Uncategorized

#KoalaKumal @Radityadika yang Fenomenal

Desember 15, 2014

Seumur-umur baru Raditya Dika deh yang bikin orang begadang cuma buat beli bukunya. Setauku sih yang heboh (tapi di luar negeri) ada JK Rowling. Percaya nggak, fenomena kelahiran si koala kumal ini nyamain hebohnya berburu tiket kereta. Jadi gini ceritanya…

Koala kumal
Raditya Dika akan ngeluarin buku barunya. Buku ini masih tentang kisah sehari-hari dia. Cerita ditulis selama 3.5 tahun dan akan launch 17 Januari 2015. 
Kenapa hewan lagi judulnya? Dari awal nulis Kambing jantan lalu ada Babi, salmon, marmut, ada yang kelewat nggak? Nahhh itu tuh udah jadi cirinya Radit. Kenapa koala sih nggak beruang atau macan gitu? 
 

Jadi gini, suatu hari Raditya Dika nemuin gambar koala kesepian gitu di situs online. Koala di New South Wales Australia, yang pulang kembali ke hutan (entah darimana) tapi rumahnya udah nggak ada. Si Koala tahu itu hutan adalah rumahnya, tapi karena sudah ditebang jadinya terasa asing dan berbeda. 
Masih kata Raditya Dika, buku Koala Kumal adalah soal tempat nyaman yang ketika kita tinggalkan, lalu kembali lagi…kok tempatnya jadi beda. 
gitu deh…pernah kan kita ngerasa kayak asing..awkward sama suatu hal yang tadinya akrab banget sama kita, Jujur deh.
Marketing
Sebenernya tanpa strategi marketing yang wow pun buku Raditya Dika pasti laris. Tapi,,,kalau masih bisa diusahain kenapa engga? 
Sayembara
Jauh sebelum koala kumal lahir, Radit sudah ceritain ini di social media nya dia tentunya. Dan dia ngajak followers nya buat milih desain cover serta bonus kaos Koala Kumal. Kaos ini buat 1000 orang yang preorder duluan di situs bukabuku.com .

Pre-order
Nah ini yang cetaarrr. Pre order atau pesan buku sebelum launch via toko buku online sudah biasa, tapi ini beda. Penerbit bekerjasama cuma sama satu tokobuku yaitu bukabuku.com . Biar greget…buat 1000 pengorder pertama akan dapat kaos yang juga desainnya disayembarain dulu ke followersnya Raditya Dika. Keuntungan yang pre order di 15-25 Desember adalah bukunya bertanda tangan serta bisa mendapatkan koala kumal lebih dulu daripada di toko buku. Semoga aja nggak sekacau pas pre order Supernova Gelombang. 

Bagai rebutan tiket lebaran demi Koala Kumal
Order dibuka jam 00.00 tanggal 15 Desember 2014. Ada countdown gitu di situs bukabuku. Saya, sejak sebulan sebelumnya sudah mem bookmark situsnya, nandain di kalender, dan mastiin ada duit di rekening saya yang pakai m.banking  hahahha. 
Tibalah malam tadi. Saya tepar, lupa babar blass. Subuh-subuh…“gajian tanggal 19,,berarti berapa hari lagi ya? Eh ini tanggal 15…aaaakk lupa pre order”. 
Langsung cusss ke situsnya. Sudah sold out yang pake bonus kaos. Yaudah cuma beli yang edisi tanda tangan. Habis itu saya buka path. Hahhahaha teman saya bilang, dia nungguin tengah malam dan servernya down. Cek twitter, dan dapat info kalau server padahal sudah ditambah 10x lipat, dan kaos bukan cuma 1000 tapi 2000. Luar biasa…sold out dalam beberapa jam. 
    1. Dan ini aku blm dpt kabar dari bukabuku orderan udah diproses apa belum. Hadehhh….habis konfirmasi udah aja gt nggak ada kabar (kayak pas PO gelombang) dan malah dapetnya lamaan daripada di tokobuku

Tinggalkan Balasan