5 Syarat Satria Jawa

March 15, 2015
"Nah sekarang duduk kau di lantai. Tundukkan kepalamu..." Pada kesempatan seperti ini tahulah aku apa yang akan menyusul: wejangan sebelum pesta perkawinan. 
...."kau keturunan darah para satria Jawa...pendiri dan pemunah kerajaan-kerajaan...kau sendiri berdarah satria. Kau satria..apa syarat-syarat satria Jawa?.....lima syarat yang ada pada satria Jawa: wisma, wanita, turangga, kukila, dan curiga. Bisa mengingat?"

..."pertama wisma, rumah. Tanpa rumah orang tak mungkin satria. Orang hanya gelandangan. Rumah, tempat seorang satria bertolak, tempat dia kembali. Rumah bukan sekedar alamat, dia tempat kepercayaan sesama. Pada yang meninggali."

"Kedua wanita, tanpa wanita satria menyalahi kodrat sebagai lelaki. Wanita adalah lambang kehidupan dan penghidupan, kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan. Dia bukan sekedar istri untuk suami. Wanita sumbu pada semua, penghidupan dan kehidupan berputar dan berasal. Seperti itu juga kau harus pandang ibumu yang sudah tua ini, dan berdasarkan itu pula anak-anakmu yang perempuan nanti kau harus persiapkan."

"Ketiga, Turangga. Kuda. Dia alat yang membawa kau ke mana-mana: ilmu, pengetahuan, kemampuan, ketrampilan kebiasaan, keahlian, dan akhirnya kemajuan. Tanpa turangga takkan jauh langkahmu, pendek penglihatanmu."

"Keempat kukila, burung. Lambang keindahan, kelangenan (hobi). Segala yang tak punya hubungan dengan penghidupan, hanya dengan kepuasan batin pribadi. Tanpa itu orang hanya sebongkah batu tanpa semangat."

"Dan kelima curiga, keris, lambang kewaspadaan, kesiagaan, keperwiraan, alat untuk mempertahankan yang empat sebelumnya."


      5 syarat satria jawa, satria jawa, nasehat pernikahan, bumi manusia, tetralogi buru


-Bumi Manusia


Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature