Book

[Review Film] Catatan Akhir Kuliah

Agustus 1, 2015

Kamu mahasiswa yang lagi berjuang sama skrips? Atau kamu anak SMA yang ngga ngerti kuliah itu kayak gimana? Kalau saya sih…pemudi bangsa ini yang sudah lulus kuliah dan jadi kangen kampus setelah nonton film ini.


   
Directed by: Jay Sukmo
Cast: Muhadkly Acho, Ajun Prawira, Abdur Arsyad, Anjani, Dina
Duration: 106 min
Language: BAHASA INDONESIA
Subtitle: 
Genre: DRAMA
Rating: 13+
Sinopsis (blitzmegaplex)
Film Catatan Akhir Kuliah diangkat dari novel karya Sam Maulana. Film ini menceritakan kehidupan penulis dimasa perkuliahan. Sam (Muhadkly Acho), Sobari (ajunPerwira), Ajeb (AbdurArsyad) membuat sebuah janji akan wisuda bersama, yang diyakini sebagai janji persahabatan mereka.
Seiring perjalanan perkuliahan persahabatan mereka dipertaruhkan. Ternyata hingga menjelang batas perkuliahan , hanya Sam yang belum menyelesaikan tugas akhir (Skripsi).
Kesedihan Sam semakin komplit setelah mengetahui Kodok (Anjani Dina) cewek yang ia kagumi sudah memiliki pacar bernama Iwan (Andovi da Lopez).
Pengalaman cinta ditolak seperti terulang kembali saat Sam menembak Wibi (Elizya Mulachela) yang lebih memilih setia dengan kekasihnya dikampung halaman. Cinta Sam selalu terjebak dalam situasi Friendzone.
Sam berada di titik terbawah dalam hidupnya. Sam Harus bangkit berjuang menyelesaikan atau harus merelakan semuanya dan menjadi mahasiswa gagal.
Review
Alasan saya nonton film Catatan Akhir Kuliah adalah karena settingnya di IPB, kampus tercinta. Diilhami dari kisah nyata yang dibikin novel, akhirnya difilemin juga..dan niat banget (bisaaa gituu ijin ambil scene wisudaan,,itu rektor saya jadi figuran gratis? Heheheh).
Kalau kamu belum baca novelnya, bisa cek reviewnya di sini: http://nourainayah.blogspot.com/2014/08/review-book-catatan-akhir-kuliah.html?m=1
Aseli saya ketawa ngekek mulu sampai pertengahan filem. Eh pas akhir malah terharu. Walaupun ya alhamdulillah skripsi saya lurus, lancar jaya kayak tol Cikapali. 
Alurnya emang agak beda sih sama di novel. Tapi,,,saya suka-suka aja. Nggak cuma ngasih hiburan, tapi juga motivasi khususnya buat mahasiswa. Skripsi itu penting. Jangan nunda. Jangan juga nunggu disemangatin gebetan, karena siapa tahu gebetannya itu pacar orang lain…hahhaha. 
Ini scene favorit saya,,,,awwawww traktor itu numpang eksis. 
Tadi, pas nonton sederet sama anak-anak SMA. Dan mereka cuma nunggu Rangga Moela (bener ga tulisannya) yang cuma numpang lewat. Kesiiian dek. Sepanjang film banyak pertanyaan ngga penting bagi kita yang udah kuliah. Ya anak SMA belum kebayang, sidang itu apa…seminar itu apa..terus skripsi itu gimana. 
Rate
2 dari 5
Pesan moral: Habis wisuda dapat pacar baru yang udah lama diidamkan…itu mungkin cuma ada di film. Jangan terkecoh ya nak !


Tinggalkan Balasan