masker dokter yang sekali pakai dan tali belakang.
Alasannya? Masker yang bisa dicuci harganya ada yang cuma 5ribu..tapi masa tiap
hari mau nyuci. Takutnya malah nggak higienis kan kalau lupa atau nyucinya ngga
bener. Makanya saya pakai masker sekali pakai. Dipakai saat pergi dan
pulang..lalu buang. Harganya 1pc 800 aja di apotik. Beli 10ribu buat beberapa
hari sekalian. Masker ini saya taruh di jok motor diplastikin biasanya. Hahhaa persis
driver gojek banget lah. Soal tali belakang nih. Bagi kamu bikers yang pakai
jilbab..masukin tali ke kuping rada ribet kan? Masa mau dikaretin
sendiri..nggak fleksibel. Makanya pilih aja masker yang modelnya tali belakang.
Jangan lupa, pakai masker yang rapet. Kawatnya taruh di atas hidung dan tekan.
Turunkan Kaca Helm
Kesalahan di 2 minggu pertama adalah sudah maskeran tapi
kaca helm ngga ditutup. Alasannya ..ngerasa burem. Hahahha..ini cuma perasaan. Kaca
helm itu nggak buat safety aja, tapi bikin debu nggak langsung menghantam muka.
Apalagi kalau pas di belakang bus antarkota tuh…asepnyaaa donks. So, turunkan
kaca helm kamu.
No make up
Khusus buat para ladies nih. Sepengalamanku kalau berangkat
kerja sudah make up an dari rumah tuh bikin makeup nyampur keringet dan
macem-macem polutan lain. Jadi, saya biasanya dari rumah masih polosan..hahaha.
Cuci muka dengan
benar
Sudahkah kita mencuci muka dengan benar? Kalau di toilet
cewe sih saya merhatiin cara cuci muka orang tuh beda-beda. Ada yang semangat
45, ada yang selow, ada yang sabunnya dikittt banget (ini saya).
Tiap jenis kulit ternyata beda caranya. Untuk kulit normal cukup cuci 2 kali sehari
pakai pembersih muka. Kalau kulit saya berminyak,
sama sih cukup 2 kali sehari juga..tapi…pembersih mukanya yang khusus buat
kulit berminyak. Cirinya biasanya di bagian komposisi itu nomer satu ada ‘aqua’
atau ‘water’. Kalau kulit kering,
malah sebaiknya nggak pakai pembersih muka..cukup air hangat.
Mencuci muka pakai sabun, emang nggak perlu sering-sering
soalnya malah bikin kulit jadi kering.
biker, ladies, hijabers,
jadi gini kalau mau berangkat kerja
Menenangkan wajah
Pas pulang kerja kemacetan makin parah, campur gerah juga. Nyampe
rumah..woww pori kulit udah luar biasa deh bikin desperado. Sebelum tidur, sudah
sebulan ini pakai madu. Jadi, night cream yang biasanya itu saya skip dulu. Madu-an
aja sekalian ini biar bekas jerawat memudar. Bangun tidur, cuci muka,
ngaca..tada…saya paling suka lihat kulit muka pagi-pagi kayak gini. Tenang ..dan
syahdu,,,hehhehe.
Baca juga: 5 kebiasaan buruk wanita saat berkendara

Kawan Cerita ada yang bikers juga kan? Yuk share tips nya..sebab
di luar sana masih banyak bikers yang desperate karena jerawat,,hihi.

36 Replies to “Tips Mencegah Jerawat Untuk Bikers”

  1. Wah tipsnya nice banget mbak..
    ane kalau turing udah gak pakai masker, helm ane buka, kadang lupa cuci muka.. 😀
    pantes temen temen bilang kalau ane makin item.,, Hehehehe

    1. Yang penting tidak makin tua…ha..ha..

    2. item mungkin bawaan..tapi kalu kusem,,itu yang masalah hahah

  2. Kang Zeer El-Watsiy says: Balas

    wah sip sekali tipsnya…saya juga seorang bikers sejati…seolah2 hidup bnyk d jalannya..hehe…semoga bisa saya terapkan dan bermanfaat..

