[Review Buku] Supernova 5, #Gelombang

October 28, 2014
Diantara seri supernova sebelumnya, ini yang paling frontal. Sejak awal, pertanda bahwa sang tokoh punya ke”aneh”an itu sudah dimunculkan. Semakin jauh, pembaca akan diarahkan pada konflik yang makin runcing, makin mengerucut, dan ketemulah akhirnya,,,,sedikit benang merah dengan seri supernova sebelumnya. Jika kalian lupa seri supernova lain, bisa dicek di sini ya: Kesatria, Puteri, dan Bintang Jatuh#1, Akar #2, Petir #3, Partikel #4.


       

Judul: Supernova, Gelombang (#Supernova 5)
Penulis: Dewi Lestari
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun terbit: 2014
Jumlah halaman: 492

Sinopsis
Sebuah upacara gondang mengubah segalanya bagi Alfa. Makhluk misterius yang disebut Si Jaga Portibi tiba-tiba muncul menghantuinya. Orang-orang sakti berebut menginginkan Alfa menjadi murid mereka. Dan, yang paling mengerikan dari itu semua adalah setiap tidurnya menjadi pertaruhan nyawa. Sesuatu menunggu Alfa di alam mimpi.

Perantauan Alfa jauh membawanya hingga ke Amerika Serikat. Ia berjuang sebagai imigran gelap yang ingin mengubah nasib dan status. Pada suatu malam, kehadiran seseorang memicu Alfa untuk menghadapi ketakutan terbesarnya. Alam mimpinya ternyata menyimpan rahasia besar yang tidak pernah ia bayangkan. Di Lembah Yarlung, Tibet, jawaban mulai terkuak.

Sementara itu, pencarian Gio di Rio Tambopata menemui jalan buntu. Pada saat yang tak terduga, pria yang pernah menemuinya di Vallegrande kembali muncul. Pria itu mengarahkan Gio ke pencarian baru. Petunjuknya adalah empat batu bersimbol, merepresentasikan empat orang, dan Gio ternyata adalah salah seorang dari mereka.

Review
Waktu 2 tahun itu nggak lama untuk bikin novel sepadat ini. Dan ngga sekedar padat, Supernova 5 Gelombang harus nyambung dengan seri supernova sebelumnya. Selamat, penulis Dewi Lestari berhasil. Benang merah nya dapet banget. Ini Supernova paling frontal? Ya. Dari awal, pembaca sudah disajikan sesuatu yang 'aneh'.

Tokoh utama, Alfa Sagala alias Ichon sudah merasa bahwa dia 'aneh' sejak SD. Mimpi buruk membuatnya tersandera dalam konflik batin tak berkesudahan hingga dia dewasa di New York. Problem yang disajikan tidak hanya berkaitan dengan mimpi Alfa, tapi juga dilihat dari sisi keluarga serta social life.
Kehidupan di kampung asal mula suku Batak adalah setting yang berbeda. Beralih ke Jakarta, dan Amerika Serikat. 

Seperti Supernova sebelumnya, di Gelombang banyak hal baru yang maksa untuk pembaca mencari tahu lebih dalam. All about dream. Lucid dream etc. Menarik sekali topik mimpi dari sisi medis. Melakukan beberapa trik agar sadar dari mimpi. Saat baca ini saya sampai nightmare, tepatnya kebawa lucid dream. Kalau Alfa kehimpit tembok, saya eskalator. Ngeri banget,,,tapi saya sadar kalau itu mimpi..lalu berusaha kembali ke dunia nyata. 

Di Gelombang, keterkaitan dengan Supernova lain makin terlihat. Jadi, sebaiknya baca Supernova lain dulu sebelum baca Gelombang. Tokoh yang dominan adalah Ishtar, masih ingat Supernova Akar (2) ? Lalu Bintang jatuh (supernova 1), Kell (Supernova 4), dan Bodhi (Supernova 2). Petir engga? Elektra nggak disebut di Gelombang, tapi di ending Petir kan dia sudah ketemu Bodhi.
Ngomong-ngomong nih, Ishtar itu kok seperti istilah di chemical E* ya,,yang satuannya Mpa. Apa berhubungan? 

Pembaca nggak akan bosen. Membahas oneronauts, mengenai mimpi yang pasti banyak dialami oleh sebagian makhluk dimensi 3 ini. Di Gelombang, Alfa bisa menembus Asko di dimensi 4. Silakan baca sendiri dan kalian akan tahu Supernova itu apa, asko itu apa, gugus oktahedral dan masih banyak lagi yang menjurus ke inti. 

Jujur nih, saya pikir Supernova itu semacam Power Ranger. Orang-orang pilihan yang akan dipertemukan menjalankan misi. Kita tunggu saja apa ini benar, semoga Supernova 6; Intelegensi Embun Pagi segera terbita, hahahaha. 

Apakah saya peretas, infiltran, atau malah Sarvara?
Bersama Si Jaga Portibi

Rate
4 dari 5 bintang

Quote
"Tak semua sanggup mengerti betapa berharganya sesuatu yang diberikan cuma-cuma kepada mereka yang nyawanya bersambung rapuh dari hari ke hari. Udara yang sejuk, nyanyian burung di Pepohonan. Matahari yang bersinar murah hati" (hlm. 309)

"Kalau kamu meragu, sadari kamu meragu, tapi jangan ladeni. Kalau kamu takut, sadari kamu takut, tapi jangan lawan" (hlm. 313)

~Quotes lain bisa cek di tumblr: www.inamangunkusumo.tumblr.com









12 comments on "[Review Buku] Supernova 5, #Gelombang"
  1. mirip dementor tapi mukanya lucuk hahah

    ReplyDelete
  2. Premisnya mungkin Ok, tapi jalur cerita yang nggak konsisten dan loncat sana-sini bikin kesel. Kalau si Ichone sudah tahu dementor eh Portibi jaga muncul kalau ada bahaya, kenapa dia lari ke dokter? Aneh bukan?

    Bagian akhirnya yang nyambung dengan Akar juga so desperate, hambar sekali gelombang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Balik lagi ke selera sih ya. Bagiku Gelombang terasa "dark" dan lebih menikmati pertikel

      Delete
  3. Eh aku mau nanya dong, Buku Supernova 1 - 5 berhubungan nggak alur ceritanya ? (kayak harry potter kah yang nyambung dari buku 1 sampai 7 ?)
    kemarin aku nonton filmnya dan sumpah agak sedikit takjub dengan dimas dan reuben yang buat cerita sainsnya kok tiba-tiba mereka berdua terlibat ya di supernova,
    benar-benar luar biasa sih novelnya
    jadi back to the point apakah buku 1 - 5 itu saling berhubungan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supernova serinya ada 6. Yang sudah terbit 1-5, nah 1-5 itu masih belum nyambung. Nanti di yang ke 6, baru ketemu deh. Bahkan sampai aku baca yg seri ke 5 pun belum ngerti supernova itu apa. Apakah semacam power rangers..hahahaa atau apa. Baca aja. Seru lho

      Delete
  4. zarah (di seri partikel) kok gak disebutin?

    ReplyDelete
  5. rul aku lupa kell di supernova 4 disebutkan sebagai apa ya? bukunya udah nggak ada hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kell itu muncul di akhir-akhir supernova 4, di pesawat. Kell dominan di supernova akar

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. saya tadi sempat komen, ternyta salah kamar hehehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature