[Review Book] The 100-Year-Old Man Who Climbed Out of the Window and Disappeared

Novel yang sudah difilmkan dan diterbitkan di 40 negara. Itulah daya tarik the 100 year old man who climbed out of the window and disappeared. Judulnya juga termasuk provokativ, ini mau apa sih orang ini?


Identitas Buku

Judul : The 100-Year-Old Man Who Climbed Out of the Window and Disappeared
Pengarang : Jonas Jonasson
Penerjemah : Marcalais Fransisca
Penerbit : Bentang Pustaka
Jumlah Halaman : 508
ISBN :978-602-291-018-3

sinopsis (goodreads)
Allan Karlsson hanya punya waktu satu jam sebelum pesta ulang tahunnya yang keseratus dimulai. Wali Kota akan hadir. Pers akan meliput. Seluruh penghuni Rumah Lansia juga ikut merayakannya. Namun ternyata, justru yang berulangtahunlah yang tidak berniat datang ke pesta itu.


Melompat lewat jendela kamarnya, Allan memutuskan untuk kabur. Dimulailah sebuah perjalanan luar biasa yang penuh dengan kegilaan. Siapa sangka, petualangannya itu menjadi pintu yang akan mengungkap kehidupan Allan sebelumnya. Sebuah kehidupan di mana—tanpa terduga—Allan memainkan peran kunci di balik berbagai peristiwa penting pada abad kedua puluh. Membantu menciptakan bom atom, berteman dengan Presiden Amerika dan tiran Rusia, bahkan membuat pemimpin komunis Tiongkok berutang budi padanya! Siapa, sih, Allan sebenarnya?

Review
Bagi saya tidak mudah membaca novel terjemahan. Terkadang ada hal-hal yang kurang pas. Tapi, untuk buku setebal 508 halaman, perlu perjuangan deh kalau saya baca versi bahasa Inggris hehehe. Alurnya maju mundur. Alur maju saat penulis menceritakan Allan dan aksinya selama hampir satu bulan meninggalkan kamar rumah lansia. Alur mundur digunakan untuk memberikan dasar cerita semua ini, yakni kisah hidup Allan dari lahir. 

capek banget bacanya. kisah hidup manusia selama 100 tahun yang memaksa saya belajar sejarah dunia khususnya abad 20. Sebelum baca novel ini saya research dulu ke beberapa review goodreads, hmmm sepertinya ini  novel komedi. Tapi, sampai akhir saya nggak merasa ada yang cukup lucu. 
satu-satunya hal yang menurut saya bisa dipetik dari novel ini adalah, bersikaplah santai dalam menjalani kehidupan. Berpikirlah positif maka solusi atas masalah akan ditemukan. 

Bagian akhir The 100-Year-Old Man Who Climbed Out of the Window and Disappeared cukup mengejutkan bagi pembaca Indonesia . Baca sendiri dan kau akan tercengang. Indonesia, negeri yang apa saja bisa dilakukan dan diadakan. 

Rate
3 dari 5 bintang


Tinggalkan Balasan