  3. Pengobatan Tradisional Asma says: Balas

    menurut saya penyebab jerawat efek dari make up, terimakasih tipsnya

  4. Djangkaru Bumi says: Balas

    Masker dan rajin mencuci wajah itu penting. Sekarang polusi sungguh luar biasa. Nah wajah rilek perlu jangan tegang takut kena tilang polisi. Makanya cek surat kendaraan apakah sudah lengkap dibawa belum.

  5. Menurunkan kaca helm juga bisa mencegah mata kemasukkan debu ya Jeng
    Terima kasih tipnya
    Alhamdulillah saya amat jarang jerawatan
    Salam hangat dari Surabaya

    1. betul itu..pak..

  6. bener2 pake make up berangkatnya siang2 pula.. duh komplit deh langsung malamnya jerawatan..
    jadi aq sih mending cuman pake lipstik aja, no bedak..

    1. nahh..palinga lipstik,,biar g pucet banget

    2. iya , nambah eyeliner juga boleh lah ya 😀 *nawar

    3. alis mbak..alis yang cetar..hahaha

  7. Waaah irit ya? Kalau pas pakai motor itu pertamax 30rb cuma cukup untuk 3 hari. Tapi memang jauh2 sih disini. Untungnya aku jarang jerawatan tapi kusam karena kotor aja.

    1. Sisanya bisa buat nabung tuh…

    2. saya sehari rata-rata 20km mba,,itu isi bensin 2.4 liter (20ribu) heheh

  8. iya mbak, aku kalo sering naik motor cepet bgt jerawatan 🙁

    1. Terapin aja mbak tips diatas..

  9. kulitku termasuk kering, jd jarang jerawatan. cuma ya gitu, kusem

    1. hemmm..sama aja ya ada problem

  10. Suka kulit pagi karena tenang dan syahdu ya? SETUJU BANGET. Eit, tunggu dulu, tapi muka gue kok enggak syahdu ya? Serem iya.. hahahaha

    Makasih lho, udah ngasi tipsnya. Rata2 gue selalu terapin. Kecuali yang pake madu, takutnya semut makin tau, kalo gue manis… "Kabur…'

    1. Kalau madunya aseli g akan disemutin mas.. 🙂

  11. Horeeee, ini juga cocok buat saya yang cowok. 😀
    Cowok pun harus menjaga penampilan, ya 'kan?
    Tapi jujur aja, kalo pake masker di perjalanan yang luama, lebih dari 45 menit, rasanya itu… sumpek. Dan bagian yang tertutupi masker jadi berkeringat. Itu bikin gak enak juga sih. Hahahaha.
    Dulu saya pas ke kantor, di kantor saya udah ada sabun wajah. Beigtu sampai, saya cuci muka dulu. Hehehe 😀

    1. Kalau maskernya yang kayak saya ini nyaman nyaman aja mas. Iya saya juga nyampe kantor cuci muka sama cuci tangan pake sabun

  12. Jd pengen lihat wajah tenang dan syahdu itu, ih…
    Tipsnya ok banget. Sy juga rajin pake masker nih sejak langganan gojek. Jd pengen beli masker di apotik ah, bisa jauh lbh hemat, ya, Mbak? Thx for the tips!

    1. iya..lebih hemat beli 1 box sekalian mbaa..

  13. bisa juga sesekali biker naik angkutan umum, bisa mengurangi jerawat dan kemacetan juga kan 😀

    1. hihii bisa mbak..kalau jaraknya agak jauh saya biasanya pake angkutan umum..lebih aman hehe

  14. Ah ini bener banget! Aku kalau naik motor selalu pake masker + kaca helm turun sih. Hhihi
    Alhamdulillahnya memang gak jadi jerawatan 😀
    Eh tapi, ada kali 1-2 itu pun karena mau menstruasi ._.v

    1. Alhamdulillah ya…se su atuu

  15. Informatif sekali mbak… saya juga bikers tapi pakai Goj*k atau Gra*s, lebih praktis karena parkiran Jakarta relatif muahaalll….

    1. heeh iyakah? emang sih parkir itungannya perjam